Home / Uncategorized / Tes Marshall atau Marshall Test

Tes Marshall atau Marshall Test

Marshall Test – Pengerjaan proyek jalan aspal tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Apabila proyek jalan raya dikerjakan secara asal-asalan akan menyebabkan jalan mudah berlubang dan rusak. agar tidak membahayakan pengendara, percayakan saja pengerjaan jalan aspalan pada jasa pengaspalan Jakarta sebagai perusahaan konstruksi jalan terbaik. 

Jasa pengaspalan yang terbaik pastinya akan melakukan pengujian atas kualitas aspal yang akan digunakan. Salah satunya dengan menggunakan alat marshall yang berfungsi untuk mengetahui karakteristik campuran dan ketahanan dari campuran aspal. 

Jadi antara ketahanan dan kelelahan plastisitas yaitu berbanding lurus. Jadi semakin besar ketahanannya semakin besar juga kelelehan plastisitasnya. Jadi semakin besar peningkatan maka aspal lebih kuat dalam menahan bebas. Kemudian tingkat kelelahan plastisitas (flow) semakin besar maka aspal kuat dalam menahan beban. 

Pengujian Aspal dengan Marshall Test

Tes Marshall pertama kali ditemukan oleh Bruce Marshall. Pengujian Marshall ini meliputi persiapan benda uji, penentuan berat benda uji, pemeriksaan nilai stabilitas dan flow. Pada saat melakukan pengujian Marshall maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh jasa pengaspalan

  1. Jumlah aspal yang akan diujikan 
  2. Persiapan agregat yang akan digunakan 
  3. Menentukan temperatur untuk pemadatan dan pencampuran 
  4. Proses pencampuran bahan aspal beton 
  5. Pemadanan aspal yang diujikan 
  6. Persiapan untuk tes Marshall
  • Prinsip dasar tes Marshall adalah melakukan pemeriksaan stabilitas dan kelelehan aspal. Kemudian tes ini bertujuan untuk menganalisis kepadatan dari campuran padat yang terbentuk. Dari hasil tes Marshall akan diketahui berapa kadar aspal optimumnya. 
  • Setelah tahu kadar aspal optimum maka dilakukan uji Marshall rendaman dengan 6 briket. Nantinya 3 briket direndam pada water bath selama 3 menit dan 3 briket lagi direndam pada water bath dengan suhu 60 derajat selama 24 jam. 
  • Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas ketahanan aspal ketika terkena air. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa alat tes ini berfungsi untuk mengetahui ketahanan campuran beton aspal untuk menahan beban lentur dan penjalaran retak aspal di jalan. 

Semua itu hanya bisa dilakukan oleh jasa pengaspalan resmi dan profesional. Mengingat jasa pengaspalan yang terbaik sudah dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan tenaga kerja yang berpengalaman. Sehingga hasil pengaspalan bisa tahan lama dan tahan terhadap perubahan cuaca. 

Demikianlah penjelasan mengenai tes Marshall yang bertujuan untuk mengetahui kestabilan dan kelelehan aspal. Nah, dengan hasil tersebut pihak jasa aspal Jakarta tahu kualitas aspal yang akan digunakan sehingga mampu menahan beban dan lebih tahan lama. Marshall Test oleh rockrealms.com

About Pher jaya

Check Also

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

Resep Sumpia Udang Kering Yang Enak  dan Lezat

  Apakah kalian mengetahui sumpia? Mungkin banyak diantara kita belum memahami betul apa itu sumpia …