Home / Kesehatan / Akhirnya Indonesia Bebas Polio

Akhirnya Indonesia Bebas Polio

Akhirnya, negeri kita tercinta menerima sertifi kat bebas polio dari WHO pada 27 Maret 2014. Apakah ini berarti anak-anak tak perlu lagi ikut imunisasi polio? Ternyata, enggak juga tuh! Ya, meskipun Indonesia telah dinyatakan bebas polio, vaksin polio tetap harus diberikan untuk semua bayi baru lahir, begitu pun dengan vaksin booster atau penguat di usia balita. Tujuannya, tak lain untuk mencegah terjadinya kasus polio impor dari negara tetangga yang masih menjadi negara endemik polio.

Sampai saat ini masih ada 4 negara di Asia dan Afrika yang dikategorikan negara endemik penyakit polio, yaitu India, Pakistan, Afganistan, dan Nigeria. Dengan demikian, vaksinasi polio di negara yang sudah dinyatakan bebas polio tetap diperlukan dan harus dipertahankan agar cakupannya tetap tinggi (vaccine coverage). Tujuannya untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap penyakit poliomielitis ini.

Dari keempat negara tersebut, virus polio secara konsisten dan terus-menerus dapat menyebar ke negara tetangga bahkan antar benua, sehingga menciptakan bahaya dan kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) poliomielitis di negara lain. Seperti pada Mei 2005, telah terjadi KLB penyakit polio di desa Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat hingga menyebar ke provinsi lain, setelah hampir 10 tahun berturut-turut tidak lagi ditemukan adanya kasus baru penyakit polio di Indonesia.

Jadi, selama masih ada negara atau daerah yang menjadi endemik penyakit poliomielitis, maka status negara yang bebas polio pun selalu terancam, karena selalu ada kemungkinan virus polio ini akan kembali lagi. Rentan pada Batita Polio atau poliomielitis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini dapat menyebar luas diam-diam karena sebagian besar penderita yang terinfeksi virus polio tidak memiliki gejala sehingga tidak tahu kalau mereka sendiri sedang terjangkit. Polio menular melalui kontak antar manusia.

Pencegahan penyakit menular seperti polio harus lebih ditingkatkan demi keselamatan penerus bangsa. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah pendidikan anak juga. Dijaman sekarang ini keahlian berbahasa asing sangat penting sekali. Berikan anak tambahan keterampilan berbahasa asing di tempat les berbahasa Jerman terbaik di Jakarta.

About Pher jaya

Check Also

Cegah Penuaan Kulit Lebih Dini Menggunakan Pelembap

Cegah Penuaan Kulit Lebih Dini Menggunakan Pelembap Penuaan kulit memang bukanlah urusan yang dapat dihindari. …