Home / Pendidikan / Kelebihan dan Kekurangan Berkuliah di Jurusan IT

Kelebihan dan Kekurangan Berkuliah di Jurusan IT

Anda pastinya bertanya-tanya mengenai apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari jurusan cabang ilmu komputeran ini, untuk itu mari kita simak pertanyaan-pertanyaan yang paling umum seputar jurusan ini.

Apakah nantinya ilmu yang kita peroleh sewaktu kuliah bisa diaplikasikan di dunia kerja ataupun aktifitas sehari-hari?

Jawabannya yaitu, tentu saja iya. Semua ilmu pada dasarnya bermanfaat dan bisa diterapkan baik di dunia kerja bidang tersebut maupun di kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak.

Khusus untuk jurusan IT ini justru malah lebih kentara lagi, mengingat saat ini adalah zaman serba modern. Sekarang ini, segala sesuatu banyak yang sudah bergantung dengan teknologi informasi dan ini sebbenarnya yang menjadikan kelebihan Anda sebagai mahasiswa yang lulusan jurusan IT.

Apakah kursus komputer sama dengan berkuliah jurusan IT?

Pertanyaan ini cukup menarik, lalu mengapa harus bersusah-susah untuk kuliah di jurusan IT yang dalam seleksi masuk perguruan tingginya sangatlah ketat dan memerlukan biaya yang banyak?

Jawabannya yaitu, dua hal ini lumayan berbeda. Ketika Anda kursus komputer, yang Anda pelajari merupakan salah satu materi mengenai perkomputeran saja. Berbeda dengan kuliah Manajemen Informatika di jurusan IT, Anda akan diajari mengenai dasar-dasar serta tidak langsung berfokus di satu materi seperti yang ada di kursus.

Mana yang lebih bagus antara kursus komputer atau kuliah jurusan IT?

Pertanyaan tersebut sebenarnya relatif, tergantung dengan motif Anda dalam menambah ilmu tentang komputer.

Bila tujuan Anda mengikuti kursus komputer untuk mempelajari salah satu materi kemudian untuk bekal Anda ketika bekerja, mungkin ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun perlu juga diingat, bahwa kursus hanya mempelajari satu materi program komputer sehingga apabila ini kemudian tidak lagi diminati, Anda wajib ikut kursus mulai awal.

Apa saja yang dipelajari di jurusan IT?

Seperti yang sudah sedikit dibahas di awal artikel ini, pada dasarnya nanti Anda akan belajar teknik dan dasar ilmu komputer. Contohnya, Anda akan belajar tentang graphic design, pemprograman web, troubleshooting, database, dan sebagainya.

Apa peluang kerja lulusan dari jurusan IT?

Tentu saja ini merupakan hal yang wajar jika Anda bertanya-tanya mengenai apa prospek pekerjaan lulusan jurusan IT. Untuk lulusan jurusan IT pada umumnya diharapkan mampu terjun di bidang teknik informatika itu sendiri seperti Software Engineer, pengembang game, Aplication Developer dan lainnya yang berhubungan langsung dengan teknik informatika,

Jangan pernah khawatir bila tidak menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah karena pada dasarnya jika kita mencintai apa yang kita kerjakan dan pelajari, maka pekerjaan yang akan mendatangi kita dengan sendirinya.

About Pher jaya

Check Also

Contoh Kalimat Komplek Hipotaktik dan Parataktik

Kalimat adalah serangkaian kata yang menunjukkan makna. Kalimat itu sendiri terdiri dari beberapa struktur seperti …