Home / Wisata / Hal-hal Menarik yang Dapat Kamu Lakukan di Parangtritis

Hal-hal Menarik yang Dapat Kamu Lakukan di Parangtritis

Pantai Parangtritis

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang benar-benar menikmati liburan di pantai, Parangtritis adalah jawabannya. Jangan mengklaim bahwa Anda menyukai liburan di pantai sebelum mencoba menyentuh sensasi pasir di tepi Parangtritis.  Keberadaannya sebagai objek wisata yang memiliki banyak keindahan tidak dapat diragukan. Bahkan dari hari ke hari, pengunjung Parangtritis bukannya berkurang, tetapi bertambah.

Jika Anda berada di pusat kota, Anda hanya perlu 1 jam perjalanan untuk sampai di Parangtritis. Untuk sampai di sana Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau merental mobil dengan harga terjangkau. Berikut hal-hal menarik yang ada di Parangtritis

Gumuk Pasir

Pantai selalu identik dengan pasir. Namun pasir di pantai Parangtritis tidak sama dengan pasir yang ada di pantai manapun di dunia. Selain berbeda, pasir di Parangtritis dianggap keberadaannya aneh. Pasir atau lebih dikenal sebagai gumuk pasir dianggap sebagai fenomena yang terancam punah di daerah yang memiliki curah hujan sangat tinggi seperti Yogyakarta. Karena itu, selain bukit pasir seperti wisatawan baik lokal maupun mancanegara, juga lebih disukai oleh para ilmuwan yang melakukan penelitian tentang keberadaan bukit pasir. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, gumuk pasir terbentuk dari material vulkanik yang didapatkan dari gunung Merapi. Bahan ini dianggap dibawa oleh sungai ke gelombang laut yang kemudian dibawa ke daratan. Di negeri ini, pasir yang terbawa angin membentuk gurun dengan pola goresan spesifik yang sangat khas. Karena itu, jika Anda ke Parangtritis buang sepatu Anda dan mulailah menelusuri bukit pasir di pantai Parangtritis. Anda akan segera ketagihan untuk kembali ke Parangtritis. Saat ini sandbanks populer dikunjungi untuk foto pre-wedding dan juga olahraga papan luncur. Mau mencobanya?

Sunset Pantai Parangtritis

Bicara liburan di pantai, yang pasti matahari terbit dan terbenam yang paling ditunggu. Jika Anda sangat sulit untuk bangun pagi untuk menikmati matahari terbit, menunggu matahari tenggelam layak sebagai pengganti tidak bisa melihat matahari terbit. Matahari terbenam atau terbenam di pantai Parangtritis sangat indah. Karena begitu banyak orang hebat yang mengklaim bahwa Parangtritis Yogyakarta adalah pintu menuju ratu kerajaan di pantai selatan. Sambil menunggu matahari terbenam, Anda bisa memanfaatkan beberapa fasilitas wisata yang disediakan di Parangtritis. Layang-layang, bermain pasir, mengendarai ATV naik taksi hansom di sekitar Parangtritis Anda harus mencoba. Bahkan penjual suvenir juga banyak Parang untuk memenuhi keinginan belanja Anda.

Pemandian Air Panas Parawedang

Tidak banyak yang tahu bahwa di daerah Parangtritis ada juga pemandian air panas yang dikenal masyarakat Yogyakarta sebagai pemandian air panas Parawedang. Pemandian ini dikenal sebagai pemandian air panas yang unik karena tidak adanya kandungan belerang di dalamnya seperti kebanyakan pemandian air panas. Begitu banyak orang percaya bahwa mandi air panas Parawedang sangat bergizi mengobati banyak penyakit kulit bila digunakan sebagai air untuk mandi. Cobalah mengunjungi pemandian air panas selama kunjungan Anda ke Parangtritis. Rasanya ada sesuatu yang hilang jika tidak menikmati air panas di pemandian air panas Parawedang. Rasa nyaman akan menyebar ke seluruh tubuh Anda jika berendam di pemandian ini.

Sandboarding

Saat ini, gurun tertentu di berbagai negara menjadi target sandboarder atau penggemar olahraga sandboarding. Misalnya saja gurun pasir di Namibia, Amerika Utara, Australia, dan sebagainya. Dan di Yogyakarta kami memiliki tempat untuk melakukan kegiatan sandboarding. Parangkusumo terletak di Yogyakarta, dekat dengan Parangtritis. Di pantai, ada hamparan gurun yang membentang. Gurun itu membentuk gundukan yang disebut bukit pasir. Nah, kini, gumuk pasir Parangkusumo menjadi favorit para penggemar olahraga sandboarding. Mereka memakai skateboard dan peralatan keselamatan seperti helm dan tangan dan lutut pengaman.

Gua Langse

Goa Langse terletak di sebelah timur Pantai Parangtritis dan mungkin belum terlalu akrab bagi kebanyakan orang. Jalan menuju gua tidak mudah, orang yang ingin mengunjungi gua harus menuruni tebing vertikal setinggi sekitar 300 meter. Meski sudah disediakan tangga dan kayu untuk diperbanyak, namun jalurnya tetap bukan jalur biasa. Setelah memanjat tebing vertikal, kami masih harus terus melewati hutan jati Perhutani sekitar 200 meter ke desa terdekat. Dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit, sungai bawah tanah sangat halus, dan sumur air tawar. Gua ini adalah tempat ziarah atau wisata spiritual dan terbuka untuk umum sejak 1948.

Bukit Parangndog

Bukit Parangndog adalah bukit yang terletak di timur Parangtritis. Lebih detail dari bukit ini disebut Bukit Paragliding Parangndog. Mengapa demikian? Karena di bukit ini sering digunakan sebagai tempat melepas paralayang dan hang gliding. Paragliding Bukit Parangndog terletak di pantai timur Parangtritis dan terkenal akan matahari terbenam. Dan masih banyak wisata menarik lainnya.

About Pher jaya

Check Also

model kuburan kristen

Intip Area Khusus Kuburan kristen Di San Diego Hills Karawang

Ketika anda pergi ke daerah karawang anda akan melihat sebuah gerbang yang megah seperti akan …