Home / Uncategorized / Termudah!! Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

Termudah!! Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

Halo teman-teman, kali ini saya akan memberikan cara membuat arum manis rambut nenek dan beberapa pembahasan tentang gulali dan arum manis rambut nenek.

 

Mengenal Gulali

Cara membuat arum manis rambut nenek

Gulali adalah penganan tradisional yang namanya masih terus terkenang dan jadi sebuah pilihan beberapa kalangan. Memiliki cita rasa manis dengan berbagai bentuk yang menarik perhatian. Tidak hanya itu, pembuatannya juga dari bahan alami.

Jajanan ini pertama kali dipopulerkan oleh William Morrison dan Jhon C Warton pada tahun 1904 di pameran St. Louis World’s Fair. Kemudian, Jenderal Belanda membawanya ke Indonesia dan penduduk sekitar begitu menyukainya.

Dalam prosesnya, jajanan yang terkenal pada tahun 1900 an mempunyai beberapa jenis. Di mana hampir semuanya dijual di pedagang kaki lima sampai sekarang.

 

Sejarah Singkat Gulali

Cara membuat arum manis rambut nenek

Jajanan tradisional tidak hanya enak, tapi juga cukup sehat karena menggunakan bahan alami. Begitu pula dengan gulali yang memiliki sejarah menarik. Jajanan manis ini pertama kali diperkenalkan oleh Wiliam Morrisson dan Jhon C Warton dalam pameran di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Saat itu, namanya Fairy Floss dan menjadi salah satu jajanan terlaris. Kepopulerannya dibawa oleh para jenderal Belanda dan dikenal kepada orang Indonesia. Siapa sangka, peminatnya banyak sehingga diproduksi secara masal saat pemerintahan Hindia Belanda.

 

Rambut Nenek

Cara membuat arum manis rambut nenek

Rambut nenek merupakan jajanan yang populer di tahun 1990-an. Selain dikenal sebagai rambut nenek, jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Namun, nama sebenarnya adalah arbanat. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakanlah rambut nenek.

Seiring dengan berjalannya waktu, rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna. Ada yang hijau, merah muda, dan kuning. Rasa rambut nenek juga bermacam-macam. Misalnya, rasa durian, melon, rasa pandan, dan masih banyak lagi.

 

Asal Mula Rambut Nenek

Beberapa pendapat ada yang menyebutkan, rambut nenek berasal dari Kota Malang. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa jajanan ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan.

Sebenarnya itu bukan suatu masalah, sebab, kedua daerah yang disebutkan tadi merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur. Rambut nenek terbuat dari gula pasir, tepung terigu, pewarna makanan, dan air. Proses pembuatan rambut nenek ini bisa sampai berjam-jam.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara membuat arumanis rambut nenek juga ya.

 

Cara Membuat Arum Manis Rambut Nenek

Bahan 1 :

  • Minyak goreng 125 ml
  • Tepung terigu 125 gram (bisa diganti menggunakan tepung gandum atau bisa dicampur keduanya)
  • Bubuk vanila secukupnya (opsional)

Bahan 2 :

  • Gula pasir kualitas bagus 500 gram
  • Air 400 ml
  • Perisa vanila secukupnya (opsional)

 Langkah Langkah Membuat Arumanis Rambut Nenek:

  1. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu masukkan tepung. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan sedikit saja bubuk vanila (opsional), lalu  kalian masak hingga berubah warna menjadi warna kecokelatan. Matikan api, sisihkan.
  3. Sembil menunggu vanilanya dingin, mari kita buat adonan gulalinya dulu dengan menggunakan wajan antilengket. Kemudian kalian Lelehkan gula pasir dengan air 400 ml, kemuadian panaskan dengan api yang sedang kurang lebih sekitar 20-22 menit. Sesekali aduk agar gula tidak menempel.
  4. Tekstur gula untuk pembuatan rambut nenek harus pas jangan kurang jangan lebih,dan tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras juga. Dan Jika gulanya sudah mengental dan warnanya juga sudah berubah kecokelatan, matikan api.
  5.  Siapkan wadah berisi air dingin, lalu letakkan wajannya di atasnya sambil kalian aduk-aduk gulali hingga berbentuk bulat atau bola-bola.
  6. Setelah itu Angkat gulali dan letakkan ke dalam kneading board. Lalu kalian Tarik beberapa kali hingga teksturnya lentur, kemudian di bentuk menjadi lingkaran besar.
  7. kalian Lumuri dengan adonan tepung dan minyak yang sudah dingin,bentuklah dengan cara dilipat hingga membentuk angka 8 dan sambil terus ditarik-tarik.
  8.  ulangi langkah-langkah tadi hingga gulali membentuk helaian-helaian panjang yang tipis.

Anda tertarik? Anda dapat mencobannya sendiri dirumah dengan menerapkan cara yang diatas ya. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Arum Manis Rambut Nenek Anda.

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …