Home / Kuliner / Bahan Bahan Adonan Martabak Manis Untuk Membuat Sendiri di Rum

Bahan Bahan Adonan Martabak Manis Untuk Membuat Sendiri di Rum

Pastinya sekarang ketika mendengar nama makanan ini yaitu martabak pastinya sudah tidaklah asing. Cara membuat dan bahan bahan yang adonan martabak manis yang digunakan untuk membuat martabak ini tidaklah banyak.

Martabak merupakan salah satu makanan yang sudah sangat populer dan terkenal sekarang. Bukan tanpa alasan makanan yang satu ini bisa sampai populer dan terkenal sampai sudah banyak orang yang menjualnya dihampir setiap daerah di Indonesia.

Makanan yang memiliki bentuk bulat terlihat seperti bulan ini memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan. Karena bentuknya  yang bulat itu disebagian daerah banyak orang yang menyebutnya dengan nama terang bulan.

Kemudian penyebab lainnya kenapa martabak ini sampai bisa sangat populer adalah menggunakan varian topping. Martabak manis memiliki banyak varian topping yang dulunya hanya menggunakan susu saja sekarang sudah banyak muncul varian topping baru. Contohnya seperti kacang, coklat, keju, dan yang lainnya.

Sekarang bnayak juga martabak manis yang menggunakan berbagai rasa seperti red velvet, pandan, dan yang lainnya. Harga martabak manis yang terjangkau juga merupakan salah satu alasan  martabak ini banyak diminati oleh banyak orang.

Martabak manis dibuat dengan bahan bahan seperti tepung terigu, telur, gula dan beberapa bahan lain. Tapi tahukah kamu sebenarnya membuat martabak manis ini tidaklah sulit lho. Kamu bahkan bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah

Walaupun sekarang sudah sangat banyak penjual martabak disetiap daerah di Indonesia biasanya dipinggiran jalan. Akan tetapi akan lebih baik apabila kamu mencoba membuatnya sendiri dirumah.

Dengan membuat martabak manis sendiri dirumah banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapat juga. Kamu dapat lebih menjamin cara membuat dan bahan yang digunakan lebih higenis dan berkualitas.

Kemudian kamu juga bisa meningkatkan kemampuan atau skill kamu dalam membuat martabak manis agar lebih enak dan lezat.

Akan tetapi sebelum mencoba membuatnya martabak manis, Akan lebih baik apabila kamu mengetahui informasi mengenai martabak.

Berikut adalah informasi mengenai martabak yang akan menambah wawasan kamu

Apa Sih Martabak Itu

Martabak maerupakan salah satu makanan yang sudah sangat populer. Martabak memiliki 2 jenis yaitu martabak manis dan martabk asin atau telur, walaupun namanya sama akan tetapi keduanya sangat berbeda.

Kemudian martabak manis adalah martabak sejenis kue yang menggunakan bahan seperti tepung terigu, gula, mentega dan beberapa bahan lainnya. Martabak manis memiliki bentuk bulat yang terlihat mirip seperti bulan, disebagaian daerah orang menyebutnya terang bulan.

Selain itu Martabak manis memiliki rasa yang manis seperti namanya dan juga mengenyangkan. Biasanya martabak manis didampingi dengan topping topping yang bervariasi, kamu bisa memilih topping sesuai selera kamu.

Topping martabak manis biasanya seperti coklat, kacang, keju, pisang dan yang lainnya. Dengan topping martabak manis yang bervariasi ini menjadikan martabak manis tidak kalah populer dengan martabak

Berbeda dengan martabak telur martabak telur biasanya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang. Selain itu martabak telur memiliki rasa yang gurih berbeda dengn martabak manis.

Kemudian martabak telur tidak menggunakan topping melainkan isian pada bagian dalam martabak yaitu seperti daging dan sayur sayuran.

Walauapun sekarang sudah sangat banyak orang yang menjual kedua makanan ini. Akan tetapi kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Sekarang sudah sangat banyak resep dan cara membuat martabak manis dan telur yang ada di internet yang bisa kamu coba.

Dengan mudahnya mengakses internet sekarang juga akan lebih memudahkan kamu mencari resep dan cara membuat yang terbaik.

Bahan Bahan Adonan Martabak Manis

bahan bahan adonan martabak manis

Selain ini kamu juga bisa membaca Bahan Adonan Martabak Manis Mudah Ala Rumahan. Kemudian utnuk bahan bahan adonan martabak manis untuk membuat martabak manis adalah seperti dibawah ini

Bahan:

  • 2 butir telur ayam.
  • 2 sendok makan gula pasir.
  • 150 ml susu cair.
  • 150 gram tepung terigu jenis protein sedang.
  • Setengah sendok makan ragi instan.
  • 2 sdt baking powder.
  • Seperempat sdt garam.
  • Satu sdm margarin, kemudian kamu bisa melelehkannya.
  • 1 sdt soda kue.

Itulah bahan bahan yang digunakan untuk membuat martabak manis kamu juga bisa menambahkan bahan yang akan digunakan sebagai topping sesuai keinginan. Kamu bisa menambahkan topping seperti keju parut atau yang lainnya.

Cara Membuat Martabak Manis

bahan bahan adonan martabak manis

  1. Kocok dan campur bahan seperti telur dan gula hingga menjadi kental dan adonan terur tersebut menjadi mengembang. Setelah itu kamu bisa menuangkan susu, kocok dan aduk dengan memakai kecepatan rendah hingga semua bahan menjadi tercampur.
  2. Lalu kamu bisa menambahkan adonan tersebut dengan bahan lainnya seperti tepung terigu, ragi, baking powder, dan garam. Kocok dan aduk adonan tadi dengan memakai mixer atau bisa juga menggunakan whisk memakai kecepatan rendah hingga merata.
  3. Kemudian masukkan margarin ke adonan tersebut, kocok samapai adoana merata.
  4. Setelah semua bahan dan adonan tercampur, Kamu bisa diamkan adonan dengan waktu selama sekitar 1 jam hingga mengembang. Setelah adonan mengembang kamu bisa ambil adonan kemudian panaskan teflon dan masukkan adonan pada teflon tersebut ratakan, kemudian biarkan adoanan martabak manis hingga terdapat busa pada adonan.
  5. Untuk menambahkan rasa manis pada martabak kamu dapat menambahkan gula dengan menaburkan gula pasir pada bagian atas atau permukaan martabak, panggang martabak hingga martabak terlihat agar kecoklatan atau sampai matang.
  6. Setelah matang kamu bisa angkat dan ambil martabak tersebut
  7. Kemudian oleskan mentega pada bagian atas atau permukaan martabak manis, setelah di olesi mentega kamu bisa menambahkan susu dan menambahkan topping pada martabak sesuai selera dan keinginan kamu sendiri.

About Pher jaya

Check Also

Dendeng Ragi Ayam

Dendeng Ragi Ayam

Dendeng Ragi Ayam, olahan dendeng ayam ragi dendeng ragi atau biasa disebut dendeng campur serundeng …