Home / Tips / Kenapa WC Mampet? Ini Loh Biang Keroknya!

Kenapa WC Mampet? Ini Loh Biang Keroknya!

Sebenarnya sangat mudah mengenali alasan kenapa WC mampet setiap digunakan. Anda hanya perlu mencermati beberapa hal. Dan solusinya bisa diterapkan sesuai penyebab utamanya.

BAB merupakan panggilan alam yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Sehabis bab, perasaan lega pasti akan dirasakan. Tapi bagaimana ya jika feses yang dikeluarkan tidak bisa disiram di toilet?

baca juga artikel singkat mengenai sedot wc semarang jawa tengah

Perasaan tak enak, dan Anda akan garuk-garuk kepala sendiri. Setelah beberapa kali disiram, eh feses tetap muncul. Apa sih yang menyebabkan toilet mampet.

Penyebab pertama mengapa WC mampet adalah penuhnya septic tank. Penuhnya tank dengan kotoran manusia ini memicu sulitnya feses untuk diguyur. Paling parah, kotoran malah akan keluar dari toilet bersamaan dengan guyuran air.

Ini jelas sangat menjijikkan. Anda pastinya risih meskipun itu dari Anda sendiri. Dan jika penyebabnya berasal dari penuhnya septic tank, mau tidak mau Anda perlu melakukan pengurasan.

Anda bisa kok memanfaatkan jasa kuras septic tank. Hubungi saja jasanya, Anda tinggal menunggunya dan berikan upahan jasa yang sudah menjadi tarifnya.

Penyebab  yang kedua adalah kurang maksimalnya lubang ventilasi septic tank. Kurang maksimalnya lubang ventilasi ini menyebabkan adanya tekanan dari dalam septic tank. Ketika feses diguyur, maka feses akan sulit untuk masuk ke septic tank.

Ingat, feses ini juga mengeluarkan gas. Gas inilah yang akan saling menekan di dalam septic tank. Bila ventilasinya tidak bekerja maksimal seperti terlalu kecil atau adanya sumbatan, sudah pasti Anda akan kesulitan untuk membersihkan toilet dari kotoran.

Penyebab yang ketiga datang dari sumbatan di pipa pengubung toilet dan septic tank. Sumbatan ini bisa berupa tisu, lumut sampai kotoran yang mengeras akibat tidak terbuang secara sempurna.

Tidak lancarnya pembuangan kotoran ini mengakibatkan tertinggal di dalam pipa tersebut. Lama-kelamaan akan mengeras, terakumulasi dan menutup saluran tersebut. Akhirnya, Anda tidak akan bisa membuang kotoran meskipun berkali-kali mengguyurnya.

Di sini, Anda sebenarnya bisa melakukan perbaikan sendiri. Tapi bila merasa jijik, cukup gunakan jasa pelancaran saluran toilet saja.

Demikianlah beberapa alasan kenapa wc sering mampet. Khusus untuk penyebab kedua dan ketiga, Anda bisa mencegahnya. Yakni memperlebar saluran ventilasinya, serta membiasakan diri untuk tidak membuang sesuatu selain feses ke dalam toilet.

About Pher jaya

Check Also

Hama Pada Jambu Air Yang Menggangu

Hama Pada Jambu Air Yang Menggangu Hama pada jambu air sangat menggeramkan bagi petani atau …