Home / Pendidikan / Jenis-Jenis Tulisan Yang Wajib Kamu Tau!

Jenis-Jenis Tulisan Yang Wajib Kamu Tau!

Seluruh orang bahagia untuk menulis meski cuma ditulis pada selembar kertas saja untuk menulis pesan. Serta aktivitas menulis ini telah berlangsung sangat lama semenjak dulu kala. Walaupun wujud tulisan yang berbeda lebih menuju pada simbol- simbol untuk dituliskan.

Seorang penulis puisi hendak menuliskan serangkaian kata- kata yang saling berkaitan dengan irama serta penyampaian yang begitu indah. Seorang novelis membuat aktivitas menulis dengan isi cerita. Para siswa sekolah menuliskan tulisannya dengan karangan serta makalah. Seorang karyawan juga melaksanakan pekerjaan menulis untuk proposal serta laporan.

Menulis dapat dimana saja berlangsung serta siapapun dapat menulis dengan jenis tulisan apapun.

Tulisan itu memberikan kemudahan untuk seluruh orang untuk mengenali keberadaan. Tulisan bagaikan suatu perlengkapan komunikasi yang berarti bagi tiap orang untuk membagikan suatu data yang hendak di informasikan.

Dalam menulis juga ada bermacam berbagai tipe tulisan sehingga isi yang didalamnya juga berbeda satu sama lain baik metode penyusunan ataupun iktikad dari tiap tipe tulisan tersebut.

Berikut ini 10 tipe tulisan yang Kamu bisa tahu:

Autobiografi

1

Tipe tulisan ini merupakan suatu wujud tulisan yang menggambarkan suatu cerita ataupun menulis kehidupan seorang yang ditulis oleh orang tersebut. Jadi Kamu juga dapat menulis sendiri buat tipe tulisan ini.

Otobiografi ini ditulis bersumber pada dengan pengalaman, kenangan, serta lain sebagainya. Para penulis biografi pada biasanya memakai pada beberapa besar dokumen serta sudut pandang. Sebaliknya buat otobiografi itu sendiri lebih difokuskan pada kenangan sang penulis.

Hendak namun, bila memanglah Kamu belum merasa siap buat mengawali proses tipe tulisan ini, Kamu bisa menulis di novel setiap hari ataupun harian yang digunakan buat catatan. Jadi dengan banyaknya catatan ataupun harian yang telah Kamu buat, sesuatu waktu dapat dijadikan otobiografi Kamu sendiri.

Ulasan Buku

2

Ulasan buku merupakan membahas buku dari seseorang penulis novel, apakah novel itu mempunyai pembahasan yang baik ataupun pembahasan yang kurang baik. Pastinya mengulas buku ini Kamu harus secara menyeluruh membaca isi buku tersebut sehingga Kamu dapat merasakan sendiri gimana isi buku yang ditafsirkan.

Bila hasil dari tinjauan buku, dikira baik, hingga akan pengaruhi peringkat buku, akan tingkatkan penerbitan serta penjualan buku. Kebalikannya, bila hasilnya menampilkan pembahasan kurang baik, hal ini pula akan pengaruhi tingkatan penurunan penjualan.

Apalagi bila banyak pembeli yang tidak membeli buku tersebut bukan tidak bisa jadi sesuatu saat buku- buku yang telah tersebar ditarik dari pasaran. Jadi buat menulis pembahasan novel yang bagus memakai tata cara ini akan sangat menolong Kamu.

Deskripsi

Deskripsi bisa digunakan untuk menulis fiksi serta non- fiksi. Isi cerita umumnya disajikan kepada seseorang, aktivitas, ataupun objek. Cerita fiksi yang menggambarkan tentang orang- orang ataupun kejadian yang tidak nyata, literatur terbuat cuma imajinasi dari seorang penulis.

Sebaliknya non- fiksi merupakan urutan untuk setiap cerita yang informatif buat menginformasikan cerminan sumber daya manusia dengan jujur serta akurat. Bahkan membuat suatu artikel tentang pembuatan deskripsi produk termasuk dalam tulisan non- fiksi sebab begitu jelas bahwa objek dipaparkan.

Buku harian( Diari)

3

Nah, untuk tipe ini seluruh orang pastinya bisa. Lumayan dengan buku harian Kamu dapat menulis seluruh catatan harian Kamu. Kamu bisa membuat cerita ekspedisi hidup sendiri, memaparkan apa yang sempat terjadi pada diri Kamu dan lain sebagainya.

Dengan buku harian ini, Kamu bisa menggunakannya sebagai catatan buat otobiografi Kamu nanti. Bahan- bahan yang terkumpul ini dapat dipadukan oleh Kamu jadi suatu jenis tulisan lain.

Karangan

4

Tipe tulisan ini yang sangat kerap dikerjakan kala saya duduk di bangku sekolah. Karangan merupakan bagian singkat dari tulisan dengan tema tertentu ataupun subjek, umumnya dalam wujud prosa serta biasanya berbentuk analisa, spekulasi, ataupun informasi.

Kamu pastinya telah mengenali jenis- jenis karangan yang dipakai yaitu eksposisi, deskripsi, narasi, persuasi serta argumentasi. Tiap tipe karangan ini mempunyai penafsiran serta identitas yang berbeda sehingga ketika Kamu hendak menulis karangan wajib mencermati 2 perihal tersebut.

Fabel

5
https://www.gemainsani.co.id/product/1-set-seri-fabel-kepemimpinan-5-jilid/

Fabel merupakan tipe tulisan yang memakai hewan yang berperilaku serta berdialog bagaikan kelompak orang. Ini dapat juga dikelompokkan dalam dongeng contohnya dongeng si kancil mencuri timun, si kancil dan buaya, si kancil dan monyek, serta masih banyak lagi.

Untuk fabel dari luar dibuat oleh Aesop, di situ ada bermacam macam dongeng yang Kamu dapat baca secara online. Banyak cerita yang di informasikan di web Aesop.

Penutup

Nah, itu dia beberapa jenis tuisan yang wajib kamu tahu. Nah, saya punya rekomendasi buat kalian yang ingin belajar mengenai desain grafis, tentunya dengan cepat dan mudah. Ditambah pembahasan yang terstruktur dengan kalimat dan tulisan yang ringan.

Kalian bisa kunjungi website Saidoen.com, disana terdapat berbagai macam tips dan trik dalam belajar desain. Contohnya artikel yang berjudul Membuat Tulisan Melengkung di CorelDRAW, Mudah!

Jangan lupa kunjungi ya…. Sekian dan terima kasih.

About Pher jaya

Check Also

IELTS Reading Tips - Tips Tes Membaca IELTS Agar Sukses

IELTS Reading Tips – Tips Tes Membaca IELTS Agar Sukses

IELTS Reading Tips – Dalam melakukan tes IELTS maka tujuan Anda tentunya adalah untuk mendapatkan …