Home / Kesehatan / Akhirnya Indonesia Bebas Polio Bagian 2

Akhirnya Indonesia Bebas Polio Bagian 2

Cara penularan virus polio melalui kontak fecal-oral atau kontak dari tinja yang mengandung virus polio ke mulut. Biasanya menular melalui air, tangan atau bahan makanan yang telah terkontaminasi tersebut, sehingga pada daerah yang kesulitan air bersih dapat timbul masalah dan penularan virus polio. Virus polio masuk dalam sub group enterovirus yang hidup dan berkembang biak di dalam usus atau saluran pencernaan manusia.

Dari usus, virus polio memasuki aliran darah, lalu menyerang sistem saraf pusat dan menghancurkan sel tanduk anterior yang mengontrol pergerakan pada batang tubuh dan otot tungkai sehingga menyebabkan melemahnya otot dan kadang kelumpuhan (paralisis). Polio menyerang tanpa mengenal usia, namun yang paling rentan adalah anak dibawah usia 3 tahun. Masa inkubasi polio berkisar antara 3 sampai 35 hari.

Polio dapat menyebabkan demam, sakit kepala, muntah, sakit perut, nyeri otot, kekakuan pada leher dan punggung, serta kelumpuhan. Kebanyakan pasien akan pulih, namun dalam kasus yang parah, penyakit ini dapat menyebabkan cacat permanen dan kematian, bergantung pada daya tahan tubuh, kondisi kesehatan, dan status gizi anak atau orang tersebut.

Cegah dengan Imunisasi Sampai saat ini tidak ada pengobatan untuk penyakit poliomielitis, sehingga yang terbaik dan ampuh adalah upaya pencegahan dengan memberikan vaksin polio pada semua bayi dan anak-anak di daerah endemik. Juga untuk semua wisatawan, tanpa memandang usia, yang datang dari daerah bebas penyakit polio dan akan berkunjung ke daerah endemik penyakit polio.

Pada era globalisasi dimana mobilitas penduduk dunia antarnegara sangat tinggi dan cepat, kesulitan dalam mengendalikan penyebaran virus polio akan selalu terjadi. Oleh karena itu, selain pencegahan dengan vaksinasi polio, peningkatan sanitasi lingkungan dan perorangan juga harus dilakukan, seperti mencuci tangan setelah mengganti popok bayi, mencuci makanan sebelum disajikan, memastikan ketersediaan air bersih di rumah, dan menjaga aliran pembuangan air kotor.

Hal paling mudah dalam mencegah datangnya suatu penyakit adalah menjaga kebersihan tempat tinggal. Karena dari situlah penyakit dapat berkembang dan menyerang penghuni rumah. Selain menjaga kebersihan hal penting lainnya adalah pendidikan untuk anak. Berikan anak keterampilan berbahasa asing melalui tempat kursus berbahasa Jerman terbaik di Tangerang.

About Pher jaya

Check Also

Program Anak Sehat Indonesia

Setelah sukses menjangkau 1.855 Sekolah Dasar, lebih dari 200.000 murid dan 300.000 guru Sekolah Dasar …