Home / Uncategorized / Proses – Proses Yang Dilakukan Saat Purifikasi Oli Trafo

Proses – Proses Yang Dilakukan Saat Purifikasi Oli Trafo

purifikasi trafo

Trafo merupakan salah satu alat yang sangat penting bagi semua orang untuk kebutuhan kelistrikan. Dengan adanya trafo ini, kita dapat merasakan manfaatnya dalam kelistrikan di setiap rumah. Seperti halnya mesin – mesin lain, trafo yang digunakan secara terus menerus akan mengalami penurunan fungsi dan juga performa. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kualitas trafo ketika digunakan.

Penurunan fungsi atau performa trafo ini biasanya dipengaruhi oleh pencemaran oli atau adanya penurunan kualitas oli, yang kemudian menyebabkan terjadinya penurunan secara keseluruhan, baik itu secara elektrik, fisik, dan juga pada komposisi kimianya. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kualitas minyak yang ada pada trafo ini mengalami penurunan, diantaranya karena adanya oksidasi antara bahan minyak dengan bahan isolasi kawat, kontaminasi minyak dengan kotoran, gas, udara, dan debu. Maka dari itu, dibutuhkan adanya purifikasi oli atau pemurnian minyak yang ada pada trafo. Purifikasi sendiri merupakan proses perbaikan kualitas minyak yang dilakukan dengan cara disirkulasi dengan menggunakan alat khusus. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai proses – proses yang dilakukan saat purifikasi oli trafo. Simaklah penjelasannya berikut ini :

Metode Yang Digunakan Saat Purifikasi Oli Trafo

Secara garis besar, purifikasi oli trafo ini dilakukan dengan cara mensirkulasi oli yang nantinya akan dipurifikasi. Prosesnya yaitu dengan menyedot oli kedalam alat purifikasi supaya dapat dimurnikan. Kemudian oli yang sudah bersih tersebut nantinya akan dipompa untuk dapat dimasukkan lagi kedalam transformator. Terdapat 2 metode proses purifikasi trafo, diantaranya :

  • Metode on line

Purifikasi dilakukan saat trafo dalam keadaan sedang bekerja (terdapat aliran listrik) atau sedang on line

  • Metode off line

Purifikasi dilakukan dengan cara off line atau saat trafo sedang tidak digunakan atau aliran listriknya sedang diputus

Proses – Proses Yang Dilakukan Saat Purifikasi Oli Trafo

Terdapat beberapa tahapan proses yang perlu dilakukan untuk dapat melakukan purifikasi pada oli trafo. Proses – proses tersebut diantaranya :

  • Pemanasan

Proses pertama yang perlu dilakukan saat purifikasi oli trafo adalah pemanasan. Hal ini dilakukan dengan cara memanaskan oli trafo secara terus menerus dalam suhu yang konstan. Proses ini perlu dilakukan agar air dan minyak dapat terpisah dengan baik. Ketika oli trafo dipanaskan, air akan mengalami penguapan dan oli akan tetap pada komposisi semula. Pemanasan ini juga dapat membantu menguraikan asam yang ada pada oli tersebut.

  • Pengkabutan

Proses selanjutnya adalah pengkabutan. Proses pengkabutan ini dilakukan agar oli dan uap air dapat terpisah dengan baik. Setelah itu, perlu dilakukan pemvakuman dengan menggunakan tekanan sebesar 0,8 bar agar kandungan asam yang ada dapat terpisah.

  • Penyaringan

Proses terakhir yang perlu dilakukan adalah proses penyaringan. Setelah melewati proses pemanasan dan pengkabutan, oli trafo perlu disaring dan kemudian dipadatkan. Proses pemadatan ini dilakukan untuk mencegah adanya gelembung udara pada oli trafo. Oli yang sudah dibersihkan ini kemudian disalurkan kembali ke dalam trafo.

Itulah beberapa proses yang perlu dilakukan saat purifikasi oli trafo. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, sampai jumpa di kesempatan – kesempatan berikutnya !

About Pher jaya

Check Also

Cara Budidaya Sapi Limosin yang Mudah dan Baik

Sapi limosin adalah sapi yang banyak disukai oleh para peternak. Apa alasannya? Karena sapi jenis ini berperawakan …