Home / Games / 7 Game Sepak Bola Selain FIFA dan PES Wajib Main (Bagian 1)

7 Game Sepak Bola Selain FIFA dan PES Wajib Main (Bagian 1)

Sepak bola memang layak dijuluki olahraga sejuta umat. Hampir semua orang di seluruh dunia, terutama cowok, suka sama olahraga ini. Begitu juga di ranah video game. Enggak sedikit pengembang game yang berlomba-lomba buat Game Bola Android sekeren mungkin. Kenapa? Jawabannya, ya sebab memang pangsa pasarnya gede banget.

Saat ini ada dua pengembang besar yang menguasai game sepak bola. Mereka adalah EA Sports dan Konami. EA Sports adalah developer yang bikin game FIFA. Sedangkan Konami dikenal dengan Pro Evolution Soccer (PES) atau yang pernah populer dengan sebutan Winning Eleven.

Eits, game sepak bola bukan hanya FIFA dan PES, loh! Masih ada beberapa Game Bola lain yang enggak kalah keren. Jumlahnya juga enggak sedikit dan mungkin juga pernah lo mainin. Contohnya bisa lo lihat pada pembahasan di bawah ini.

1. World League Soccer 99 (SEGA, PC, PlayStation 1 – 1998)
Buat lo yang suka banget sama game sepak bola. Game garapan Silicon Dreams dapat jadi pernah lo mainin dulu pas awal zaman 2000-an. World League Soccer 99 bisa dibilang adalah salah satu pesain Winning Eleven di masanya. Grafis dan gerak pemainnya udah bisa dibilang cakep banget buat ukuran game jadul.

Biasanya, di setiap serinya mereka ngelibatin satu pemain kelas belajar dunia seperti Michael Owen untuk dongkrak popularitas. Sayangnya, game ini enggak punya lisensi resmi. Makanya nama pemainya diganti memakai nama plesetan. Misalnya seperti nama David Beckham yang dirubah jadi Becker.

2. FIFA Street 2012 (PS3, Xbox 360 – 2012)
Rasanya agak mustahil bila ada penyuka game sepak bola yang enggak suka sama FIFA Street. Walau konsepnya adalah sepak bola jalanan dan hanya mainin pertandingan lima lawan lima, tetep aja game ini racun buat lo yang suka sepak bola freestyle. Bagaimana enggak, yang jadi keunggulan dari FIFA Street memang atraksi khas sepak bola freestyle seperti jugling.

Menariknya, setiap pemainnya juga punya gaya dan ‘jurus’ masing-masing. Makanya, rasanya ingin mainin game ini terus untuk mengeksplorasi dan menyaksikan atraksi menarik dari tiap pemain. Berkat lisensi sah dari FIFA, game ini nampilin nama-nama pemain sepak bola sungguhan yang tenar kaya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

3. Super Shot Soccer (PS1 – 2002)
Super Shot Soccer jadi salah satu game yang tidak boleh dilewatin di zaman keemasan PS1 dulu. Buat lo yang suka berfantasi dengan sepak bola, game ini wajib banget lo mainin. Super Shot Soccer nampilin permainan sepak bola dengan jurus-jurus super yang dapat lo pakai buat naklukkin gawang lawan. Salah satu teknik yang terkenal adalah jurus tendangan jarak jauh yang dikuasai Brazil atau teknik badai pasir yang dipunyai Arab Saudi

FYI, Super Shot Soccer diluncurkan seiring dengan perayaan Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. Jadi, kesebelasan yang bisa lo mainkan juga berjumlah 32, sama dengan kesebelasan yang masuk ke Piala Dunia tahun itu.

4. Captain Tsubasa J: Get In The Tomorrow (PS1 – 1995)
Di samping dikenal dengan anime dan manga-nya, waralaba Captain Tsubasa juga terjun ke dunia video game. Pada 1995, Bandai merilis game Captain Tsubasa J: Get In The Tomorrow. Game ini adalah kepanjangan tangan dari cerita Tsubasa Oozora dan kawan-kawan di anime. Makanya, game ini juga bergaya sinematis dengan penekanan di aspek naratif.

Game ini juga disukai banyak kalangan, terutama penggemar Captain Tsubasa. Sebab, kesebelasan dan jagoan yang bisa lo gunakan dalam game ini adalah tim-tim dari anime Captain Tsubasa. Mekanisme gamenya juga buat pemainnya terkenang akan aksi luar biasa dan imajinatif yang selama ini hanya bisa disaksikan di layar kaca.

5. Adidas Power Soccer (PS1 – 1995)
Salah kalau lo pikir Adidas cuma buat ragam produk olahraga seperti sepatu atau jersey. Soalnya, pada 1995 Adidas bareng publisher game Pygnosis mengeluarkan game sepak bola berjudul Adidas Power Soccer.

Untuk menarik minat gamer, Adidas memasukkan fitur-fitur canggih di dalam game sepak bola garapannya. Lo bisa memainkan dua mode, yakni mode arcade dan simulation. Di mode arcade, mekanisme gameplay-nya nyaris sama dengan Super Shot Soccer dengan ragam teknik dan kekuatan spesial. Sedangkan mode simulation lebih terasa seperti bermain sepak bola sesungguhnya.

Di samping itu, game ini juga punya keunggulan dari aspek desain suara. Lo akan memperhatikan suara gemuruh pemirsa yang terasa nyata layaknya berada di suatu pertandingan sepak bola beneran.

6. Football Manager Series (Multiplatform)
Semuanya mengenai taktik. Kalimat berikut yang mungkin sesuai buat gambarin seri game sepak bola superkeren ini. Lo enggak akan diminta gerakin pemain buat cetak gol. Lo hanya disuruh beranggapan buat nentuin taktik permainan kesebelasan lo.

Yap, sesuai namanya, di Football Manager lo berperan layaknya seorang pelatih atau manajer kesebelasan sepak bola. Lo yang bertanggung jawab buat beli pemain sampai atur formasi. Makanya, game ini juga akan sesuai banget buat lo yang suka banget mikirin taktik dan strategi sepak bola. Dijamin, deh. Setelah main game ini, lo pasti makin ngerti bagaimana sulitnya seorang pelatih berkerja.

7. Virtua Pro Football (PS2 – 2006)
Baru denger nama Virtua Pro Football? Memang, sih, namanya cukup asing di Indonesia. Akan tetapi, game ini malah booming banget di Jepang. Game produksi SEGA ini dikenal punya grafis yang bagus banget. Bahkan, kualitasnya bisa dibilang setara sama FIFA dan PES. Saking kerennya, sejumlah media di jepang bahkan nyebut jika game ini dapat menyaingi PES.

Namun sayang beribu sayang, Virtua Pro Football dirasakan cuma jago kandang. Game yang di¬-endorse sama Roberto Baggio ini kurang bercahaya di pasar Internasional. Padahal, game ini dirasakan lebih realistis dari FIFA dan PES secara gameplay. Contohnya aja kayak fitur Master League-nya yang mengisahkan kehidupan individu tiap atlet. Keren banget, kan?

Harus diakui, tujuh game sepak bola di atas pamornya memang masih belum dapat menyaingi FIFA dan PES. Akan tetapi, bukan berarti game-game di atas enggak layak bua dimainin. Beberapa game di atas malah punya fitur menarik yang enggak bisa lo temukan di FIFA dan PES. Tentunya fitur-fitur khas itu bisa jadi magnet yang akan narik lo buat mainin gamenya, kan?

Oh, iya, masih ada beberapa game sepak bola canggih selainvFIFA dan PES yang bisa lo mainin. Lihat pembahasan berikutnya, ya!

About Pher jaya