Home / Pendidikan / Yuk Kenali Kegunaan Batang Pohon Kelapa Di Dalam Kehidupan Ini!

Yuk Kenali Kegunaan Batang Pohon Kelapa Di Dalam Kehidupan Ini!

Halo teman-teman semua, di artikel kali ini kita akan mempelajari tentang kegunaan batang pohon kelapa dalam kehidupan. Namun sebenarnya bukan hanya batang pohon kelapa saja yang memiliki banyak manfaat namun hampir semua bagian dari pohon kelapa memiliki banyak kegunaan.

Di zaman yang seperti ini siapa sih orang yang tidak mengenal pohon kelapa? Semua orang di belahan bumi ini sangat mengenal pohon kelapa, namun pengetahuan orang biasanya hanya terbatas pada manfaat buah kelapa saja. Padahal semua bagian dari pohon kelapa dari daun sampai akarnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sekilas Tentang Batang Pohon Kelapa

Pohon kelapa atau Cocos nucifera diperkirakan berasal dari daerah pantai Samudera Hindia di sisi benua Asia. Namun sekarang tanaman pohon kelapa sudah ada di hampir semua pantai tropis yang ada di seluruh dunia.

Batang pohon kelapa banyak digunakan untuk pengganti kayu yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena kayu dari batang pohon kelapa mempunyai tekstur yang kasar dan tahan lama. Selain itu, penanaman batang pohon kelapa di pinggir pantai membuat suasana pantai menjadi semakin asri. Beberapa keuntungan karena memilih menggunakan batang kelapa adalah sebagai berikut:
  • Batang kelapa untuk kayu konstruksi mempunyai harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kayu gelondongan lainnya, contohnya seperti kayu cendana dan kayu jati.
  • Jika diolah dengan baik, kualitas batang pohon kelapa akan sama dengan jenis kayu lain yang mempunyai kualitas lebih baik.
Batang dari pohon kelapa ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu mempunyai sel-sel pembuluh yang mengelompok lebih rapat pada bagian ujungnya dibandingkan dengan bagian lainnya. Sehingga kerapatan batang pohon kelapa akan berbeda meski berasal dari batang pohon kelapa yang sama. Pohon kelapa ini tampak terlihat indah dengan lingkaran seperti cincin yang mengelilingi di setiap bagian batangnya.

Kegunaan Batang Pohon Kelapa Dalam Kehidupan

Kegunaan Batang Pohon Kelapa

1. Digunakan Sebagai Bahan bangunan

Kayu dari batang pohon kelapa bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku bangunan. Namun, untuk membuat bahan bangunan lantai atau dinding dari kayu pohon kelapa, sebaiknya memakai pangkal batang pohon kelapa yang lebih kaya akan sel pembuluh. Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk  mendapatkan bagian kayu yang baik adalah :
  • Memilih batang pohon kelapa yang memiliki tinggi 6,6 meter dikurangi dengan panjang batang dengan pelepah withering bagian bawah.
  • Batang kelapa yang akan digunakan untuk bahan konstruksi juga harus mempunyai panjang maksimal lima meter.
  • Batang kelapa juga harus lurus dan ukuran diameternya maksimal 30 cm.
  • Untuk kulitnya, pilihlah kulit batang kelapa yang tidak dikupas.
  • Tidak memiliki simpul dan mempunyai jenis kayu tahan lama alami yang tidak terlalu tahan lama.
Jika kita menemukan ciri-ciri batang pohon kelapa yang seperti di atas, maka artinya batang tersebut bisa diolah untuk dijadikan bahan konstruksi.

2. Kegunaan Batang Pohon Kelapa untuk Perabotan Rumah Tangga

Kegunaan lainnya dari batang pohon kelapa adalah bisa digunakan untuk bahan perabotan rumah tangga. Furnitur rumah tangga yang dihasilkan bisa berupa lemari, meja dan kursi. Pembuatan perabotan rumah tangga yang baik dan bagus biasanya berasal dari kayu yang berkualitas tinggi. Semakin tinggi kualitas kayu yang digunakan, maka semakin mahal pula harga furniturnya. Contoh jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga adalah batang pohon kelapa.
Batang kelapa yang dipilih untuk bahan perabotan rumah tangga hampir sama dengan bahan bangunan. Batang kelapa harus yang kuat dan aman, mengingat bahwa tidak semua batang pohon kelapa memiliki sel pembuluh yang lebih padat dari yang lainnya. Umur batang pohon kelapa yang bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan perabotan rumah tangga adalah 60 tahun ke atas.

3. Dijadikan Arang

Kegunaan batang pohon kelapa selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai arang. Arang ini nantinya akan berguna pada saat memasak di dapur menggunakan batu. Untuk membuat arang dari batang pohon kelapa, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih batang pohon kelapa yang sudah kering.
Batang pohon kelapa yang sudah kering, akan memudahkan compositions pembakaran untuk berubah menjadi arang. Setelah mendapatkan batang kelapa yang kering, selanjutnya tambahkan sedikit minyak tanah agar api yang dinyalakan cukup untuk membakar batang kelapa menjadi arang.

4. Digunakan untuk Jembatan Penyeberangan

Biasanya jembatan dari batang kelapa sering kali ditemui di daerah pedesaan. Jembatan ini hanyalah terbuat dari dua batang kelapa dengan ukuran sama yang ditidurkan sesuai dengan lebar sungai, sebagai jembatan penghubung. Biasanya batang kelapa yang digunakan untuk jembatan penghubung juga diikat dengan bone supaya lebih kuat dan tidak goyang. Dan juga terkadang diberikan pegangan tangan supaya tidak jatuh.

5. Bahan Dasar untuk Pembuatan Kertas

Kegunaan batang pohon kelapa yang terakhir adalah sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Kayu biasanya banyak digunakan untuk pembuatan kertas. Dan pada umumnya harga kayu yang biasa digunakan untuk membuat kertas harganya cukup mahal karena sebagian harus diekspor dari luar. Karena hal ini maka muncullah sebuah ide untuk mencoba menggunakan kayu dari pohon kelapa.
Namun batang kelapa yang digunakan adalah batang dari pohon kelapa sawit. Batang pohon kelapa sawit mempunyai kandungan kadar selulosa yang cukup tinggi. Selulosa adalah komponen terpenting dalam proses pembuatan pulp dan kertas, sehingga batang kelapa sawit ini bisa kita jadikan sebagai produk bahan baku pulp dan kertas.
Itulah beberapa kegunaan batang pohon kelapa dalam kehidupan. Selain batang kelapa, ada juga bagian kelapa yang memiliki beragam manfaat yaitu sabut kelapa. Sabut kelapa ini bisa kita manfaatkan untuk media tanam tumbuhan hidroponik, untuk pembuatan cocomesh, dijadikan sapu, ataupun kerajinan tangan.
Namun untuk mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat, sabut kelapa masih perlu diolah menggunakan Mesin Pengolahan Sabut Kelapa . Jika tertarik dengan Mesin Pengolahan Sabut Kelapa dan ingin membelinya, maka Anda bisa mencarinya di toko-toko mesin yang ada di internet ataupun toko mesin terdekat dengan lokasi Anda.
Semoga artikel ini bisa menambah sedikit pengetahuan Anda tentang kelapa, terimakasih!

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …