Home / Uncategorized / Contoh Tumbuhan Monokotil Lengkap Dengan Gambarnya

Contoh Tumbuhan Monokotil Lengkap Dengan Gambarnya

Contoh Tumbuhan Monokotil – Pembagian tumbuhan secara umum dapat didasarkan pada bagian tubuh tumbuhan, misalnya akar yang dapat diklasifikasikan menjadi akar tunggang dan akar berserat, dan pada daun yang juga dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Selain itu, pengelompokan tumbuhan juga bisa berdasarkan jumlah bijinya.

Pengelompokan ini dilakukan agar kita dapat dengan mudah membedakan dan mengenal tumbuhan. Secara umum, distribusi tumbuhan dapat dikategorikan berdasarkan jumlah bijinya menjadi dua jenis, tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Namun, pembahasan dibawah ini akan menjelaskan mengenai contoh tumbuhan monokotil dan gambarnya sebagai berikut!

Definisi Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil adalah tumbuhan yang bijinya unik dan termasuk dalam kategori angiospermae. Ada beberapa tumbuhan yang tergolong monokotil, yaitu Pinang (Palmae), Rumput (Gramina), Anggrek Anggrek (Orchidaceae), Pisangan Pisangan (Musacee) dan Jahe (Zingiberaceae). Selain itu, tumbuhan monokotil memiliki sifat unik, dan kita dapat dengan mudah membedakannya dari tumbuhan dikotil.

Baca Juga : sel tumbuhan

Contoh Tumbuhan Monokotil

1. Padi (Oryza Sativa L)

Padi (Oryza sativa L)

tumbuhan padi termasuk pada padi-padian (Poaceae). tumbuhan ini memiliki karakteristik tumbuhan berumur satu tahun, rootlets, memiliki tangkai pendek, struktur mirip tangkai yang dibentuk oleh serangkaian pelepah daun, didukung sempurna oleh pelepah tegak. Selain itu, daun lanset ditutupi dengan hijau muda dan hijau tua, daun paralel tipis dari bulu halus, bagian bunga terdiri dari senyawa, jenis biji-bijian atau Kariopsis adalah buah dan biji yang tidak dapat dibedakan, bentuk buah bulat sampai oval dengan ukuran 3 – 15 mm. Jenis beras yang umumnya dikonsumsi adalah Endu Spermium.

2. Kunyit (Curcuma domestica Val)

Kunyit (Curcuma domestica Val)

Tumbuhan kunyit dengan nama latin Curcuma domestica Val. Memiliki fungsi penting pada akar seperti umbi. Dari bentuk tumbuhan kunyit ini termasuk jenis bunga majemuk dengan rambut dan sisik pada pucuk seluruh batang. Tumbuhan kunyit ini terkandung dalam tanaman tropis

3. Rumput Teki (Cyperus rotundus)

Rumput Teki (Cyperusrotundus)

Rumput Bingung, biasa disebut Suket, adalah gulma pertanian yang umumnya ditemukan di lahan terbuka. Rumput teki dapat tumbuh dengan mudah di mana saja jika tersedia cukup air dan dapat bertahan bahkan pada periode kekeringan dan spesies gulma yang sulit dikendalikan. Rumput ini memiliki bentuk seperti umbi dan stolon, yang bisa mencapai kedalaman satu meter untuk menghindari kedalaman penggalian sekitar 30 cm.

4. Kurma (Phoenix dactylifera)

Kurma (Phoenix dactylifera)

Kurma tergolong kedalam pinang-pinangan, buah dari pohon ini bisa dikonsumsi. Memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian 15-25 m, tumbuh sendiri-sendiri atau dapat juga membentuk gumpalan pada sejumlah batang dari sistem akar tunggal. Memiliki 3-5 m daun panjang dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan memiliki 150 daun muda. Seluruh rentangan mahkota pohon ini berkisar antara 6 hingga 10 m.

5. Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek memiliki bunga dengan berbagai spesies yang berbeda. Secara umum, bunga jenis ini dapat tumbuh di daerah tropis dan menunggangi tubuh tumbuhan lain. Namun, itu tidak bisa disebut parasit pohon karena beberapa spesies anggrek lain dapat tumbuh sendiri.

Sumber Terkait : https://rumus.co.id

About Pher jaya

Check Also

Karangan Bunga Papan Surabaya

Cara Memilih Custom Bunga di Toko Bunga Surabaya

Bunga adalah salah satu media yang cocok untuk mengekspresikan, menyampaikan perasaan lewat rangkaian indahnya. Tidak …