Home / Kuliner / Cara Membuat Cakwe Sederhana Asin Gurih

Cara Membuat Cakwe Sederhana Asin Gurih

Halo kawan-kawan semuanya, Di kesempatan dan pada artikel saya kali ini, saya ingin berbagi dengan kawan-kawan semua semua cara membuat cakwe sederhana, biasanya kawan-kawan sekalian cuma makan cakwe kan? Dengan artikel ini, diharapkan bisa membantu teman-teman membuat cakwe goreng sendiri.

Selain itu, kalian semua juga jangan khawatir tidak bisa mengikutinya karena tentu saja dalam artikel ini sobat dapat dengan mudah mengikuti tahap-tahapannya. Jadi kawan-kawan semua bisa membuat cakwe goreng yang banyak.

Tapi sebelum saya mendalami cara membuat cakwe goreng, saya ingin sedikit membahas tentang cakwe goreng ini. Agar sobat tidak hanya bisa membuat cakwe, tapi juga memiliki wawasan tentang cakwe goreng ini.

Tanpa perlu ada lagi kata serta basa-basi lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai cakwe ini.

Cakwe

cara membuat cakwe sederhana

 

Cakwe goreng adalah makanan ringan yang termasuk jajanan yang berasal dari Cina. Makanan ini awalnya bisa tercipta dari tragedi sejarah kuno, yang dapat dibilang cukup gelap. Cakwe lahir dan hadir sebagai bentuk protes masyarakat publik terhadap Kekaisaran pada masa Dinasti Song.

Meski awal terlahirnya jajanan cakwe ini cukup kelam, cakwe goreng ini sebenarnya dapat dikatakan sangat populer. Selain itu, makanan ini juga tersebar di berbagai negara lain dengan nama serta rasa sesuai khasanah negara tersebut. Hal tersebut terjadi karena banyak orang Tionghoa yang merantau serta menyebarkan makanan ini.

Di negara asalnya, makanan ini lebih sering dikenal Kue Youtiao dan pastinya dengan penyajian yang berbeda. Jajanan cakwe ini juga umumnya disantap dengan bubur panas.

Cara Membuat Cakwe Sederhana

cara membuat cakwe sederhana

 

Setelah berbicara sedikit tentang cakwe di bagian sebelumnya, sekarang saatnya saya membahas cara membuat cakwe sederhana. Pembahasan resep ini tentu yang anda tunggu-tunggu bukan? Hehe.

Langsung saja, tanpa perlu ada banyak kata serta juga basa-basi lagi. Berikut cara membuat cakwe sederhana asin gurih.

Bahan-bahan :

2 sendok teh ragi instan (merk apapun)
220 ml air
minyak secukupnya
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh baking powder (merk apapun)
1 sendok teh garam halus
1 siung bawang putih
250 gram tepung protein sedang (merk apapun)
50 gram tepung terigu protein rendah (merk apapun)

Bahan untuk membuat saus :

1/2 sendok teh garam
1 sdm saus tomat botolan (bisa menggunakan merk apapun)
1 sdm saus sambal botolan (bisa menggunakan merk apapun)
1 siung bawang putih (dihaluskan)
1 sendok teh tepung maizena (bisa menggunakan merk apapun)
3 sdm gula pasir

Langkah pembuatan :

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh kawan-kawan sekalian yakni mencampurkan ragi instan yang sudah disiapkan bersamaan dengan air dan diamkan larutan tersebut selama beberapa saat.
  2. Kemudian, dilanjutkan dengan mencampurkan semua bahan kering yang sudah disiapkan sebelumnya dengan bawang putih dan lanjutkan dengan larutan ragi yang sudah jadi serta disiapkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, lakukan pengadukan adonan hingga kalis. Kemudian tutup adonan dengan kain apapun dengan waktu selama kurang lebih 12 – 15 menitan.
  4. Kemudian, lanjutkan dengan mengaduk dan menguleni adonan lagi, bentuk bola dan tutup dengan kain selama kurang lebih 6 jam, hal ini akan membuat nantinya adonan mengembang.
  5. Langkah selanjutnya yakni, menaburi tepung di atas roller board atau papan penggilingan dan giling adonan yang sudah jadi tadi sampai setebal kira-kira 0,5 cm. Dilanjutkan dengan mempotong-potong adonan menjadi kira-kira berukuran 4×10 cm.
  6. Selanjutnya, taburi dengan sedikit tepung lagi dan tumpuk adonan tadi sampai menjadi 2 tumpukan. Selain itu juga, pastikan untuk mencubit-cubit bagian tengah dari adonannya agar tidak menyatu sepenuhnya.
  7. Kemudian dilanjutkan dengan membuat dan membentuk adonan menjadi agak melar dari sebelumnya.
  8. Selanjutnya goreng adonan tadi di dalam minyak yang panas sampai berwarna kekuningan.
  9. Cakwe sudah jadi, tetapi kita belum membuat sausnya. Untuk membuat sausnya, kalian perlu merebus saus sambal, saus tomat, garam, gula, tomat dan bawang putih bersamaan di dalam air yang panas.
  10. Kemudian dilanjutkan dengan menuang tepung maizena yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan 2 sendok makan air, dan masak hingga berbuih dan bergelembung.
  11. Setelah sausnya tadi siap, cakwe goreng bisa disajikan dan disantap bersama kuahnya.

Itulah tadi artikel tentang cara membuat cakwe sederhana dan hal yang berkaitan dengan cakwe, semoga artikel yang saya buat kali ini dapat membantu kawan-kawan semua yang sedang mencari atau tertarik dengan kue cakwe.

Oh ya, jangan lupa kunjungi dan baca juga artikel lainnya di situs ini ya!, sampai jumpa di kesempatan dan artikel yang berikutnya ya!.

About Pher jaya

Check Also

usaha keripik basreng

Usaha Keripik Basreng Bagi Pemula Yang Mudah

Usaha keripik basreng atau bakso goreng masih menjanjikan. Bisa dilihat seberapa banyak masyarakat yang menggemari …