Home / Cleaning Service / Cara Membersihkan Karpet Treadmill Elektrik dari Debu dan Sisa Pelumas

Cara Membersihkan Karpet Treadmill Elektrik dari Debu dan Sisa Pelumas

Membersihkan alat gym memang terbilang rumit. Salah satu bagian yang tak mudah dibersihkan adalah karpet treadmill. Jika cara membersihkan karpet treadmill kurang tepat, maka akan mengakibatkan kerusakan.

Gaya hidup sehat akhir-akhir ini membuat banyak masyarakat memilih untuk membeli alat olahraga pribadi. Sehingga olahraga dapat dilakukan di rumah dengan waktu yang lebih fleksibel. Salah satu jenis alat olahraga yang banyak dipilih adalah treadmill. Alat ini mudah digunakan. Selain itu juga mampu membakar kalori yang tinggi dalam waktu singkat.

baca juga: cuci karpet tangerang selatan

Sayangnya masih banyak pemilik yang belum paham cara merawatnya. Padahal perawatan adalah kunci utama untuk menjaga treadmill tetap awet dan berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana cara merawat treadmill yang benar?

Bersihkan Karpet Treadmill Secara Berkala

Seringkali diabaikan, padahal membersihkan karpet treadmill elektrik sangatlah penting. Karpet yang jarang atau bahkan tak pernah dibersihkan akan berjamur. Seperti yang diketahui, karpet pada treadmill memiliki cara kerja seperti rantai. Yang akan terus berputar saat digunakan. Jika tak dirawat maka akan cepat rusak.

Pernahkah menemukan karpet treadmill yang bergeser? Jangan terburu-buru memanggil teknisi. Karena dalam kondisi sederhana masih bisa diatasi sendiri. Cara menyetel karpet treadmill cukup sederhana.

baca juga: cuci karpet tangerang

Pertama kendurkan baut pada cover roller. Setelah itu, lihat bagian karpet yang bergeser dalam posisi miring. Biarkan karpet bergerak dan amati secara seksama. Jika sudah menemukan titiknya, geser karpet secara perlahan. Ketika posisinya sudah dirasa tepat, segera kencangkan kembali baut pada cover roller.

Seperti benda pada umumnya, kotoran yang menempel pada treadmill juga perlu dibersihkan. Salah satu bagian treadmill yang sedikit rumit cara membersihkannya adalah karpet. Untuk membersihkannya cukup dengan mengendurkan baut pada cover roller dengan kunci L.

Jika karpet sudah dalam kondisi kendur, mulai lap bagian dalam karpet dengan kain basah atau kanebo. Ulangi hal yang sama pada permukaan luar karpet untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel.

Gunakan Pelumas Yang Tepat Agar Tak Meninggalkan Endapan

Menjaga pelumas pada alat treadmill juga tak kalah pentingnya lho. Pelumas berfungsi untuk menjaga agar karpet dapat berputar dengan baik sesuai fungsinya. Pemberian pelumas tak boleh terlalu sering karena akan mengganggu fungsi cakram pada karpet treadmill. Sebaliknya pemberian pelumas yang terlalu jarang juga akan merusak karpet.

Untuk mengetahui waktu pemberian pelumas karpet treadmill yang tepat adalah dengan menyentuh bagian kayu pada dek. Jika sudah terasa kering, tandanya sudah perlu ditambah pelumas.

Pelumas yang digunakan pun tak bisa sembarangan. Jangan gunangan oli atau minyak goreng. Karena dapat meninggalnya semacam lemak endapan yang dapat merusak treadmill. Sebaiknya gunakan pelumas mesin jahit yang lebih aman untuk treadmill. Atau gunakan pelumas khusus treadmill yang sudah banyak dijual secara online.

Alat gym akan lebih awet jika cara membersihkan karpet treadmill dilakukan dengan tepat.  Selain itu jangan simpan treadmill pada ruangan yang lembab. Karena dapat menyebabkan jamur pada karpet.

About Pher jaya

Check Also

Cara Membersihkan Noda Karpet

Cara Membersihkan Noda Karpet yang Simple Menggunakan Sabun Cuci Piring

Noda sepatu atau tumpahan kopi rentan mengotori karpet. Lalu, bagaimana cara membersihkan noda karpet agar …