Home / Kesehatan / Kenali Gejalanya Penyakit Polio

Kenali Gejalanya Penyakit Polio

Tanda dan gejala penyakit poliomielitis dapat dibagi dalam polio yang melumpuhkan (paralisis) dan polio yang tidak melumpuhkan (non paralisis).

• Pada kasus ringan akan ditemukan gejala berupa: demam, sakit kepala, mual, muntah, nyeri perut, peradangan tenggorokan.

• Pada kasus nonparalisis akan ditemukan gejala: kaku kuduk, sakit kepala yang hebat, nyeri di bagian belakang anggota gerak bawah, perdangan selaput otak.

• Pada kasus paralisis akan ditemukan gejala: gangguan pada sarafsaraf otot di lokasi tertentu atau menyebar; gangguan fungsi otot yang tidak simetris (berbeda antara kiri-kanan); pengecilan ukuran otot (beberapa minggu); kesembuhan dapat total, sebagian atau tidak.

Saat Tepat Bawa Ke Dokter

Orang/anak yang diduga terinfeksi polio harus dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut dan diisolasi. Bawa anak sesegera mungkin ke doker bila muncul gejala polio, terutama pada fase stadium akut.

• Stadium akut (sejak adanya gejala klinis hingga 2 minggu): Ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat, jarang lebih dari 10 hari, kadang disertai sakit kepala dan muntah. Kelumpuhan terjadi dalam seminggu dari permulaan sakit. Kelumpuhan ini terjadi sebagai akibat dari kerusakan sel-sel motor neuron di medula spinalis (tulang belakang) yang disebabkan oleh invasi virus.

• Stadium sub-akut (2 minggu—2 bulan): Ditandai dengan menghilangnya demam dalam waktu 24 jam atau kadang suhu tidak terlalu tinggi. Kadang disertai kekakuan otot dan nyeri otot ringan. Kelumpuhan anggota gerak yang layuh dan biasanya pada salah satu sisi.

• Stadium konvalesen (2 bulan—2 tahun): Ditandai dengan pulihnya kekuatan otot yang lemah. Sekitar 50—70% dari fungsi otot pulih dalam waktu 6—9 bulan setelah fase akut. Selanjutnya, sesudah usia 2 tahun diperkirakan tidak terjadi lagi perbaikan kekuatan otot.

Berbagai penyakit jika dibiarkan akan sangat berbahaya tentunya bagi kesehatan anak. Karena hal itu dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Untuk itulah perlu dilakukan tindakan sedini mungkin apabila telah diketahui tanda-tanda suatu penyakit.

Selain memperhatikan kesehatan, pendidikan anak juga sangat penting sekali. Terutama untuk anak yang akan melanjutkan sekolah ke luar negeri dan akan mengikuti tes GRE. Lembaga kursus GRE Jakarta terpercaya merupakan pilihan tepat.

About Pher jaya

Check Also

Cegah Penuaan Kulit Lebih Dini Menggunakan Pelembap

Cegah Penuaan Kulit Lebih Dini Menggunakan Pelembap Penuaan kulit memang bukanlah urusan yang dapat dihindari. …