Home / Otomotive / Ingin Modifikasi Ban Mobil Anda? Ketahui Jenis Ban Beriktu Ini

Ingin Modifikasi Ban Mobil Anda? Ketahui Jenis Ban Beriktu Ini

Rockrealms.com Saat ingin memodifikasi ban Mobil Anda, tentu ingin mendapatkan yang terbaik secara tampilan maupun performancenya. Saat berada di toko aksesoris mobil di kota Anda, misalnya saja toko variasi mobil Bandung dengan berbagai tawaran tipe dan jenis ban yang menarik, Anda akan tetap kebingungan harus memilih ban mobil yang mana karena masih belum mengetahui jenis ban mobil yang baik untuk kendaraan Anda. Untuk itu, sangat penting mengetahui tipe ban berdasarkan kebutuhan Anda.

Jenis Ban Mobil Untuk Berbagai Kendaraan

Ingin Modifikasi Ban Mobil Anda, Ketahui Jenis Ban Beriktu

Ada begitu banyak jenis ban mobil dan begitu banyak kategori ban yang berbeda sehingga bisa sedikit membingungkan. Yang mana yang harus Anda pilih? Apakah Anda mengendarai mobil sport dan memerlukan satu set ban yang berkinerja dengan kecepatan lebih tinggi? Atau apakah Anda mengendarai truk pickup dengan tugas berat sehingga membutuhkan ban yang akan memberikan traksi yang unggul dalam kondisi off-road? Mengetahui berbagai jenis ban yang paling sesuai dengan kebutuhan mengemudi Anda adalah hal yang sangat penting.

Jenis-Jenis Ban Mobil dan Mengapa Ban Itu Penting

Ada jenis ban yang tepat untuk semua orang berdasarkan tiga kriteria sederhana. Untuk memastikan bahwa Anda memilih set yang tepat untuk diri Anda sendiri, mundur sejenak dan pikirkan jenis mengemudi apa yang Anda lakukan setiap hari. Pikirkan cuaca yang Anda kendarai – apakah itu cukup sejuk sepanjang tahun, atau apakah suhunya turun secara teratur di bawah 45 ° F / 7.2 ° C? Pikirkan tentang jenis kendaraan yang Anda kendarai dan bagaimana Anda mengendarainya atau bagaimana Anda ingin mengendarainya.

Lihatlah berbagai jenis ban yang dirinci di bawah ini, dan lihat apakah Anda dapat menempatkan diri Anda ke dalam salah satu kategori berdasarkan kendaraan Anda, cuaca dan penggunaan sehari-hari Anda.

1. Ban Musim Panas

Jika Anda mengendarai kendaraan penumpang ukuran standar, seperti mobil, SUV atau minivan, dalam iklim yang biasanya cukup panas, maka ban musim panas adalah pilihan yang bagus untuk Anda. Ban musim panas berkinerja baik dalam kondisi basah dan kering – tetapi kami berbicara “basah” seperti pada hujan di sini atau di sana, bukan salju tebal, hujan es, atau kelembaban musim. Jika Anda mencari satu set ban yang memberikan traksi superior sepanjang musim, maka ban musim panas jelas bukan untuk Anda.

Juga, lihat tapak ban musim panas, dan Anda akan melihat lekukan orbital dan pola terperinci – ini membantu memberikan kinerja jalan kering terbaik di suhu musim panas.

2. Ban Musim Dingin, atau Ban Salju

Jika Anda tinggal di iklim di mana suhu turun secara teratur di bawah 45 ° F / 7.2 ° C – atau di daerah di mana salju dan es berlama-lama berbulan-bulan – maka satu set ban musim dingin juga dikenal sebagai ban salju, kemungkinan pilihan bijak untuk membawa Anda melewati musim salju. Ban salju secara khusus dirancang untuk tampil dalam kondisi musim dingin, memperlengkapi Anda dengan daya cengkeram, cengkeraman, dan kontrol yang disediakan ban musim panas. Senyawa karet khusus pada ban musim dingin tetap lebih lembut dan lebih lentur daripada ban musim panas atau semua musim dalam kondisi dingin, memberi Anda cengkeraman yang lebih baik dan kemampuan pengereman yang unggul.

Perbedaan utama lainnya adalah dalam desain fisik ban musim dingin – perhatikan dengan seksama, dan Anda akan melihat bahwa mereka memiliki ratusan potongan kecil di karet, yang disebut sipes, yang menciptakan tepi kecil yang memberikan peningkatan daya cengkeram dengan memegang dan memegang basah, dingin dan bersalju jalan. Pasangkan sip tersebut dengan lekukan dan saluran yang dalam di tapak yang dimaksudkan untuk menghilangkan air, lumpur dan salju, dan jelas untuk melihat mengapa ban musim dingin memberikan traksi dan ketenangan pikiran terbaik ketika kondisi dingin tiba.

3. Ban All-Season

Jangan biarkan istilah “ban semua musim” menyesatkan Anda – empat musim di Florida dan Arizona sangat berbeda dari empat musim di North Dakota dan Michigan. Jika Anda tinggal di daerah dengan musim dingin yang relatif ringan, maka ban all-season kemungkinan akan berhasil, karena ban tersebut dibuat secara teknis untuk menangani jalan basah dan kering sepanjang tahun, termasuk salju ringan. Tetapi jika Anda mencari traksi tinggi dan cengkeraman yang baik di salju dan es yang serius, Anda mungkin ingin mencari di tempat lain. Ban all-season tersedia dalam dua kelas standar: Ban Touring dan Ban Penumpang.

Ban all-season memiliki lekukan dan tapak yang cukup baik untuk tampil di hujan sesekali atau salju ringan, tetapi mereka tidak ideal jika Anda sering berkendara di jalan basah atau di salju yang lebih berat. Tapak multiguna mereka memadai tetapi tidak seefisien menyalurkan air atau mencengkeram jalan seperti jenis ban khusus cuaca lainnya. Mereka juga dibuat dengan kompon karet keras yang semakin kencang dalam kondisi dingin – sehingga saat suhu turun, traksi keseluruhan antara jalan es dan ban Anda juga demikian.

4. Ban Performa

Inilah kabar baiknya: Anda tidak perlu memiliki mobil sport eksotis enam angka dengan pintu sayap elang untuk memiliki seperangkat ban kinerja. Tidak masalah jika Anda mengendarai sedan sederhana atau minivan keluarga – ban berperforma tinggi memberikan nuansa sesuatu yang lebih cepat, plus penanganan yang lebih baik dan tikungan yang lebih baik. Jenis ban kinerja yang paling umum meliputi kinerja dasar, kinerja tinggi, kinerja sangat tinggi, dan persaingan.

Ban kinerja biasanya lebih luas, dengan tapak dangkal, membuat tampilan dan rasa profil yang lebih rendah, traksi yang lebih besar dan kontak yang lebih baik dengan jalan.

5. Ban truk

Jenis ban truk yang Anda butuhkan tergantung pada jenis truk yang Anda kendarai dan kegiatan yang Anda lakukan di dalamnya. Apakah Anda mengemudi dalam kondisi off-road, seperti salju dan lumpur? Apakah Anda ingin kendaraan Anda terlihat seperti Anda mengemudi di salju dan lumpur? Apa pun itu, ada satu set ban truk di luar sana untuk Anda.

Ban truk jalan raya – Dibuat dengan senyawa yang tahan lama dan disempurnakan serta pola tapak untuk menahan keausan yang tidak rata dan memberikan pengendaraan yang lebih mulus di semua musim.

Ban truk kinerja – Mirip dengan ban truk jalan raya tetapi dibuat untuk menahan kecepatan yang lebih tinggi dan memberikan pengereman dan penanganan yang unggul di semua kondisi jalan.

Ban truk segala medan – Memiliki tapak yang lebih besar dengan beberapa pola, dirancang untuk menangani kerikil, pasir, dan lumpur ringan.

Ban truk medan off-road atau lumpur- Membanggakan pola tapak terbesar dan paling agresif, yang dirancang untuk menangani kondisi off-road seperti salju tebal, lumpur dan lumpur tebal.

Ada jenis ban untuk hampir semua gaya mengemudi dan kondisi mengemudi. Jadi ketika Anda berada di pasar untuk satu set ban baru, mengetahui jenis ban mana yang paling sesuai untuk kendaraan khusus Anda dan kebutuhan Anda adalah langkah pertama; itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengikuti spesifikasi ban yang direkomendasikan pabrikan kendaraan Anda ketika mempertimbangkan ban mana yang akan dibeli.

About Pher jaya

Check Also

mengecat mobil

Tips Sederhana Cara Mengecat Mobil Anda

Bagi pecinta mobil, ada banyak trik untuk membuat mobil yang bagus dan bergaya. Anda mungkin …