Home / Uncategorized / Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Keripik singkong adalah makanan ringan atau sering disebut cemilan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan kemudian dimasak dengan cara digoreng. Cemilan ini memang sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga luar negeri. Makanan satu ini juga termasuk makanan yang sangat melegenda di Indonesia, sehingga banyak orang yang menggemarinya. Mereka biasanya membelinya dalam bentuk kemasan, namun tak jarang juga ada yang membuatnya sendiri. Cara membuat keripik singkong renyah tidaklah sulit, kamu bisa melihat resep dibawah ini. Tentu saja resep dibawah akan membantu kamu untuk membuat keripik singkong yang memiliki rasa enak dan renyah saat dikonsumsi.

Dalam proses pembuatan cemilan satu ini, jika kamu ingin mendapatkan keripik singkong yang enak dan renyah, pastikan kamu memilih singkong yang keadannya benar-benar masih segar dan bagus. Untuk cara mengetahui singkong tersebut masih segar atau tidak, biasanya terlihat dari tanah yang masih menempel pada singkong tersebut. Dan ketika singkong dikupas, didalamnya masih terlihat putih bersih dan tidak ada bercak garis yang berwarna biru. Baiklah, sebelum membahas mengenai cara membuat keripik singkong renyah kita akan membahas mengenai bahan dasarnya terlebih dahulu, yaitu singkong. Yuk simak pembahasannya!

Pengertian Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Singkong mempunyai nama latin yaitu manihot esculenta, singkong ini merupakan salah satu contoh umbi akar atau akar pohon. Memiliki pajang garis tengah sekitar 2 – 3 cm dan panjang keseluruhannya sekitar 50 – 80 cm, hal tersebut tergantung dari jenis singkong yang dibudidayakan. Tumbuhan ini juga sering dikenal dengan umbi-umbian, namun ada juga yang menyebutnya dengan nama ketela pohon.

Tanaman singkong ini juga menjadi salah satu tumbuhan yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan mempunyai banyak sekali manfaatnya. Selain pada bagian umbi batangnya dan daun singkong juga dapat digunakan sebagai lauk pauk untuk makan. Disisi lainnya, banyak orang yang juga menggunakan tumbuhan singkong ini sebagai bahan konsumsi yang dapat menjadi pengganti makanan pokok. Karena dapat dilihat jika tumbuhan ini mengandung karbohidrat yang hampir sama seperti beras.

Namun perlu kamu ketahui juga, selain bisa dijadikan sebagai sayuran dan makanan, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Misalnya dijadikan sebagai obat penyakit rematik, demam, luka, rabun senja, beri-beri, bisul, diare, cacingan, disentri, sakit kepala, dan juga dapat meningkatkan energi atau stamina. Terkenal memiliki banyak manfaat yang terdapat pada tanaman singkong ini, selain dapat dijadikan sebagai lauk pauk, obat herbal, tanaman ini juga bisa kamu jadikan sebagai makanan pasaran lho.

Contohnya bisa dijadikan gethuk, tiwul, dan juga bolu singkong. Jangan salah sangka terlebih dahulu, walaupun jajanan tradisional, makanan yang berbahan dasar dari singkong ini tidak kalah enak dengan makanan-makanan pada saat ini. Dengan bahan tambahan untuk membuat makanan tersebut seperti tepung gandum, tepung tapioka, parutan kelapa dan gula jawa. Olahan lainnya dari tanaman singkong ini yaitu keripik singkong, yang terkenal dengan rasa enak dan tektur renyah serta gurih.

Resep Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah

 

Bahan :

  • Singkong yang masih segar 1 kg
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air 250 ml

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 3 sdm garam halus
  • 1 sdm gula pasir
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kripik Singkong Renyah :

  1. Kupaslah singkong terlebih dahulu, lalu cuci singkong dengan air hingga benar-benar bersih.
  2. Jika singkong telah dicuci bersih, irislah singkong menjadi tipis-tipis. Lebih baik jika menggunakan mesin keripik singkong, agar lebih cepat saat proses pemotongan dan ukurannya sama.
  3. Siapkan baskom atau embar, kemudian tuangkan air dan masukkan kapur sirih ke dalam wadah tersebut. Aduk kapur sirih hingga larut dalam airnya.
  4. Apabila kapur sirih sudah tercampur dengan air, masukkan singkong yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam wadah yang digunakan untuk merendam rendam singkong.
  5. Masukkan juga bumbu yang sebelumnya sudah dihaluskan kedalam rendaman singkong. Lalu aduk rata hingga bumbu halus juga bisa larut, diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  6. Setelah singkong direndam selama 1 jam, angkat dan ditiriskan airnya hingga benar-benar habis air yang ada di singkong tersebut. Atau kamu juga bisa menjemurnya dibawah sinar matahari.
  7. Panaskan minyak goreng diatas api yang berukuran sedang, lalu goreng singkong yang sudah kering.
  8. Goreng singkong sampai berwarna keemasan atau hingga matang, jika sudah matang angkat keripik singkong dan tiriskan minyaknya.
  9. Kemudian kamu bisa memasukkan keripik singkongnya ke dalam toples.
  10. Keripik singkong renyah buatanmu siap disajikan.

Baca Juga : Mesin Keripik Singkong Multifungsi

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai singkong dan cara membuat keripik singkong yang renyah. Jika kamu ingin membuat keripik singkong renyah sendiri dirumah, kamu bisa mencontoh resep cara membuatnya diatas. Kamu juga bisa menjualnya dan menjadikannya sebagai bisnis sampingan keripik singkong. Walaupun kamu menjualnya dengan harga jual yang cukup murah, yakni 2000 an dengan kemasan plastik seperempatan. Akan dipastikan kamu tetap mendapat keuntungan dari bisnis tersebut. Jika kamu ingin mencoba menjual keripik singkong yang renyah buatanmu sendiri, jangan ragu-ragu ya.

About Pher jaya

Check Also

Solusi Mudah Top Up Game dan Cara Membelinya Dengan Voucher UniPin

Sebagai gamers, pasti kamu punya beragam kebutuhan. Apalagi untuk urusan top up game kesayanganmu. Nah …