Home / Konstruksi / Manfaat Guiding Block Untuk Jalur Disabilitas

Manfaat Guiding Block Untuk Jalur Disabilitas

Untuk disabilitas untuk dapat berjalan dengan aman dan nyaman di tempat-tempat yang ramai tentunya memerlukan pemandu spesial yang dapat menunjang apa yang mereka butuhkan. Misalnya jalan untuk disabilitas yang sering disebut dengan sebutan Guiding block.

Guiding block adalah media bantu yang digunakan untuk membantu memandu Tunanetra menjumpai jalan yang tepat dan aman agar dapat terhindar dari kondisi berbahaya atau yang tidak diinginkan lainnya.

Guiding block atau paving guiding block berbentuk ubin keramik yang diatasnya disertai permukaan bertekstur yang memiliki pola yang mempunyai makna dan fungsi untuk bisa menuntun para disabilitas. Bentuk pola pada guiding block atau tactile paving guiding block bisa dikelompokkan menjadi dua bentuk pola, di antaranya yaitu guiding block dengan pola garis-garis lurus dan titik-titik bulat.

Guiding block dengan memiliki pola bulatan-bulatan kecil yang disebut dengan Tactile Guiding Block Spot yang memiliki makna “BERHENTI”. Bentuk pola ini menjadi pemandu pada jalan bagi Tunanetra agar menyadari pada tempat mana mereka harus berhenti melangkah atau adanya peringatan mengenai perubahan situasi jalan.

Guiding block dengan bentuk pola berupa garis-garis lurus yang dikenal dengan Line Type yang memiliki makna “BOLEH BERJALAN”, bentuk pola ini memberitahukan kepada para orang buta (tunanetra) bahwa tetap bisa berjalan di jalur khusus difabel tersebut, dengan begitu mereka berada pada jalan yang tepat dan tidak kehilangan arah.

Guiding block atau tactile paving guiding block ini seringnya diterapkan di jalan fasilitas umum, contohnya saja di jalur Bank, Stasiun,Terminal, dan lokasi-lokasi lainnya. Pada tempat-tempat di luar gedung pun juga sudah banyak yang dipasangi guiding block atau tactile paving guiding block.

Untuk wilayah luar ruangan mungkin kita akan sering menemukan Guiding block atau tactile paving guiding block ini pada taman, trotoar, area sekitar tangga, dan sebagainya.

Pemasangan guiding block ini terkadang diletakkan secara berjajar rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalur yang dipasangi paving guiding block ini seringnya di jalan mengarah tangga, jalur yang menghubungkan antara gedung dan jalan, jalan ramai kendaraan, dan lain sebagainya.

Guiding block atau tactile paving guiding block ini di telah banyak negara yang sudah mengharuskan untuk melakukan pemasangan guiding  block, selain berfungsi untuk menuntun penyandang disabilitas, pemasangan guiding block ini juga bermanfaat untuk memperindah tatanan kota.

About Pher jaya

Check Also

Cara Kerja Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile

Seperti kita ketahui bahwa jenis Geotextile dibagi menjadi dua, Geotextile non woven dan Geotextile Woven. …