Home / Uncategorized / Cara Kerja Content SEO yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara Kerja Content SEO yang Wajib Kamu Ketahui!

Website adalah salah satu media atau platform yang banyak digunakan oleh para pebisnis dalam digital marketing saat ini. Website juga dijadikan sebagai tempat atau wadah untuk mempromosikan berbagai produk dalam baik itu dalam bentuk barang atau jasa. SEO merupakan salah satu cara untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan produk atau profil website perusahaan dan bisnis anda. Tetapi bagaimana cara kerja content seo? Simak terus artikel berikut!

 

Apa itu SEO?

Definisi umum dari SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar bisa masuk pada peringkat teratas dihasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google.

SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik dan tentunya berbeda dengan SEM yang berfokus pada media iklan yang disediakan oleh Google. Sehingga, jika anda membuat sebuah website, maka akan lebih baik lagi untuk melakukan optimasi dengan SEO daripada menggunakan SEM, karena anda harus membutuhkan dana atau modal untuk melakukan promosi iklan di Google.

seo 7

Cara Kerja Content SEO yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Crawling

Cara kerja seo yang pertama ada yang namanya yaitu Crawling atau pengertian harfiahnya dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai perayapan. Crawling adalah proses pertama dimana terjadi pengambilan data pada halaman website milik anda mulai dari data halaman homepage, artikel blog post, label, hingga halaman statis.

Sebagai ilustrasi kita bisa pakai sampel mesin pencari google. Mesin pencari terkenal ini sudah menyiapkan software perayapan yang bernama crawler, spider, atau Google Bot. Google bot tentunya akan merayapi semua halaman website yang ada didatabase miliknya. Proses perayapan meliputi konten artikel yang baru dipublikasikan atau juga konten lama yang diupdate di dalam sebuah web.

Dari ulasan ini anda jadi tahu ya, ada Google Bot yang selalu mampir mengecek dan merayapi setiap kali kita melakukan update artikel.

Baca Juga : Cara Kerja Search Engine Optimization, Pengertian dan Manfaatnya!

2. Indexing 

Cara kerja content seo yang kedua yaitu Indexing. Maksud dari indexing adalah proses pembuatan indeks untuk semua halaman website yang sudah dirayapi (crawling) oleh google bot dan disimpan ke dalam sebuah tempat pernyimpanan data yang bernama database mesin pencari.

Dalam SEO, kita biasa mengenal riset kata kunci. Nah, proses indexing ini akan menyimpan halaman artikel anda berdasarkan konten artikel yang anda buat mulai dari title tag, deskripsi, dan komponen isi konten lainnya ke dalam database mesin pencari.

3. Processing

Dalam tahap ketiga, cara kerja seo ini sangat familiar dan sering anda praktekkan, yaitu ketika anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi yang anda butuhkan. Misalnya anda ingin mencari informasi tentang cara kerja seo, maka mesin pencari akan melakukan tahap ketiga, yaitu processing.

Proessing merupakan cara kerja ketiga dimana mesin pencari Google menerima permintaan dari pengguna mesin pencari (user) yang mengetikkan kata kunci pada bar pencarian. Lalu, mesin pencari Google akan memproses kata kunci yang dicari user terlebih dahulu dengan cara membandingkan kata kunci ke dalam daftar list permintaan pencarian dengan halaman website relevan yang memuat konten yang dicari pengguna.

5. Calculating Relevancy 

Tahapan yangselanjutnya adalah kalkulasi relevansi. Ketika pengguna mesin pencari mengetikkan keyword atau kata kunci dikotak bar pencarian google dan mengklik enter, maka akan terjadi proses kerja seo perhitungan relevansi kata kunci dengan konten website yang sudah tersimpan didatabase indeks mesin pencari.

6. Retrieving Result

Langkah terakhir dan yang paling ditunggu dari cara kerja SEO, yaitu retrieving result. Pada fase ini, kata kunci yang sudah diketik oleh pengguna dikotak bar mesin pencari akan menampilkan hasil pada halaman pencarian dengan tingkat relevansi yang sudah tepat berdasarkan kata kunci yang diproses sebelumnya dan kemudian ditampilkan ke dalam 10 list atau indeks website teratas yang menurut google paling bagus dari segi kualitas konten, optimasi seo, dan cocok dengan kata kunci yang diketikkan pengguna.

 

Itu tadi merupakan penejelasan mengenai pengertian SEO dan cara kerja content SEO. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …