Home / Uncategorized / Budidaya Buah yang Menguntungkan Bagi Masyarakat

Budidaya Buah yang Menguntungkan Bagi Masyarakat

Budidaya Buah yang Menguntungkan Bagi Masyarakat

Budidaya Buah yang Menguntungkan sangat banyak peminat nya di negara indonesia. Dikarenakan jumlah pasar nya yang relatif tinggi terhadap buah-buahan dan juga harga nya tak murah. pada saat musim buah harga buah di pasaran melonjak tinggi dan hal ini bisa di manfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Budidaya Tanaman Tomat

Buah tomat adalah jenis buah-buahan yang tidak asing bagi seluruh pecinta kuliner dan pecinta makanan sehat. Dan cara tanam sayur tomat pun sangatlah mudah.

Ketika Anda hendak menanam buah tomat, pastikan Anda rutin menyirami tanah nya agar tanahnya tetap basah. Pada proses step ini merupakan kunci utama untuk menanam buah tomat. Selain itu air pada vas kaca juga dapat digunakan untuk menumbuhkan akar.

Sebelum Anda memulai usaha budidaya buah tomat ini. Anda juga harus tau apa saja manfaat dari buah tomat ini. Berikut ini adalah manfaat pada tomat :

  1. Melawan Kolesterol Jahat.
  2. Mencegah Obesitas.
  3. Menjaga Kemampuan Penglihatan.
  4. Memperlancar Proses Pencernaan.
  5. Tambahan Energi Tubuh.
  6. Memperbaiki Kesehatan Kulit.
  7. Mengobati Radang.
  8. Meningkatkan Performa Kesehatan Jantung.

Simpanlah tunas tomat pada tempat dengan suhu yang hangat contohnya seperti di depan jendela yang terkena sinar matahari atau di taruh pada dekat kaca atau belakang kulkas. Kemudian setelah 1-2 minggu, akar akan mulai tumbuh di tunasnya dan kamu bisa memindahkannnya ke media tanam tanah atau media tanam tradisional. Ketika akarnya lumayan panjang. Budidaya buah tomat bisa di sebut juga sebagai Budidaya Buah-buahan yang Menguntungkan.

CV RUMAH MESIN menyediakan Mesin kompos sampah organik untuk membersihkan kompos sampah dan membuat lingkungan lebih bersih.

Budidaya Pisang

Pisang adalah tanaman asli dari Asia Tenggara dan termasuk Indonesia. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan lahan pisang untuk ditanami pohon pisang.

Jenis pisang yang banyak ditanam dan banyak dikonsumsi di Indonesia, beberapa jenis pisang  yang dapat ditemukan di indonesia yaitu pisang susu, pisang raja, pisang ambon, pisang kepok, pisang mas, dan yang lainya.

Tanaman pohon pisang ini mudah tumbuh dan berbuah, yang menjadikan banyak orang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis. Budidaya pisang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan karena buahnya banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat indonesia.

Jika Anda tertarik membudidaya pisang, Anda perlu mengetahui cara menanam dan memeliharanya dengan baik .sebelum melakukan penanaman ada baiknya jika anda mengetahui manfaat dari pisang itu sendiri.

Dibawah ini adalah manfaat dari buah pisang :

  • Sumber Karbohidrat dan Vitamin A
  • Pisang Perlancar Metabolisme
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak
  • Mengatasi Anemia
  • Menurunkan Berat Badan
  • Menyehatkan Tulang

Dan berikut ini adalah cara menanam uah pisang yang baik dan benar

  1. Pilih tunas dengan tinggi 1-1.5 meter dan lebar umbinya 15-20 cm
  2. Bibit pisang bisa diperoleh dengan cara membeli atau dari kebun milik sendiri
  3. Jarak tanam bibit yaitu 2×2 m
  4. Biarkan sekitar 7 sampai 9 buah tunas pada pohon induk

Budidaya Mangga Harum Manis

Anda dapat menanam mangga harum manis di pekarangan rumah untuk menikmatinya bersama keluarga. Berikut adalah cara budidaya mangga harum manis :

1. Persiapan bibit

Bibit mangga bisa diperoleh melalui bijinya, okulasi, cangkok, sambung pucuk maupun grasping susuk. Pembibitan ini dapat dilakukan sendiri di rumah Anda, namun jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membeli bibit mangga harum manis di toko bibit dan toko tanaman.

2. Persiapan lahan

Pertama-tama, bersihkan lahan tanam dari tanaman lainnya. langkah sellanjutnya, buatlah lubang tanam dengan kedalaman 50cm sampai 100cm dengan diberi jarak tanam sekitar 5- 10 meter.

3. cara tanaman 

Jika semua sudah dilakukan, Selanjutnya masukkan tanah yang sudah tercampur dengan sekam dan pupuk itu ke dalam lubang sampai mencapai ketinggian sepertiga tinggi lubang secara keseluruhan. Keluarkan bibit pohon mangga harum manis dari polybag lalu masukkan ke dalam lubang tanam yang telah di buat. Kemudian timbun bibit tersebut dengan sisah tanah yang masih ada.

4. Merawat tanaman

Surami tanaman setiap satu sampai dua kali dalam sehari. Selain itu, lakukan juga penyiangan kepada hama atau tanaman lainnya jika sudah banyak yang tumbuh disekitar pohon mangga.

5. Panen mangga harum manis

Buah mangga dapat dipanen setelah benar-benar sudah tua. Ciri-ciri mangga yang sudah tua adalah bagian pangkal buahnya telah membengkak menjadi rata dan warnanya menguning. Pengambilan atau pemanenan buah yang belumbenar-benar tua akan menyebabkan rasanya agak masam.

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …