Home / website / Mengenal Macam Macam Ektsensi Domain

Mengenal Macam Macam Ektsensi Domain

Domain ialah nama menarik yang akan dipakai untuk mengakses sebuah web resource. Nama domain juga dipakai sebagai pengganti alamat IP sebuah web resource. Karena akan lebih mudah untuk kita untuk menilik nama daripada menilik angka bukan ?

Pada tulisan ini anda akan membahas sejumlah ekstensi domain, Ekstensi domain atau lebih dikenal dengan Top Level Domain (TLD) ialah akhiran yang ada pada nama domain anda. Biasanya, ekstensi domain ini sering kali didahului dengan tanda titik (.), contohnya .com, .net, .xyz, dan nama domain lainya.

Generic Top Level Domain (gTLD).

gTLD ialah ekstensi domain yang sangat sering dipakai dan sangat akrab untuk orang orang pada umumnya. Ekstensi domain yang termasuk pada kelompok ini ialah .com, .info dan .net.

Generic Restricted Top Level Domain.

Ekstensi domain yang tidak jauh bertolak belakang dengan gTLD tetapi hanya dipakai secara terbatas. Untuk meregistrasi dan memakai ekstensi domain ini, diperlukan sejumlah persyaratan tambahan. Ekstensi domain yang termasuk pada kelompok ini ialah .biz, .pro dan .name.

Sponsored Top Level Domain (sTLD).

Ekstensi domain yang diutamakan dan hanya tersedia untuk kalangan organisasi atau lembaga yang tertentu. Ada persyaratan khusus untuk mendaftarkan domain dengan kelompok ini dan jenis situs tertentu yang dapat digunakan. Ekstensi domain yang termasuk pada kelompok ini ialah .edu, .gov dan .travel.

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Setiap negara memiliki ekstensi kode domain negara yang bertolak belakang dengan ciri-ciri terdiri dari dua huruf. Contoh ekstensi kode domain negara contohnya .id untuk Indonesia, .au untuk Australia, dan .eu untuk Europa.

Namun pada penjelasan inilah ini kita akan menjabarkan kelompok domain yang sangat sering anda dengar atau sering kita pakai saja. Yaitu domain dengan kategoro GTLD dan ccTLD.

GENERIC TOP LEVEL DOMAIN

.COM Singkatan dari Commersial yang dengan kata lain Komersil. Ekstensi domain ini bias dipakai untuk keperluan bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi.

. NET Singkatan dari Network/Networking yang berarti jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk perusahaan yang berada pada bidang jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan internet. Tetapi umumnya pemakaian domain ini pun biasa dipakai untuk kepentingan global, seperti domain (dot) com.

.ORG Org adalah Singkatan dari Organization. Ekstensi ini paling tepat dan ditujukan untuk blog/website Organisasi, lembaga tertentu atau perkumpulan.

.BIZ Biz adalah Singkatan dari Business. Domain dengan ekstensi ini sering dan lebih tepat dipakai untuk toko online, bisnis, lembaga usaha, dan lainnya yang bersangkutan.

.INFO Info adalah singkatan dari Information. Domain ekstensi ini dapat digunakan untuk blog atau situs apa saja. Namun domain dengan ekstensi .info lebih tepat dipakai untuk blog atau situs yang berisi informasi seperti berita harian, Lalu lintas, Sejarah dan yang lain. Untuk mengikutsertakan nama domain dengan ekstensi .info tidak membutuhkan persyaratan pendaftaran.

.TV Kemungkinan berarti Television. Domain ini ditujukan untuk dipakai pada situs yang berisikan media Entertainment seperti Televisi, Radio online dan yang lain.

. Name Domain ini ditujukan untuk identitas personal atau keluarga. Domain ini paling direkomendasikan untuk pemilik blog/website yang ingin menggunakan nama marga /identitas family atau pribadinya sendiri sebagai nama domain.

Country Code Top Level Domain (ccTLD) INDONESIA

.id Bagi ekstensi domain ini sendiri dipakai untuk umum terutama yang berdomisili di Indonesia atau pemakaian web yang berserver di Indonesia.

.ac.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk lingkungan akademik, Universitas atau perguruan tinggi.

.co.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk coorporate atau kepentingan komersial sebuah perusahaan.

.or.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk kepentingan sebuah organisasi .

.net.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk penyedia jasa telekomunikasi.

.web.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk kepentingan perseorangan maupun organisasi.

.sch.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk mengikutsertakan sekolah yang memliki sistem online untuk menunjang pekerjaan belajar sekolah tersebut.

.go.id Domain dengan ekstensi ini dipakai untuk instansi pemerintah yang mempunyai layanan E-Gov atau layanan pemerintah yang mempunyai sifat website.

.ponpes.id Domain dengan ekstensi ini dikususkan untuk bagi lembaga edukasi agama atau yang biasa anda sebut Pondok Pesantern.

Namun diperuntukan guna Top Level Domain Indonesia (TLD) sebelum mengikutsertakan nama domain tersebut kamu harus mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan sebagai pelengkap. Bagi persaratan kamu bisa mendatangi halaman ini.

Sekian untuk keterangan macam – macam domain pada tulisan ini.

About Pher jaya