Home / Bisnis / Batu Alam Terkeras Di Bumi

Batu Alam Terkeras Di Bumi

Kalau membayangkan batu yang kuat, mungkin teman-teman akan membayangkan batuan yang besar, seperti batu kali.Tapi ada batuan yang dikenal keindahannya yang termasuk salah satu batu terkuat!Rupanya, berlian termasuk salah satu batu yang paling kuat di antara batu-batu lainnya, teman-teman!Yuk, kita cari tahu dari mana asalnya berlian!Baca Juga: Hati-Hati, Ikan Menyerupai Batu Karang Ini Punya Racun Berbahaya!


Batu Berlian Si Permata yang Cantik dan Kuat

Meski disebut batu permata, berlian juga sebenarnya adalah kristal, teman-teman.Kristal adalah benda yang padat dan di dalamnya terdapat molekul-molekul yang saling berikatan.Sementara batu, terbuat dari campuran berbagai kristal yang tercampur menjadi satu.Nah, berlian ini adalah salah satu yang paling kuat di antara kristal dan batu lainnya.

Rahasianya ada pada bahan pembuatan berlian dan bagaimana berlian terbentuk, teman-teman!Berlian Terbuat dari Apa, ya?

Baca Juga :
Batu Akik Bandung
cincin batu kecubung ungu untuk wanita

Berlian terbuat dari karbon. Karbon juga bisa ditemukan pada benda dan makhluk hidup di Bumi, seperti batu, kertas, pensil, hewan, dan manusia.

Namun, karbon bisa jadi berbeda ketika bercampur dengan senyawa yang berbeda juga.Untuk bisa menjadi sebuah berlian, karbon harus melewati pemanasan dengan suhu tinggi dan ditumbuk bersama dengan kekuatan yang sangat keras.

Tahukah kamu? Sebagian berlian terbentuk selama 1 – 3 juta miliar tahun!Artinya, berlian bahkan sudah terbentuk sebelum ada dinosaurus, ya?Bahkan, berlian terbentuk saat Bumi masih belum ditumbuhi tanaman-tanaman. Batu Meteorit Fukang Ini Memang Indah

Dari Mana Asalnya Berlian?

Berlian terbentuk di tempat yang dalam di Bumi, teman-teman.Biasanya, berlian juga ditemukan di kedalaman 150 kilometer di bawah permukaan Bumi. Ini setara dengan Jakarta – Bandung!Bumi kita memiliki bagian dalam yang sangat panas, hingga bisa melelehkan batu-batu.Karbon yang ada di bagian dalam Bumi inipun dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi dan ditindih oleh benda-benda lain di atasnya.

Dengan adanya panas dan tekanan di sekitarnya, karbon-karbon di bawah tanah bergerak dan menempel satu sama lain.Setelah molekul karbon saling terikat, maka terbentuklah karbon yang lebih besar.Nah, ikatan karbon yang besar inilah awal mulai berlian!Ikatan karbon yang membentuk pola tertentu ini saling terikat dengan kuat, sehingga membuat berlian jadi kuat, teman-teman.


Kemudian, bagaimana caranya berlian itu bisa naik ke bagian tanah yang lebih mudah dijangkau manusia, ya?Rupanya, ada peristiwa erupsi yang membawa magma naik ke atas, seperti erupsi gunung berapI, namun terjadi lebih cepat.Saat erupsi itu terjadi, ada banyak material dari dalam Bumi yang terbawa naik ke kerak Bumi, termasuk berlian.

Batu berlian itu pun sampai ke dekat permukaan Bumi dan mulai mendingin.Lama-kelamaan setelah miliaran tahun berlalu, manusia mulai menemukan berlian itu dan menjadikannya batu mulia untuk perhiasan.

Batu Alam Terkeras Di Bumi

About admin

Check Also

Cara Merawat Tas Ransel Dengan Baik

Tas ransel banyak dipesan untuk kebutuhan sebuah seminar dan yang membuat tas ini adalah salah …