Home / Bisnis / Persiapan Sebelum Mencetak di Percetakan Buku

Persiapan Sebelum Mencetak di Percetakan Buku

Persiapan Sebelum Mencetak di Percetakan Buku

Menjadi seorang penulis buku merupakan cita-cita hampir kebanyakan orang. Namun, menghasilkan sebuah buku lewat penerbit besar memang bukan perkara mudah. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada banyak orang yang memutuskan untuk menerbitkan buku dengan cara mencetak mandiri lewat percetakan buku.

Meskipun cara ini sangat mudah, tetap ada beberapa proses yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Dengan persiapan yang matang, maka menjadi penulis dan menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati banyak orang sudah bukan menjadi sebatas angan saja.

Langkah Sebelum Menuju Percetakan Buku

1.     Menyiapkan Naskah

Tentunya tidak ada buku jika tidak ada naskah. Maka hal pertama yang harus disiapkan adalah tulisan original yang akan naik cetak nantinya. Anda dapat mempersiapkan naskah yang sesuai dengan minat dan latar belakang yang Anda miliki. 

Berbeda dengan ketika akan melakukan cetak buku murah lewat penerbit, jika akan melakukan secara mandiri maka Anda tidak hanya harus mempersiapkan naskah tetapi juga sekaligus menyuntingnya sendiri. Atau Anda bisa meminta jasa editor lepas yang banyak membuka layanan penyuntingan naskah semacam ini.

2.     Menyiapkan Modal

Berbeda dengan ketika mencetak lewat penerbit, maka dengan jalur mandiri tentunya Anda harus mempersiapkan biaya untuk semua urusan yang berkaitan dengan penerbitan buku ini. Mulai dari biaya cetak, biaya distribusi, biaya editing, pendaftaran ISBN dan lain sebagainya. 

Semakin tebal buku yang akan Anda cetak, maka harga juga akan semakin mahal. Namun biasanya ada kebijakan dari beberapa percetakan yang akan memberikan harga lebih murah jika Anda akan mencetak dengan jumlah tertentu.

3.     Menyiapkan Desain Sampul dan Layout

Sama seperti cinta pada pandangan pertama, maka hal yang terlebih dahulu menarik minat pembaca tentu adalah sampul atau cover. Agar bisa dilirik oleh pembaca yang menjadi target Anda, maka desain sampul harus dibuat menarik dan sesuai dengan segmen yang dibidik.

Selain itu, layout juga tidak kalah penting. Anda dapat menggunakan jasa para layouter freelance maupun menggunakan jasa layout dari percetakan buku yang Anda ajak kerjasama, jika memang mereka menyediakan jasa ini. Dengan layout yang baik, maka setiap halaman dalam buku yang akan Anda cetak bisa tersusun dengan rapi sehingga mudah dibaca dan menarik. 

4.     Mengurus ISBN

ISBN atau International Standard Book Number merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi jika Anda akan memasarkan buku yang Anda tulis secara komersil. Jika Anda mencetak dan menerbitkan secara mandiri, maka artinya Anda juga harus mengurus ISBN secara mandiri.

Syarat dan ketentuan agar bisa mendapatkan nomor standarisasi ini bisa Anda dapatkan di situs Perpustakaan Nasional atau perpusnas. Hal ini mengingat perpusnas RI adalah lembaga yang ditunjuk untuk mengurusi semua perihal buku dan penerbitan, termasuk ISBN.

5.     Penentuan Kualifikasi dan Harga Buku

Dalam proses ini, maka Anda harus menentukan jenis kertas yang akan digunakan untuk buku Anda. Jenis kertas nantinya juga akan mempengaruhi harga cetak dan tentu saja harga buku. 

Untuk mempermudah keinginan Anda mencetak buku, maka Anda bisa menghubungi Only Print. Percetakan yang sudah terpercaya dan pastinya mampu membantu Anda dalam mewujudkan keinginan menghasilkan sebuah buku berkualitas.

About Pher jaya

Check Also

Jember dan Pabrik Tas Selempang Wanita Terpercaya.

Pabrik Tas Terpercaya CV Karya Bintang Abadi. Berpenampilan menarik tentu menjadi keinginan semua orang. Tidak …