Home / Bisnis / Tips Jual Beli Mobil Bekas agar mendapat Mobil Bekas Berkualitas

Tips Jual Beli Mobil Bekas agar mendapat Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas atau second sering kali dijadikan alternatif pilihan bagi orang-orang yang kondisi perekonomiannya pas-pasan. Memilih mobil second sebagai pengganti mobil baru tentunya memiliki resiko, yaitu adanya kemungkinan bahwa mobil second yang dibeli kualitasnya tidak sesuai dengan keinginan serta harga mobil bekas. Namun, resiko mendapatkan mobil secondyang tidak berkualitas dapat diminimalisir dengan menerapkan ketelitian serta kejelian selama melakukan transaksi jual beli mobil bekas. 

Agar mobil bekas yang didapatkan sesuai dengan harapan pembeli, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti memeriksa catatan servis, memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh baik eksterior maupun interiornya, memastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan baik, dan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat kendaraan. 

Tips Memilih Mobil Second yang Berkualitas

Berikut ulasan lengkap tips-tips dalam memilih mobil second agar mendapatkan mobil second yang berkualitas. 

  • Memeriksa catatan servis

Catatan servis atau riwayat servis merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih mobil bekas. Performa suatu kendaraan termasuk mobil akan semakin baik apabila sering diservis. Karena itulah memeriksa catatan servis perlu dilakukan.

Dari catatan servis juga Anda dapat melihat di bengkel mana mobil tersebut biasanya disevis. Dengan memeriksa catatan servis, Anda bisa memperkirakan kondisi mobil second tersebut. Saat akan membeli mobil second, sangat disarankan untuk memilih mobil second yang sering  diservis di bengkel resmi karena dengan begitu Anda dapat memeriksa keaslian odorometer mobil second yang akan dipilih. 

  • Pemeriksaan mobil secara menyeluruh

Hanya menerka kondisi mobil bekas dari catatan servis tidaklah cukup bagi Anda yang berencana membeli mobil second. Anda juga harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik bagian eksterior maupun interior sehingga Anda dapat memastikan bahwa setiap komponen serta aksesoris suatu mobil second masih berfungsi dengan baik. Selain memeriksa aksesoris dan interior mobil, Anda juga harus memeriksa kondisi bodi serta eksterior mobil second sebelum membelinya dari tempat jual mobil second

Bagian yang terpenting dari sebuah eksterior mobil adalah struktur rangka utamanya karena rangka utama atau chasis inilah yang menentukan kualitas suatu mobil. Pastikan chasis mobil dalam kondisi yang prima tanpa adanya bekas tabrakan atau perbaikan.

  • Memastikan kondisi mesin

Mesin adalah tenaga penggerak mobil yang fungsinya bagaikan jantung pada mobil. Tanpa adanya mesin, mobil tak akan menghasilkan energi untuk melaju di jalanan atau lintasan yang tersedia. Karena itulah memastikan apakah kondisi mesin mobil second masih dalam keadaan prima atau tidak sangat penting untuk dilakukan. Apabila Anda kurang mengerti, Anda dapat membawa seorang teman maupun mekanik yang ahli untuk memastikan kondisi mesin mobiil bekas. 

  • Memeriksa kelengkapan dokumen

Kelengkapan dokumen mobil second adalah hal yang tidak kalah penting. Pemeriksaan yang perlu dilakukan terhadap mobil second sebelum dilakukan transaksi jual beli selain pemeriksaan fisik mobil juga perlu dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan kelengkapannya. Pastikan bahwa mobil second yang akan Anda beli memiliki surat-surat yang lengkap dengan deskripsi mobil yang sesuai serta menggunakan nama pemilik mobil pada surat-surat kendaraan.

  • Tidak terburu-buru dan tetap teliti saat memilih

Hal yang paling penting saat akan melakukan transaksi jual beli mobil second di tempat jual mobil second adalah tetap bersikap teliti serta tidak terburu-bru dalam memilih. Namun, Anda juga bisa memilih tempat jual beli mobil bekas yang telah dipercaya dan berpengalaman seperti Mobil88.

About Pher jaya

Check Also

Cara Memulai Usaha Baru Sendiri Bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Baru Sendiri Bagi Pemula

“ Gimana metode mengawali usaha baru sendiri apabila Aku masih pendatang baru?” Bisa jadi ini …