Home / Pendidikan / Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap

Contoh teks penjelas – Kita tentu saja membaca sebuah artikel di majalah, surat kabar atau media online tentang fenomena alam, pertunjukan budaya atau berita tentang penemuan sesuatu oleh para ilmuwan. Ini adalah bentuk teks penjelasan.

Dihalaman ini kita akan kupas habis tentang apa itu contoh teks eksplanasi , mari kita simak :

PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI


Teks penjelasan adalah teks yang berisi proses “bagaimana?”
Semua peristiwa ini selalu memiliki hubungan sebab akibat dan ada juga proses di dalamnya.

TUJUAN TEKS EKSPLANASI
Tujuan dari teks penjelasan adalah untuk memberikan informasi yang jelas kepada pembaca untuk memahami fenomena yang sedang terjadi.

STRUKTUR TEKS EKSPLANASI
Untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat teks penjelasan, kita perlu tahu apa strukturnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang struktur teks penjelasan, termasuk:

  1. BAGIAN PEMBUKA
    Di bagian pembuka ini berisi pernyataan umum penulis tentang topik yang diangkat, khususnya yang menjelaskan di mana itu terjadi dan juga bagaimana proses suatu peristiwa terjadi.
  2. BAGIAN DARI CONTOH CONTOH
    Bagian konten adalah bagian yang berisi urutan sebab dan akibat, penjelasan topik yang diangkat secara rinci dan disajikan secara bertahap dari awal hingga akhir.
  3. TEKS PENJELASAN CONTOH PENUTUP
    Di bagian penutup itu berisi interpretasi atau kesimpulan dari semua teks dari argumen yang diajukan.

CIRI-CIRI TEKS EKSPLANASI
Di bawah ini kami akan mencantumkan karakteristik teks penjelasan sebagai berikut:

  • Mengunakan kalimat tanya
  • Menggunkan kalimat pasif dan aktif
  • Menggunakan kalimat teknis
  • Menggunakan kalimat berita

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kehidupan Sosial

Orang-orang yang tinggal di negara demokrasi memiliki hak untuk menyampaikan pendapat mereka di depan publik, salah satu cara yang diadopsi adalah dengan demonstrasi atau demonstrasi. Demonstrasi dipandang sebagai cara yang efektif untuk mengekspresikan pendapat.

Demonstrasi ini umumnya dilakukan oleh sekelompok waktu untuk mengungkapkan masalah atau masalah yang dihadapi. Meskipun idealnya, demonstrasi adalah cara untuk mengekspresikan pendapat kepada pihak tertentu (pihak berwenang), tetapi kegiatan ini tidak biasa menjadi sumber konflik serius jika regulasi yang baik tidak ada.

Demonstrasi ini masih berlaku karena menunjukkan kepedulian masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Namun, demonstrasi harus diikuti oleh studi menyeluruh tentang masalah dan dengan peraturan yang baik untuk menciptakan demonstrasi yang aman dan teratur.

Bahkan pemerintah atau pihak berwenang sebagai tokoh yang dikritik harus menerima kritik dengan baik, tidak menggunakan kekuatan untuk “mengusir” para pengunjuk rasa yang datang ke ujung untuk menuntut hak-hak mereka.

Contoh teks ekplansi kompleks

Demam berdarah masih merupakan masalah rumit di Indonesia dan negara-negara subtropis lainnya. Tak jarang penyakit yang sering diremehkan ini justru berujung pada kematian karena manajemen yang lambat.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Bahkan, mengelola penyakit ini bisa melalui istirahat total, minum banyak air dan makanan segar dan minum obat yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Jika ini dilakukan dengan benar, demam berdarah biasanya memudar dalam waktu enam hari.

Tetapi ini berbeda dengan Demam Berdarah Dengue atau DBD. Penyakit ini membutuhkan perawatan yang lebih serius karena virus dengue telah melumpuhkan sistem kekebalan tubuh sehingga pasien mengalami demam tinggi untuk memuntahkan darah, sesak napas dan rasa sakit di berbagai bagian tubuh.

Jika seseorang mengalami gejala penyakit demam berdarah, disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan.

DBD dapat dicegah dengan melakukan hal-hal berikut.

Bersihkan lingkungan rumah
Mengubur barang bekas yang menampung air
Kosongkan bak mandi dan toilet
Tutup tangki air di rumah
Pasang obat nyamuk atau semprotan obat nyamuk
Saling bekerja sama dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan
Fogging atau fogging, terutama di saluran pembuangan atau parit.
Cegah penularan demam berdarah dengan mengikuti metode yang dijelaskan sebelumnya. Jaga kebersihan rumah Anda untuk mencegah keluarga Anda terkena demam berdarah.

Demikian Pembahasan tentang attikel teks eksplanasi semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih!

Sumber : https://rumusrumus.com/

About Pher jaya

Check Also

Dampak Buruk Game Bagi Anak

Dampak Buruk Game Bagi Anak Pada taraf wajar, bermain game memang bisa memberikan akibat positif …