Home / Uncategorized / Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Manfaat sabut kelapa sebagai media tanaman, dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman sekaligus membantu mempertahankan kelembapan pada tanah yang cepat kering. Karena sabut kelapa, seperti halnya gambut, terurai perlahan, ia menjebak udara di dalam tanah, memungkinkan kelebihan air mengalir dari akar tanaman.

Manfaat Sabut Kelapa Sebagai Media Tanaman

Kelapa untuk media tanam kelapa dikenal sebagai tanaman serbaguna. Selain daging dan sarinya yang dapat dimakan, bagian lain dari tanaman kelapa juga memiliki berbagai manfaat. Buah kelapa terdiri dari beberapa lapisan untuk mencapai ampas, lapisan buah ini disebut tempurung kelapa, bagian yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif ini teksturnya mirip dengan serat atau serat kasarnya.

Sabut kelapa tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan bakar, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Sabut kelapa biasanya dibuang setelah konsumsi daging dan air kelapa. Coco dapat digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik maupun pot.

Cocopeat dapat mendistribusikan nutrisi lebih baik bila digunakan dalam hidroponik. Sabut juga dapat memudahkan pengembangan sistem perakaran karena tidak mudah kompak, sehingga tanaman tidak terlalu padat dan basah.

Sabut juga dapat mempertahankan kelembaban untuk waktu yang lama karena media tanam ini cukup ringan dan lapang untuk tanaman. Tempurung kelapa dapat meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam sistem perakaran tanaman karena dapat menyeimbangkan pH tanah hingga, yang mendukung pertumbuhan lignin.

Manfaat serat sabut kelapa merupakan media tanam yang dapat digunakan sebagai pengganti gambut, tanah liat, gambut atau rockwool. Ketika dicampur dengan perlite, coco peat untuk tanaman menjadi media tanam yang baik untuk tanaman hidroponik tambahkan saja kompos.

Selain itu, sabut juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gambut dan lumut gambut. Sabut juga mencegah siput menyerang tanaman di rumah kaca intensif dan dapat digunakan kembali hingga 3 kali tanpa mempengaruhi hasil.

 

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

1. Drainase

Sabut kelapa dapat memperbaiki drainase tanah pada tanaman dan juga membantu mempertahankan kelembaban di tanah yang cepat kering.

Karena coco, seperti gambut, terurai perlahan, ia menjebak udara di dalam tanah, memungkinkan kelebihan uap air diangkut menjauh dari akar tanaman. Sifat retensi memungkinkan sabut untuk meningkatkan pengelolaan kelembaban di lapisan tanah liat berat dan pasir kering.

2. Manfaat Sabut Kelapa untuk Kualitas Tanah

Sabut kelapa mengandung sedikit unsur hara, sehingga tidak dapat meningkatkan kualitas unsur hara tanah. Tanaman yang banyak makan, seperti sayuran dan beberapa bunga, akan membutuhkan lebih banyak pupuk atau perubahan kompos. Tetapi sebagian besar rumput tumbuh paling baik di tanah yang miskin nutrisi.

Meningkatkan kualitas tanah secara keseluruhan dari waktu ke waktu dengan menambahkan bahan organik yang sangat dibutuhkan. Rotasi tahunan kelapa dapat menghasilkan tanah gembur dan merupakan kualitas tanah yang disukai untuk sebagian besar tanaman kebun.

3. PH Tanah

Ketika gambut digunakan sebagai pengganti bedeng kebun, kapur pertanian harus sering ditambahkan untuk melawan peningkatan keasaman. Batu kapur tidak diperlukan untuk tempurung kelapa kecuali tanah memiliki pH alami yang lebih tinggi.

Menggunakan sabut kelapa menghemat uang dan tenaga. Gambut Asam, Sabut memiliki pH netral Sebagian besar sayuran dan bunga taman tumbuh paling baik dalam kondisi netral atau sedikit basa.

4. Ramah Lingkungan

Dibutuhkan satu abad atau lebih agar sabut sabut benar-benar terdegradasi di tempat pembuangan sampah ini, jadi menggunakannya untuk memperbaiki tanah kebun. Anda lebih berkelanjutan. benar-benar organik karena merupakan produk sampingan alami dari panen kelapa dan pohon kelapa menghasilkan kelapa baru setiap tahun.

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …