Home / Tips / Hama Pada Jambu Air Yang Menggangu

Hama Pada Jambu Air Yang Menggangu

Hama Pada Jambu Air Yang Menggangu

Hama pada jambu air sangat menggeramkan bagi petani atau penggemar Tanaman Jambu adalah lalat buah. Hama lalat buah adalah meletakkan telur pada bunga dan buah baru muncul (pentil).

senapananginpedia.com

Ketika telur menetas, larva segera masuk ke dalam jambu besar dan tumbuh besar di buah, sementara di dalam mengambil bagian dalam buah. Buah-buahan membusuk di dalam, tetapi jika dilihat dari luar tampak halus sehat.

Menurut senapananginpedia.com jika buah dipotong terbuka, Bagian dalam penuh belatung (ulat), akhirnya buah jambu ini tidak baik untuk dimakan. Pemberantasan lalat buah untuk dilakukan sejak bunga bermekaran.

Tanaman disemprotkan dengan insektisida sistemik seperti Bayrusil 0.2% atau Decis 0.2 persen. Penyemprotan dihentikan satu bulan sebelum panen buahnya. Hama lain yang sering timbul adalah Boris batang kayu oleh lalat jambu.

Larva hama ini masuk melalui kulit batang atau ranting dan membuat lubang mulai dari bawah ke atas sampai akhir cabang. Menyebabkan ujung ranting kering ranting serta ranting mati. Bagaimana mengatasinya dengan memberikan Furadan 3G di sekitar buah sebanyak 10-20 pohon.

Tanaman Jambu mulai berbunga pada usia 1-3 tahun setelah menanam, tergantung pada jenis bibit (grafting atau biji). Buah dapat dipanen setelah tiga bulan sejak bunga bermekaran. Buah dipanen saat warnanya merah, hijau gelap, putih murni, dan tergantung pada varietas jambunya.

Panen dilakukan dengan memotong tangkai secara perlahan-lahan karena buah mudah rontok (musim gugur). Buah dibersihkan semut yang mungkin menempel di pinggiran buah. Buah kemudian dibawa ke pembeli atau dijual ke pasar. Umumnya buah ini hanya untuk konsumsi pasar local.

Buah ini umumnya seperti buah segar, untuk salad, acar, dan untuk mengurangi rasa haus. Pohon tidak memiliki nilai ekonomi. Kayu hanya digunakan sebagai kayu bakar. Di Bogor, nilai ekonomi dari buah tersebut meningkat karena sering digunakan sebagai asinan Buah dan rujak.

Dan hampir di setiap halaman rumah di Jawa ada pohon jambu.

About Pher jaya