Home / Pendidikan / Nilai Pendidikan Karakter yang di Tanamkan Dalam Pramuka

Nilai Pendidikan Karakter yang di Tanamkan Dalam Pramuka

Dalam menanamkan serta meningkatkan kepribadian bangsa, dikepramukaan mempergunakan 10 pilar yang jadi kode kehormatan. kode kehormatan memiliki arti sesuatu norma( ketentuan) yang jadi ukuran pemahaman mengenai akhlak yang tersimpan dalam hati yang menyadari harga dirinya, dan jadi standart tingkah laku pramuka di warga. 10 pilar tersebut bernama dasa dharma, ialah:

1.Takwa kepada tuhan yang maha esa.

bagaikan individu yang lemah, kita wajib menyembah tuhan yang maha esa. ia merupakan pencipta yang ada di bumi serta di langit serta seluruh makhluk yang nampak ataupun tidak nampak. bagaikan individu lemah serta ciptaan- nya, kita harus melaksanakan perintah- nya.

2.Cinta alam serta kasih sayang sesama manusia.

tidak hanya bagaikan makhluk individu, kita pula bagaikan makhluk sosial. maksudnya, makhluk yang tidak dapat berdiri sendiri. kita butuh sahabat, berteman, berrtetangga. kita tidak dapat hidup tanpa orang lain, kita membutuhkan dorongan orang lain.

3.Patriot yang sopan serta kesatria.

bagaikan pramuka, kita wajib berperilaku yang sopan. tindak- tanduk dalam berlagak serta bertutur kata mesti dicermati. kesopanan melambangkan individu seorang di tengah- tengah pergaulan dalam masyarakat

4.Patuh serta suka bermusyawarah.

dalam suasana serta aktivitas apa saja, anggota pramuka harus taat serta patuh terhadap ketentuan yang berlaku, serta dalam aktivitas pramuka selayaknya bermusyawarah dalam mengambil keputusan terbaik serta memuaskan.

5.Rela membantu serta sabar.

pramuka tetap rela dalam membantu tanpa membedakan agama, corak kulit, suku. serta wajib didasari oleh hati yang ikhlas, tulus, tanpa terdapat perilaku mau dipuji. dalam tiap perjuangan itu seseorang anggota pramuka wajib sabar mengalami kendala, tantangan, halangan, serta hambatan.

6.Giat, terampil serta gembira.

anggota pramuka itu wajib giat melaksanakan suatu yang positif. aktivitas kala dia terletak dalam pembinaan pramuka wajib diimplementasikan dalam aktivitas tiap hari. jangan giat sebab waktu penggodokan dalam aktivitas, namun wajib dibuktikan kala dia di rumah, di sekolah. dalam melakukan aktivitas itu juga wajib dilaksanakan dengan bahagia serta gembira.

7.Hemat, teliti serta bersahaja.

kita sebaiknya tidak menghambur- hamburkan uang untuk jajanan, tidak berhura- hura buat kepentingan sesaat. pramuka wajib teliti dalam pengeluaran duit, memprioritaskan apa yang wajib dibeli ataupun didahulukan, serta mana yang tidak butuh janganlah dibeli. walaupun dia kaya, seseorang pramuka jangan sombong di depan orang lain, jangan angkuh, tetapi bersahaja dalam berteman.

8.Disiplin, berani serta setia.

anggota pramukaharus hidup dengan disiplin, baik dalam waktu belajar di sekolah, bermain, serta sebagainya. jika pramuka semacam itu hingga hidup tidak hendak percuma, namun hendak bermanfaat dalam menggapai cita- cita. anggota pramuka wajib berani sebab benar, namun khawatir sebab salah. pramuka wajib setia terhadap janji setianya sebab seperti itu nilai- nilai luhur individu manusia.

9.Bertanggung jawab serta bisa dipercaya

tiap anggota pramuka wajib bertanggung jawab terhadap apa yang sudah dia perbuat.

10.Suci dalam benak, perkataan serta perbuatan.

inilah individu manusia yang sejati, bersih benak, tidak terdapat iri serta dengki. Gerakan pramuka bagaikan organisasi yang bergerak dalam bidang pembelajaran non resmi diharapkan sanggup jadi sesuatu kekuatan pergantian sosial nasional. kedudukan besar gerakan pramuka dalam pembuatan karakter generasi muda dalam bidang kepribadian bangsa sebaiknya bisa diwujudkan dalam aplikasi kehidupan satu hari– hari. ditinjau dari segi sosial budaya dari pembangunan bangsa hingga pembelajaran kepramukaan yang sesungguhnya sangat sesuai buat mempersiapkan kalangan muda buat mengatasi merosotnya kepribadian bangsa, sebab aktivitas kepramukaan bersumber dari dasa dharma pramuka. dengan demikian, bisa menampilkan kalau gerakan pramuka sebagai

salah satu aktivitas ekstra kurikuler di sekolah sangat relevan dengan pembelajaran kepribadian bangsa teruji dengan kesamaan nilai- nilai pembelajaran kepribadian dengan nilai- nilai dasa dharma.

Distropramuka.com menyediakan atribut pramuka serta baju pramuka lengkap.

About Pher jaya

Check Also

IELTS Reading Tips - Tips Tes Membaca IELTS Agar Sukses

IELTS Reading Tips – Tips Tes Membaca IELTS Agar Sukses

IELTS Reading Tips – Dalam melakukan tes IELTS maka tujuan Anda tentunya adalah untuk mendapatkan …