Home / Uncategorized / Buat CV Lamaran Kerja Milikmu Lebih Menarik

Buat CV Lamaran Kerja Milikmu Lebih Menarik

CV merupakan aspek penting dalam lamaran kerja untuk menarik dan memikat HRD. Karena Desain CV menarik menunjukkan informasi, kualifikasi, dan menunjukkan sisi kelebihan anda dibanding pelamar lain. CV dapat memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi kompetensi pelamar kerja.

CV biasanya diisi dengan kemampuan serta komptensi yang Anda miliki, didalamnya termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kerja. Dengan adanya cv, profil dan garis besar kehidupan anda akan tergambarkan secara singkat. Hal ini menjadi referensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancarai anda.

Akan tetapi, sering sekali surat lamaran kerja tidak dibaca dengan seksama, bahkan tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV kurang menarik. Lantas, bagaimana cara membauat CV yang menarik untuk pemula?

Melalui artikel ini, yuk kita simak bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik HRD dan memiliki nilai jual walaupun anda masih pemula atau fresh graduate.

Baca artikel ini sampai selesai, karena diakhir artikel saya akan memberikan contoh CV menarik. Dengan template tersebut anda tidak akan repot lagi memikirkan desain menarik.

 

 cara membuat CV Menarik untuk Pemula

Berikut ini 5 cara membuat curriculum vitae yang menarik bagi anda pemula dan fresh graduate. Silahkan coba praktekkan dan buktikan sendiri.

 

1. JOB Research (Cari Lowongan Kerja yang cocok dengan Anda)

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum membuat CV adalah mencari informasi secara detail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan anda lamar.

Anda harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kompetensi yang anda minati. Anda dapat mencari inforamsi via online atau bertanya kepada teman dan kenalan anda.

Catatlah semua informasi yang berkenaan dengan segala persyaratan pelamar seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan dan keahlian, usia, bahkan tak jarang pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja.

Tak hanya itu, anda juga perlu mencari informasi mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan. Dengan bermacam informasi yang ada, anda dapat menyaring perusahaan mana yang akan anda kirimkan surat lamaran kerja beserta CV.

 

2. Mengenal Isi CV secara Umum

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui isi CV secara umum, namun bagi para pemula atau fresh graduate, informasi ini bisa sangat menolong karena dapat memberi gambaran besar akan riwayat hidup anda.

Perhatikan penyusunan tulisan, usahakan berurut agar tidak membingungkan pembaca CV anda terutama HRD yang akan menilai kualitas CV anda.

Tujuan dari pengenalan isi cv ada dua, pertama supaya anda dapat menyusun CV secara benar dan tidak menyalahi aturan. Kedua, anda dapat menambahkan sesuatu yang bernilai yang tidak dimiliki CV pada umumnya.

Contohnya Anda menambahkan ikon atau gambar menarik seperti media sosial, hal ini akan menjadi nilai tambah. Ini juga menjadi pembeda antara orang yang tahu cara membuat CV yang benar atau tidak.

Berikut adalah Isi dan konten CV secara umum, sekurang-kurangnya CV harus mengandung unsur-unsur berikut ini:

 

-Identitas Diri: nama lengkap (beserta title, jika lulusan Perguruan Tinggi),tanggal dan tempat lahir, alamat, nomor telepon, alamat, dan email.
-Pendidikan: Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
-Personalitas: Gambaran singkat tentang diri Anda.
-Keterampilan / Kecakapan: keterampilan atau keahlian yang anda miliki.
-Proyek/Pengalaman Kerja: Hal yang sudah pernah anda kerjakan sebelumnya. Bisa juga penghargaan yang pernah anda terima.
-Training/Pelatihan Terbaru: pelatihan yang pernah anda ikuti dengan rentan waktu 2-3 tahun terakhir.
-Informasi lain tentang diri anda: hobi, pengalaman organisasi yang pernah diikuti serta hal lain tentang diri anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Setelah mengetahui unsur-unsur yang ada pada sebuah CV, sekarang anda bisa lanjut ke cara membuat CV dibawah ini.

 

3. Membuat CV yang menarik dan kreatif

Cara membuat CV yang menarik adalah keserasian antara isi dan desain yang digunakan. Buatlah desain yang mudah untuk dibaca, minimalis, elegan dan layout yang rapih.

Ada banyak contoh desain atau format CV yang bisa anda pilih. Salah satunya lewat situs pembuat CV, anda bisa lihat di 9 Website Untuk Membuat CV yang Menarik.

Ketika anda sudah memilih template CV yang tepat, hal pertama yang harus anda tulis didalamnya harus sesuai dengan garis besar pada langkah nomor 2 diatas adalah.

Sertakan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, nomor hp, email, dan jangan lupa untuk menyertakan pas photo terbaru anda.

Tuliskan Jenjang Pendidikan yang sudah anda selesaikan. Lengkap dengan tahun masuk dan kelulusan.
Deskripsikan secara singkat, padat dan jelas mengenai karakter anda serta nilai-nilai kehidupan yang anda junjung.
Deskripsikan juga keterampilan atau skill yang anda punya, terutama yang berkaitan dengan sasaran pekerjaan anda. Tuliskan soft skill maupun hard skill yang anda miliki.

Hard skill merupakan keterampilan utama yang diperlukan dalam pekerjaan. Contoh dari Hard skill adalah mahir bahasa inggris, mahir komputer, mahir kelistrikan, dsb.

Soft skill sendiri adalah bakat tersembunyi dari anda yang berbentuk kepribadian yang mampu mempengaruhi hubungan interpersonalnya di tempat kerja. Contoh soft skill seperti jiwa kepeimpinan, dapat memecahkan masalah, dapat berkja secara tim, ulet, dsb.

Anda dapat menggambarkan tingkat keahlian (skill) anda dengan grafik atau persentase, bisa juga anda buat pilihan pemula, medium atau expert dengan grafik dan diagram. Dengan begitu CV anda akan menjadi CV yang menarik dan kreatif.

Apabila anda pernah bekerja sebelumnya, tuliskan pengalaman kerja anda. Jika anda punya perstasi dan pencapaian selama masa kerja dulu, silahkan tulis. Hal ini menjadi nilai tambah pada diri anda dan akan jadi pertimbangan khusus oleh HRD. Jangan lupa untuk melampirkan bukti-bukti berupa sertifikat atau surat-surat lainnya.

Jika anda masih pemula atau fresh graduate, silahkan tuliskan pengalaman anda magang dulu saat sekolah atau kuliah, prestasi anda saat sekolah atau kuliah, serta jejak dan keikutsertaan anda dalam organisasi bahkan pencapaian-pencapaian yang pernah anda raih. Jangan lupa untuk melampirkan bukti-bukti berupa sertifikat atau surat-surat lainnya.

Bagi anda yang masih pemula, fresh graduate bahkan yg sudah punya pengalaman, anda juga bisa menuliskan berbagai pelatihan yang pernah anda ikuti yang dapat menambah skill.

 

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …