Home / Uncategorized / Resep Membuat Kerupuk jengkol

Resep Membuat Kerupuk jengkol

Resep Membuat Kerupuk Jengkol

resep membuat kerupuk jengkol

Kalian sedang mencari ide resep kali ini kerupuk jengkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kerupuk jengkol yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kerupuk jengkol, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kerupuk jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Kerupuk jengkol kesukaan sebagian orang, lalu bagaimana cara mencetak kerupuk jengkol atau membuatnya atau mencetak kerupuk jengkol dengan sederhana dan. Setuju gak sih kalo jengkol merupakan salah satu makanan terlezat, bahkan jika tidak musim jengkol harganya hampir mendekati harga daging WOW kaliyaa. Terbuat secara tradisional,tanpa penambahan tepung sama sekali.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan kerupuk jengkol sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan kerupuk jengkol memakai 7 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Resep Membuat Kerupuk Jengkol

Bahan;

  1. Gunakan 1,5 kg kilo jengkol tua
  2. Ambil 2 kg tepung sagu tapioka
  3. Ambil 100 gr bawang putih
  4. Siapkan 300 ml air hangat
  5. Sediakan secukupnya Penyedap rasa
  6. Ambil secukupnya Garam
  7. Gunakan Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat;

  1. Cuci bersih jengkol lalu rendam 2 jam trus rebus hingga empuk
  2. Ulek jengkol dgn manual atau d blender atau pake gilingan daging
  3. Haluskan bawang putih
  4. Campur tepung, jengkol, bawang putih,penyedap dan garam
  5. Aduk rata sambil di beri air hangat sedikit2,campur rata sampai adonan bisa d bentuk
  6. Pipihkan seperti di gambar, lalu rebus pada air mendidih sampai matang
  7. Biarkan dingin dalam suhu ruang, lalu iris jgn terlalu tebal jg jgn trlalu tipis,lalu jemur dalam 2-3 hari pada terik matahari
  8. Setelah jengkol kering, bisa langsung d goreng pada minyak panas dan ini adalah hasil nya, selamat mencoba

Baca Juga; cara membuat kerupuk jengkol untuk dijual

Manfaat jengkol

1. Memurnikan darah

Manfaat buah jengkol dan efek samping berikutnya yaitu dapat memurnikan darah. Jengkol telah digunakan sebagai obat tradisional yang terkenal dan terbukti khasiatnya di Asia Tenggara.

Dalam hal ini, biji jengkol dapat membantu memurnikan darah dan menyembuhkan disentri. Jengkol juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh yang dapat mendukung aliran darah dalam tubuh berjalan lebih lancar.

2. Mengobati diabetes

Khasiat lain yang tidak kalah penting dari buah jengkol yaitu dapat mengobati diabetes. Dalam hal ini, jengkol dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

Bukan hanya itu, jengkol juga mengandung gula yang ramah bagi penderita diabetes. Kandungan gula ini dapat diurai dengan mudah dalam tubuh, khususnya bagi penderita diabetes sehingga tidak menimbulkan risiko buruk. Bahkan kandungan jengkol dapat diubah menjadi energi oleh tubuh yang dapat digunakan dalam aktivitas keseharian.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah jengkol juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Secara mengejutkan, jengkol dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi di dalamnya.

Hal ini tentu saja dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi yang semakin kuat. Di samping itu, jengkol juga baik untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

4. Mencegah anemia

Berikutnya, manfaat buah jengkol dapat mencegah penyakit anemia secara efektif. Dalam hal ini, jengkol memiliki kandungan zat besi tinggi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang kata oksigen dan nutrisi dalam tubuh.

Selain dapat mengurangi risiko anemia, sel darah merah yang diproduksi dengan cukup juga dapat membantu mencegah penyakit kronis lainnya.

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …