Home / Uncategorized / Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sabut Kelapa

Limbah sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik karena kandungan unsur hara alaminya cukup tinggi yaitu mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Lalu bagaimana cara membuat pupuk sabut kelapa? Berikut ini ada penjelasan cara membuat pupuk organik  sabut kelapa.

Pohon kelapa memang memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Buahnya bisa digunakan untuk membuat mebel, daunnya bisa dianyam untuk membuat berbagai kerajinan tangan, buahnya mengandung daging yang bisa dimakan dan mengandung air tawar yang menyehatkan dan bisa memulihkan kesehatan tubuh.

Namun disini kita tidak akan membahas tentang manfaat secara keseluruhan melainkan hanya tentang sabut kelapa. Ya, sabut kelapa ini adalah salah satu sabut kelapa yang biasanya dikeringkan untuk kayu bakar. Tidak hanya itu, sabut kelapa juga memiliki manfaat lain bagi dunia pertanian, yaitu sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair.

Cara Buat Pupuk Organik Cair Sabut Kelapa

Membuat Pupuk Organik Sabut Kelapa

  1. Siapkan sabut kelapa kering

Bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah, terutama di dekat pantai, seharusnya tidak sulit untuk menemukan sabut kelapa. Hal ini tentu karena pohon kelapa banyak ditemukan di sepanjang pantai.

Jika Anda memiliki sabut kelapa, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Anda dapat memisahkan sabut dari kulitnya atau membiarkannya untuk diproses lebih lanjut. Tentunya cara membuat pupuk organik dari kulit kelapa ini harus terlebih dahulu memisahkan kulit dan daging dari lapisan kulitnya.

  1. Alat dan Bahan

Setelah menyiapkan jumlah sabut kelapa kering sesuai selera, Anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut. Yaitu dengan menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat pupuk organik cair dari kulit kelapa kering. Apa yang harus disiapkan?

  1. Wadah berupa ember atau tong oli bekas. Siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung sabut kelapa yang sudah Anda peroleh. Biasanya, orang menggunakan ember plastik.
  2. Yang kedua adalah pisau. Pastikan pisau yang Anda gunakan bebas karat dan bukan pisau yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Hanya saja jika ingin membuat pupuk dari sabut kelapa lagi, gunakan pisau khusus.
  3. Gula merah. Siapkan gula merah sesuai ukuran. Anda dapat menghitung dari jumlah kelapa yang Anda miliki. Misalnya, jika sabut kelapa beratnya satu kilogram, maka siapkan 100 gram gula merah.
  4. EM4 atau Effective Microorganisms 2-4 adalah cairan berwarna coklat dengan bau asam manis yang mengandung berbagai mikroorganisme hidup yang berguna dan bermanfaat bagi tanah dan tanaman. EM4 telah sangat populer digunakan untuk pertanian. Bahan ini tidak hanya penting untuk perawatan, tetapi juga sebagai bahan pembuatan pupuk organik. Dosis pemakaian 100 ml per kilogram sabut kelapa.
  5. 10 liter air bersih per 100 ml EM4. Dapat ditambahkan untuk menyesuaikan dosis bahan lain.

Cara Membuat Pupuk Sabut Kelapa

  1. Pertama tentu saja anda pisahkan sabut kelapa dari buahnya. Lepaskan sabut yang masih merekat dan masukkan ke dalam wadah.
  2. Kedua, larutkan gula merah yang sudah anda siapkan dengan menggunakan 10 liter air dalam wadah terpisah.
  3. Tambahkan cairan EM4 ke dalam larutan gula merah.
  4. Tuang adonan ke dalam wadah berisi sabut kelapa, lalu tutup kembali.
  5. Buka tutup ember setiap pagi hari selama beberapa saat untuk mengeluarkan gas.
  6. Simpan lah di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biarkan selama sekitar 2 minggu

Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan POC ini ke akar dan juga daun tanaman. Perawatan ini dapat membantu merangsang pertumbuhan, perkembangan, dan secara otomatis akan merangsang pembuahan.Itulah cara membuat pupuk organik dari sabut kelapa

 

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …