Home / Pendidikan / Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh teks editorial tentang lingkungan – Opini dapat diartikan sebagai ide, ide, pendapat atau pemikiran yang berkaitan dengan respons terhadap suatu peristiwa / hal-hal tertentu.

Sementara itu, teks opini dapat diartikan sebagai teks yang berisi gagasan tertentu tentang sesuatu yang masih dianggap meninggalkan masalah.
teks editorial ini biasanya muncul di surat kabar atau majalah dan isi teks editorial umumnya dalam bentuk opini seseorang (misalnya, posting pembaca) atau editor media itu sendiri.

Pendapat atau ide dalam teks opini umumnya membahas masalah atau fakta yang sedang hangat dibicarakan.

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan Sekolah

Meskipun teks opini umumnya muncul di media, teks opini tidak selalu harus demikian. Semua bentuk teks yang berisi fakta dan ide tentang fakta ini dapat digolongkan sebagai opini. Secara umum, bentuk teks opini ini adalah esai.

Lingkungan adalah sesuatu yang ditemukan di luar atau di sekitar makhluk hidup. Lingkungan adalah rumah bagi semua makhluk hidup. Melestarikan lingkungan adalah kebutuhan yang tidak bisa lagi ditunda dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua. Setiap orang harus melakukan upaya untuk menyelamatkan lingkungan sekitarnya sesuai dengan kapasitas masing-masing. Di sekolah, semua warga negara
mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan dan juga siswa harus menjaga perlindungan lingkungan sekolah agar mereka dapat bekerja dengan nyaman. Salah satu cara melestarikan lingkungan adalah menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan lingkungan sangat berguna karena lingkungan yang bersih menciptakan kehidupan yang aman, segar dan sehat. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan menjadi lebih segar dan bebas dari polusi udara dan kita lebih santai dalam kegiatan sehari-hari. Sementara di sekolah, lingkungan yang bersih dapat mendorong antusiasme siswa untuk belajar, kebersihan lingkungan juga bisa menjadi ciri khas sekolah.

Untuk mencapai lingkungan belajar yang bersih dan nyaman, diperlukan langkah nyata untuk melestarikan lingkungan, seperti: membersihkan dan melestarikan lingkungan sekolah, membuat daftar kebersihan kelas dan kebersihan lingkungan, mengembangkan cinta dan perhatian siswa terhadap lingkungan sekolah melalui berbagai perlombaan peduli lingkungan, seperti kelas pembersihan antar kelas atau berbagai ciptaan ramah lingkungan lainnya, menunjuk petugas yang bertugas mengawasi dan menerapkan disiplin (kepolisian lingkungan), kecintaan terhadap kebersihan dan pergerakan sekolah kesehatan lingkungan dan penggunaan hari libur nasional untuk kegiatan perawatan lingkungan.

Selain itu, perlu untuk melakukan kegiatan lingkungan dan sekolah sipil seperti apotek hidup / TOGA di sekolah, melakukan kegiatan hemat energi, melakukan kegiatan 3R (penggunaan kembali, pengurangan, daur ulang), melakukan kegiatan pemilahan sampah, komposer, mengintegrasikan lingkungan kegiatan dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, dan melakukan kunjungan lapangan atau studi banding dalam konteks memelihara dan meningkatkan kebersihan dan konservasi lingkungan sekolah.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membuat siswa sadar menjaga kebersihan. Secara keseluruhan, kebersihan dan keindahan sekolah adalah tanggung jawab bersama oleh setiap anggota sekolah. Selain guru dan siswa, memelihara dan menerapkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan indah tidak terlepas dari peran orang tua, sektor swasta, serta organisasi pemerintah dan non-pemerintah. Akhirnya, diharapkan siswa yang cerdas, terampil, dan ramah lingkungan akan dapat menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungan di sekolah dan di masyarakat.

Demikianlah contoh teks editorial tentang lingkungan sekolah, semoga bermnafaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih !

Sumber : rumusbelajar.co.id

About Pher jaya

Check Also

Dampak Buruk Game Bagi Anak

Dampak Buruk Game Bagi Anak Pada taraf wajar, bermain game memang bisa memberikan akibat positif …