Home / sari pel / Cara Membuat Minuman Sari Apel Yang Mudah Di Buat

Cara Membuat Minuman Sari Apel Yang Mudah Di Buat

Sari buah memang mempunyai kaya akan manfaat bagi tubuh, tak heran jika orang orang menyukai sari buah, selain mempunyai manfaat baik tak bisa di sangkal minuman sari buah juga mempunyai rasa yang enak, jadi pada kali ini kita akan memberitahu bunda di rumah cara membuat minuman sari apel untuk di sajikan pada keluarga di rumah…

Apa Itu Sari Buah?

Cara Membuat Minuman Sari Apel

Sari buah adalah salah satu  olahan buah-buahan yang telah lama di kenal masyarakat

Kandungan gizi yang tinggi, serta memiliki rasa yang menyegarkan, timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mendorong berkembangnya industri sari buah-buahan, sebagai pengganti minuman bersoda, kopi, atau teh.

Industri sari buah tropis berkembang pesat beberapa tahun terakhir ini, dengan laju mencapai 20% per tahunnya (Irian, 2005). Sari buah merupakan hasil dari pemeprasan atau ekstraksi buah yang sudah di saring. Pembuatan sari buah terutama di tunjukkan untuk meningkatkan ketahan simpan serta daya guna buah-buahan

Pembuatan sari buah dari tiap jenis buah, meskipun ada sedikit perbedaan tetapi prinsipnya tetap sama, yaitu dengan cara menghancurkan daging buah dan kemudian di tekan agar di peroleh sarinya. Gula yang di tambahkan agar mendapatkan rasa manis.

Sari buah adalah minuman ringan yang di buat dari sari buah dan tanpa tambahan gula  makanan yang di izinkan. keuntungan yang di dapat dengan mengonsumsi minuman sari buah atau jus yaitu mendapatkan kemudahan dalam menghabiskannya.

Selain itu, konsentrasi yang cair dari sari buah memungkinkan zat-zat terlarutnya mudah di serap oleh tubuh. Di buat sari buah, dinding sel selulosa dari buah akan hancur dan larut sehingga lebih mudah untuk di cerna oleh lambung dan saluran pencernaan pada tubuh.

 

Manfaat Buah Apel

Cara Membuat Minuman Sari Apel

1. Melawan Alzheimer

Salah satu manfaat apel yang dapat dirasakan adalah mampu melawan alzheimer yang dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang.

Kandungan quercetin pada apel adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak dari demensia pada hari tua. Selain itu, jus apel juga melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang berhubungan dengan Alzheimer.

2. Mencegah Kanker

Khasiat buah apel lainnya yang baik untuk tubuh kamu, yaitu mencegah kanker menyerang tubuh. Buah ini dapat mencegah pertumbuhan kanker, khususnya kanker payudara, paru-paru, lambung, dan usus besar. Selain itu, seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini juga dapat terlindungi dari kanker usus dan perut.

3. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat apel lainnya yang baik untuk kamu adalah menstabilkan gula darah di dalam tubuh. Banyak penyakit yang disebabkan oleh gula darah yang terlalu tinggi, salah satunya adalah diabetes. Dengan mengonsumsi apel, kandungannya memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa masuk ke aliran darah.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Disebutkan apabila salah satu khasiat dari buah apel adalah menurunkan risiko seseorang mengalami stroke. Seseorang yang mengonsumsi 200 gram buah yang kaya serat, termasuk apel, dapat menurunkan risiko terhadap stroke sebesar 32 persen.

Buah ini juga mampu menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap normal yang menyebabkan stroke jika mengalami gangguan.

5. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Jantung

Khasiat buah apel lainnya adalah mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Seseorang yang secara rutin mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan dampak baik bagi jantungnya.

Hal ini terjadi karena buah apel mengurangi sumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Kandungan dari apel juga mampu mencegah kolesterol menumpuk pada lapisan dinding pembuluh darah.

6. Membuat Paru-Paru Lebih Baik

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini membuat paru-parunya menjadi lebih baik. Khasiat dari buah apel ini mempunyai kandungan untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, vitamin C dari buah dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

7. Membantu Mengatasi Asma

Sebuah penelitian besar menemukan bahwa mereka yang banyak makan apel memiliki risiko yang rendah untuk terkena asma. Hal itu karena buah ini mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengatur respons imun dan melindungi dari asma.

 

Cara Membuat Minuman Sari Apel

Cara Membuat Minuman Sari Apel

  1. Dapatkan apel yang tepat. Sari apel terbaik memiliki keseimbangan antara rasa manis dan asam. Seringnya, produsen apel (yang biasanya akan membuat merek sari apel mereka sendiri) akan mencampurkan jenis-jenis apel yang berbeda untuk mendapatkan kombinasi yang tepat
  2. Pilih apel dari daftar di atas. Kunjungi kios buah-buahan segar terdekat, pasar buah, atau bagian buah-buahan di supermarket. Jika Anda lebih cenderung ke sari apel yang manis, gunakan rasio tiga bagian apel manis banding satu bagian apel asam. Atau untuk sari apel manis sedang, gunakan rasio “dua bagian apel manis dan satu bagian apel asam”. Jika Anda berniat membuat sari apel yang keras atau beralkohol, gunakan apel manis semua.
  3. Bersihkan apel secara menyeluruh. Potong setiap bagian yang memar atau rusak, dan hilangkan batang. Untuk membuat sari buah, tidak dianjurkan untuk menggunakan buah yang Anda sendiri tidak akan mau memakannya saat utuh sebagai buah. Jadi jika buah rusak dan Anda pun tidak mau memakannya seperti itu, jangan dijadikan sari buah.
  4. Bagi masing-masing apel menjadi empat bagian. Biarkan kulitnya menempel untuk memberikan warna, citarasa, dan nutrisi yang akan dikeluarkan saat proses pengolahan.
  5. Haluskan potongan apel. Gunakan blender atau food processor, dan haluskan sampai apel Anda memiliki konsistensi atau kekentalan seperti saus apel.
  6. Saring ampas apel. Peras bubur apel melalui kain tipis, saring sebanyak mungkin sarinya.
  7. Selalu dinginkan sari apel Anda dalam kulkas. Setelah menikmati satu gelas tinggi sari apel segar, simpan sisanya di wadah tertutup di bawah suhu 5°C) selama dua minggu, atau bekukan untuk penyimpanan yang lebih lama.

 

Manfaat Sari Buah

Tahukah anda, saat ini hanya 15% penduduk indonesia yang mengonsumsi buah dan sayur sesuai anjuran, yaitu 5 porsi sehari, padahal buah banyak sekali memiliki kandungan serat pangan mutlak yang di perlukan tubuh untuk memelihara usus, serta menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit obesitas, jantung, dan bayak lagi.

Pembahasan mengenai kebaikan dan manfaat buah ini di bahas dalam Jakarta Food Editor’S Club, yang di gelar di PT Unilever Indonesia, dengan menghadirkan Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, yaitu sahli pangan dan buah buahan, juga sekaligus penulis buku “Sehat Dengan Buah”

Dalam acara ini di sampaikan, buah harus di masukkan dalam porsi makanan setiap harinya, karena kandungan vitamin dan mineral pada buah dapat menjaga kesehatan tubuh. Khasiatnya seperti meningkatkan penyerapan zat besi untuk mencegah penyakit anemia, membentuk kolagen untuk kesehatan kulit, sehingga meiningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, jika tidak sempat memakan buah, salah satu pilihan yaitu mengganti mengonsumsi buah-buahan dengan meminum sari buah. Selain mudah di cerna dalam waktu yang di bilang singkat untuk kapasitas lambung kita, zat-zat gizi makanan lebih mudah di serap pada tubuh dengan mengonsumsi sari buah.

 

Bagaimana mudah bukan cara membuat minuman sari apel? apalagi mempunyai segudang manfaat baik bagi tubuh, jadi jangan khawatir jika bunda di rumah ingin memberikan minuman sari buah yang di buat untuk keluarga tercinta ya….

 

About Pher jaya