Home / Pendidikan / Alat Musik Gamelan Bali

Alat Musik Gamelan Bali

 Alat musik Gamelan Bali terdiri atas perkusi, metalofon, dan drum tradisional. Sebagian besar terbuat dari perunggu, tembaga, dan bambu. Variasi disebabkan oleh jumlah instrumen yang digunakan. Instrumen dalam ansambel Gamelan yang umum adalah sebagai berikut:

Musik Gamelan Bali
Alat Musik Gamelan Bali

6 Alat Musik Gamelan dari Bali

1) Ceng-ceng adalahalat musik gamelan yang membuat instrumen berpasangan untuk menghasilkan intonasi tinggi. Ceng-ceng terbuat dari plat tembaga tipis. Di tengah setiap Ceng-ceng, ada pegangan yang terbuat dari tali atau benang. Ceng-ceng dimainkan dengan memukul dan menggosok keduanya. Biasanya ada enam pasangan Ceng-ceng dalam Gamelan biasa. Mungkin ada lebih banyak tergantung pada seberapa tinggi intonasi diperlukan.

2) Gambang adalah metallophone yang terbuat dari batangan tembaga dengan ketebalan dan panjang yang berbeda. Batang tembaga ini dikayuh di atas balok kayu yang telah diukir dengan beberapa motif. Pemain Gambang membentur mistar satu per satu tergantung pada intonasi yang dimaksud. Perbedaan ketebalan dan panjang menghasilkan berbagai intonasi. Dalam Gamelan biasa, paling tidak harus ada dua Gambang. [Sumber: Bali Tourism Board]

 3) Gangse terlihat seperti roda tanpa lubang di tengahnya. Itu terbuat dari perunggu. Seperti Gambang, Kelompok Gangse mendayung di atas balok kayu berukir dan dimainkan dengan memukulnya dengan sepasang tongkat kayu. Setiap Gangse berturut-turut memiliki ukuran yang berbeda, menghasilkan intonasi yang berbeda. Gangse digunakan untuk menghasilkan nada rendah. Instrumen ini dominan untuk lagu-lagu lambat atau tarian yang mencerminkan tragedi.

4) Kempur / Gong dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Kempur terlihat seperti Gangse besar yang digantung di antara dua tiang kayu. Itu terbuat dari perunggu dan juga dimainkan dengan menggunakan tongkat kayu. Kempur adalah instrumen terbesar dalam Gamelan. Ukurannya sekitar roda truk. Kempur digunakan untuk menghasilkan nada rendah tetapi lebih lama dari Gangse. Di Bali, untuk melambangkan pembukaan acara nasional atau internasional, memukul Kempur tiga kali adalah khas.

 5) Kendang adalah drum tradisional Bali. Itu terbuat dari kayu dan kulit kerbau dalam bentuk silinder. Ini dimainkan dengan menggunakan tongkat kayu atau menggunakan telapak tangan. Kendang biasanya dimainkan sebagai intonasi pembuka di banyak tarian.

6) Suling adalah seruling Bali. Itu terbuat dari bambu. Suling biasanya lebih pendek dari seruling modern. Alat musik tiup ini mendominasi sebagai iringan dalam adegan-adegan tragedi dan lagu-lagu lambat yang menggambarkan kesedihan.

 Alat musik unik yang hanya dapat ditemukan di Kabupaten Tabanan adalah Tektekan dan Okokan. Alat musik kayu ini pertama kali ditemukan oleh petani di Tabanan. Okokan sebenarnya adalah lonceng kayu yang tergantung di leher sapi dan Tektekan adalah alat genggam untuk membuat suara untuk menakuti burung dari sawah padi yang matang. Ritme instrumen itu kemudian menjadi alat musik untuk pertunjukan selama banyak festival candi atau acara sosial di Tabanan. Pada saat ini ini telah menjadi karakteristik yang kuat dari seni musik tradisional di Tabanan. Festival Okokan dan Tektekan telah menjadi anggota Festival Pariwisata Bali yang rutin diadakan setiap tahun yang juga dipercaya untuk menolak bala oleh masyarakat setempat.

Nah, tambahan buat kalian yang ingin mencari tau lagu-lagu gamelan atau lagu-lagu indonesia lainnya bisa kalian kunjungi gudang lagu mp3.

.

About Pher jaya

Check Also

Jenis-Jenis Tulisan Yang Wajib Kamu Tau!

Seluruh orang bahagia untuk menulis meski cuma ditulis pada selembar kertas saja untuk menulis pesan. …