Home / Uncategorized / 5 Startup Indonesia Yang Menjadi Unicorn

5 Startup Indonesia Yang Menjadi Unicorn

Kamu tahu tidak jika OVO sekarang ini telah resmi menjadi Startup Unicorn yang kelima di Indonesia? Lalu Startup apa saja yang menjadi unicorn Indonesia yang kesatu hingga keempatnya? Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini 5 Startup di Indonesia yang menjadi Unicorn diantaranya yaitu :  

Go – Jek

Go – Jek merupakan perusahaan transportasi online yang meyandang gelar Unicorn pertama di Indonesia. Go – Jek yang didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010 ini telah berhasil menjadi Startup Unicorn pertama pada Agustus 2016.

Sekarang Go – Jek sendiri telah memiliki nilai valuasi sebesar USD 10 milira atau sekitar 140 triliun rupiah. Go – Jek untuk pertama kalinya mendapatkan dana dari NSI Ventures, setelah itu mendapatkan dana dari Sequoia Capital dan DST Global. 

Tetapi tidak hanya sampai disitu saja, karena Go – Jek kembali mendapatkan suntikan dana dari KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, Capital Group Private markets yang menghantarkan Go – Jek bisa menyabet gelar Unicorn.

Selain itu juga Go – Jek masih mendapatkan kuncuran dana dari Google, Astra, dan Global Digital Niaga yang merupakan anak dari perusahaan Djarum. 

Terakhir Go-jek juga mendapatkan kucuran dana dari fondation group sehingga tidak hanya unicorn namun telah mendapatkan gelar decacorn juga.

Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan marketplace yang menjadi Unicorn kedua di Indonesia. Tokopedia didirikan pada 6 Februari 2009 lalu oleh William Tanuwijaya. Dan pada tahun 2017, Tokopedia diresmikan menjadi Startup Indonesia kedua. Untuk bisa mencapai level Unicorn, Tokopedia membutuhkan waktu selama 8 tahun. 

Sekarang Tokopedia memiliki nilai valuasi sebesar USD 7 miliar atau sekitar 98 triliun rupiah. Suntikan dana pertamanya didapatkan dari PT. Indonusa Dwitama, lalu ditahun berikutnya mendapatkan dana kembali dari East Ventures, Cyber Agent Ventures, Net Price, dan juga SoftBank Ventures Korea. Selain itu juga Tokopedia didanai oleh Sequoia Capital dan SIM1. Dan Tokopedia ditahun 2017 lalu mendapatkan suntikan dana kembali dari Alibaba hingga akhirnya menghantarkannya menjadi startup level unicorn. 

Traveloka merupakan perusahaan yang berfokus kepada bidang pembelian tiket pesawat dan hotel secara online. Traveloka didirikan oleh Derianto Kusuma, Ferry Unardi, dan Albert Zhang pada tahun 2012. Dan pada tahun 2017 lalu, Traveloka resmi menjadi Startup Unicorn tepat 5 tahun setelah perusahaan tersebut dirilis. Sekarang Traveloka memiliki nilai valuasi sebesar USD 2 miliar atau 28 triliun. Dimana dana pertamanya diperoleh dari East Ventures, lalu pada tahun 2013 mendapatkan dana kembali dari Global Founders Capital. 

Traveloka

Lalu mendapatkan dana kembali dari Sequoia Capital, JD.com, dan Hillhouse Capital pada tahun 2017. Pada Juli 2017 Traveloka mendapatkan dana kembali dari Expedia sehingga menghantarkannya menjadi startup unicorn. 

Bukalapak

Bukalapak merupakan situs marketplace yang didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky. Secara resmi Bukalapak menjadi startup unicorn yang keempat di Indonesia pada tahun 2017, tepat setelah 7 tahun perusahaan tersebut dirilis. Memiliki nilai valuasi sekitar USD 1 miliar atau sekitar 14 miliar rupiah. Dimana modal pertamanya didapatkan dari Batavia Incubator pada tahun 2011, dari GREE Ventures tahun 2012, dan dari IMTEK tahun 2015.

OVO

Dan tahun 2019 ini, OVO resmi menjadi Unicorn kelima di Indonesia. OVO sendiri merupakan perusahaan bentukan dari Lippo Group yang beroperasi untuk pertama kalinya pada November 2017 lalu. Nilai valuasi yang dimilikinya sebesar USD 20,9 miliar atau setara dengan 40,6 triliun rupiah. OVO mempublikasikan jika mereka telah mendapatkan bantuan dana dari Tokyo Century. 

Sekarang kamu sudah tahu kan Startup apa saja yang telah menyandang gelar Unicorn di Indonesia?

Bagi kalian yang memiliki usaha tentu masih sangat berpeluang untuk mendapatkann dana tambahan dari investor, karena sekarang ini sedang maraknya perusahaan venture capital di Indonesia atau biasa disingkat VC Indonesia, sebut saja AlphaJWC dll.

About Pher jaya

Check Also

mesin ro 500 gpd

Yuk Mengenal Fungsi Dan Harga Mesin RO 500 GPD

Fungsi Dan Harga Mesin RO 500 GPD Air memegang peranan vital dalam kehidupan. Tidak hanya …