Home / Cream cheese / Cara Buat Cream Cheese Untuk Minuman

Cara Buat Cream Cheese Untuk Minuman

Cara Buat cream cheese untuk minuman sangat cocok di hidangkan untuk keluarga anda saat sedang bersantai di rumah, selain rasanya yang enak cream cheese juga mempunyai manfaat untuk kesehatan loh…

Manfaat Keju

Cara Buat Cream Cheese Untuk Minuman

1. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat keju yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang. Kalsium yang terdapat dalam keju memainkan peran yang penting dalam pembentukan gigi. Selain itu, makan keju juga dapat meningkatkan tingkat pH dalam plak gigi dan memberi perlindungan pada gigi berlubang.

2. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Para ilmuwan menemukan bahwa sifat antioksidan yang dimiliki keju bisa melindungi tubuh dari efek negatif. Suatu studi juga menunjukkan bahwa pembuluh darah orang yang mengonsumsi keju susu berfungsi lebih baik daripada orang yang mengonsumsi kue pretzel.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, protein, magnesium, zinc, vitamin A, D, dan K yang terdapat dalam keju dapat mendorong perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda. Selain itu, mengonsumsi keju juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Orang yang mengonsumsi lebih banyak keju, memiliki tekanan darah yang rendah. Kalsium dalam keju dapat membantu mengurangi tekanan darah.Akan tetapi, pilihlah keju yang rendah lemak dan natrium, seperti keju cottage atau parmesan. Sebab keju yang tinggi natrium dikhawatirkan malah membuat tekanan darah menjadi tinggi.

5. Baik untuk pencernaan dan kolesterol

Manfaat keju selanjutnya adalah membantu menjaga sistem pencernaan. Keju merupakan makanan fermentasi yang membantu meningkatkan bakteri baik di usus sehat. Hal ini baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, keju juga memiliki pengaruh positif terhadap kadar kolesterol darah.

6. Membantu kesehatan otak dan sistem kardiovaskular

Beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu sapi, mengandung asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut diyakini bermanfaat untuk kesehatan otak dan baik untuk sistem kardiovaskular.

7. Membentuk sel tubuh yang sehat

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein yang terkandung dalam keju pun dapat membantu membentuk sel tubuh yang sehat. Akan tetapi, jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas.

8. Membantu diet

Susu merupakan sumber kalsium dan potasium yang berguna sebagai mineral yang berperan penting menjaga tekanan darah. Selain itu, susu yang menjadi bahan dasar keju juga merupakan sumber protein yang dapat menjaga perut untuk tetap kenyang selama beberapa saat sehingga menghindari kemungkinan makan berlebih.

 

Apa Itu Cream Cheese?

Cream cheese atau yang juga dikenal dengan keju krim adalah salah satu jenis keju lunak yang memiliki tekstur mirip seperti mentega. Cream cheese ini dibuat dari 45% lemak susu sapi dan agak berbeda dari keju jenis lain, cream cheese ini tidak melalui proses pematangan. Karenanya, cream cheese sangat lunak dan mudah lumer. Selain itu, rasa cream cheese juga sedikit asam.

 

Cara Buat Cream Chees Untuk Minuman

Cara Buat Cream Cheese Untuk Minuman

Bahan – bahan buat cream cheese untuk minuman :

  • 200gr Keju cheddar, diparut
  • 3 sdm tepung maizenna
  • 300ml susu putih uht

Cara buat cream cheese untuk minuman :

  1. 1. Campurkan keju yang sudah diparut dengan susu putih, aduk hingga rata.
  2. 2. Atur api pada suhu sedang. Panaskan panci besar berisi air, taruh mangkuk atau panci kecil berisi campuran keju dan susu di atasnya.
  3. 3. Aduk hingga keju meleleh dengan susu kemudian tambahkan tepung maizena, aduk hingga rata dan cukup kental
  4. 4. Gunakan saringan untuk menyaring cream cheese hingga teksturnya halus dan creamy kental.
  5. 5. Cream cheese siap disajikan topping minuman favoritmu.

Bagai mana mudah bukan cara buat cream cheese untuk minuman? selain cara pembuatan yang mudah cream cheese juga mempunyai beragam manfaat loh… mari simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini ya!

 

Manfaat Cream Cheese

1. Meningkatkan kesehatan usus

cream cheese dibuat dengan menggunakan kultur dari bakteri laktat. Sebagian jenis bakteri ini adalah probiotik, yang merupakan bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pada usus dan mencegah peradangan pada usus.

beberapa spesies lactobacillud dapat mendukung sistem kekebalan dan mengurangi resiko respons peradangan. Kemudian, sebagian spesies lainnya juga dapat merangsang sistem kekebalan saat terkena infeksi.

Penelitian laiinya juga menyatakan bahwa parobiotik dapat memiliki efek yang baik untuk membantu penyembuhan penyakit radang usus atau oenyakit gangguan usus lainnya.

Karenanya, cream cheese juga di katakan dapat bermanfaat bagi orang orang yang memiliki gangguan peradangan tertentu, karena keefektifannya dalam mengurangi peradangan di tubuh. Meskipun begitu, penilitian terhadap manusia tetap masih sangat di butuhkan untuk lebih memastikan khasiat ini

3. Meningkatkan kekebalan dan menyehatkan mata

Dalam setiap porsi cream cheese, terkandung banyak vitamin A, yang merupakan vitamin esensial larut lemak dan di butuhkan di dalam tubuh. Diketahui vitamin A sangat baik untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Bahkan, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kondisi seperti rabun senja, gangguan penglihatan, hingga yang lebih parah yaitu kehilangan penglihatan atau di sebut juga mengalami kebutaan.

4. Tergolong aman untuk orang dengan intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi yang di perkirakan mempengaruhi 65% populasi global. Kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan bila pengidapnya mengonsumsi makan makanan yang mengandung laktosa dalam jumlah tertentu. Gejalanya melputi perut kembung, buang gas, diare.

Mengutip Healthiline, penilitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang dengan intoleransi laktosa dapat menoleransi sejumlah kecil laktosan kira kira sekitar 12 gram.

Cream cheese mengandung kurang dari 2 gram laktosa untuk setiap 28 gramnya, sehingga orang dengan iintoleransi laktosa mungkin tidak mengalami masalah menonsumsinya dalam jumlah terbatas.

5. Memiliki sifat antioksidan

Cream cheese juga memiliki kandungan antioksida yang sangat melimpah. Antioksida juga di butuhkan untuk melawan stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas, kadar radikal bebas terlalu tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel.

6. Keju krim sebagai alternatif mentega yang lebih sehat

Cream cheese memiliki kalori yang lebih rendah daripada mentega. Kandungan kalori mentega bisa dua kali lipat lebih banyak, begitu pula konsentrasi lemaknya.

Selain itu, mentega biasanya hanya terbuat dari krim, sementara cream cheese terbuat dari campuran krim, susu, dan beberapa bahan lainnya.

Cream cheese bisa dikatakan lebih sehat karena kandungan nutrisinya yang diperkaya kalsium, riboflavin, asam pantotenat, vitamin B6, dan tiamina.

7. Lebih mudah dicerna dan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan

Produk olahan susu ini merupakan salah satu makanan yang bebas gluten. Menurut Nutrition and You, cream cheese ini  dapat menjadi sumber protein, mineral, dan vitamin yang baik bagi orang-orang yang sensitif terhadap gluten atau memiliki penyakit seliak.

Keju krim juga dikatakan dapat lebih mudah dicerna karena proses pembuatannya. Selama proses penggumpalan, semua konstituen utama susu seperti laktosa, lipid susu, dan protein susu mengalami perubahan biokimia, sehingga keju krim lebih mudah dicerna.

Seperti keju dan susu pada umumnya, cream cheese juga merupakan sumber kalsium, fosfor, dan vitamin B yang baik. Oleh karenanya, cream cheese ini memiliki manfaat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tidak hanya itu, cream cheese juga mengandung protein yang kaya akan semua asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

cream cheese merupakan bahan yang serbaguna. Rasanya yang enak dan ringan cocok dipadukan dengan berbagai hidangan. seperti cream cheese untuk minuman, makanan.

 

 

About Pher jaya