Home / Uncategorized / Cara Membuat Opor Telur Tahu Dengan Kuah Santan Yang Menggiurkan

Cara Membuat Opor Telur Tahu Dengan Kuah Santan Yang Menggiurkan

Cara membuat opor telur – Opor telur adalah masakan telur berkuah santan yang sangat terkenal di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan juga Jawa Barat. Masakan yang satu ini terbuat dari bahan utama yaitu telur rebus yang dimasak dengan aneka rempah-rempah, dan santan kental yang dihasilkan dari buah kelapa.

Di antara pengolahan telur, yang penuh manfaat dan bisa dinikmati adalah dengan direbus lalu diolah menjadi opor telur. Perlu diketahui, telur rebus sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki telur. Protein, karbohidrat, kalori, hingga vitamin dapat kamu temukan dalam sebutir telur. Telur rebus merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia.

Konsumsi telur yang dianggap wajar adalah, satu butir telur sehari. Bahkan, salah satu studi juga telah menunjukkan dengan mengonsumsi tiga butir telur per hari masih dianggap aman pada beberapa orang yang tidak memiliki kecenderungan kolesterol tinggi. Berikut sejumlah manfaat telur rebus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan:

5 Manfaat Telur Rebus

Seperti telah disebutkan sebelumnya, telur rebus memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini, berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi telur rebus, dalam jumlah yang wajar.

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada telur cenderung membuat perut seseorang kenyang lebih lama. Telur menyebabkan perasaan kenyang dan memiliki tingkat maksimal untuk mengurangi asupan kalori secara otomatis lebih sedikit di kemudian hari.

Seseorang yang mengonsumsi telur pada sarapan pagi hari, cenderung akan merasa kenyang lebih lama hingga makan siang. Hal ini membuat berat badan seseorang turun karena tidak mengonsumsi makanan lain selain telur. Makan telur di pagi hari juga menjadi opsi sarapan yang praktis dan sehat.

Baca Juga : Alat Perebus Telur Untuk Kemudahan Di Dapur

2. Membantu Kinerja Otak

Manfaat telur rebus yang pertama adalah bisa membantu kinerja otak. Agar otak bisa bekerja dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan suatu senyawa bernama kolin sebagai zat pembangun dan penunjang kerja. Studi membuktikan bahwa 90% orang telah kekurangan senyawa ini. Untuk bisa kembali mencukupi kebutuhan harian kolin, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu makanan harian. Pasalnya di dalam sebutir telur terkandung 100 gram kolin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat telur rebus juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Sebagian telur yang biasa kamu temukan di pasaran, kebanyakan telah diperkaya dengan kandungan omega-3. Senyawa ini merupakan salah satu lemak baik yang mampu memerangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Perlu diketahui, kalau kadar lemak baik di dalam tubuh semakin tinggi, maka akan semaki rendah orang tersebut beresiko mengelami penyakit jantung. Jadi, kamu jangan ragu untuk mengonsumsi telur bila ingin jantung tetap terjaga sehat kini dan nanti.

4. Membantu Kelancaran Diet

Telur rebus cocok dikonsumsi saat diet. Pasalnya, telur rebus memiliki kalori yang rendah. Satu telur rebus hanya mengandung 78 kalori. Ditambah lagi, telur rebus tidak menggunakan minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra. Dengan mengonsumsi telur rebus bisa menjadi pengganti makanan sumber protein lainnya yang berlemak tinggi.

5. Penambah Energi

Manfaat telur rebus juga dapat menambah energi. Telur memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan sebagai penambah energi, seperti vitamin A, vitamin B-12, dan selenium. Kandungan-kandungan tersebut juga menjadi sumber nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Opor Telur

cara membuat opor telur

Bahan-Bahan:

  • 10 butir telur ayam, rebus dan kupas bersih
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sdt gula pasir
  • 400 ml santan perasan kedua
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm bawang goreng untuk taburan

Baca Juga : Alat Perebus Telur Untuk Kemudahan Dalam Merebus

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdt jinten
  • 2 cm kunyit
  • 1/2 sdt merica butir
  • 2 cm jahe

Bumbu Pelengkap:

  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan

Cara Membuat Opor Telur:

  1. Rebus telur ayam sampai matang, kupas bersih, dan sisihkan.
  2. Panaskan 3 sdm minyak. Tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas sampai harum.
  3. Tuang santan encer. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan telur rebus. Beri garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sampai bumbu meresap.
  4. Masukkan santan kental. Masak sampai mendidih kembali. Sajikan dengan taburan daun bawang

Demikianlah info tentang cara membuat opor telur dan manfaat dari telur rebus. Tidak hanya telur ayam yang bisa dijadikan opor tetapi juga jenis telur lain seperti telur bebek atau telur puyuh. Sajikan opor telur dengan tahu atau campuran ayam dan lontong . Silahkan Anda mencoba dan praktikan sendiri di rumah.

About Pher jaya

Check Also

cara meningkatkan traffic blogspot

Cara Meningkatkan Traffic Blogspot dengan Benar

Kalian sudah sering posting konten di blog, tapi pengunjung masih sepi juga? Nah Saya bakalan …