Home / Uncategorized / Cara Membuat Abon Udang Kering Yang Lezat Tanpa Gagal

Cara Membuat Abon Udang Kering Yang Lezat Tanpa Gagal

Abon terkenal sejak dulu akan rasa gurih dan juga keawetannya. Abon bahkan dapat bertahan berbulan-bulan meski berada di suhu ruangan, karena keawetannya tersebut abon menjadi salah satu pilihan sebagai oleh-oleh. Abon ada berbagai macam jenisnya salah satunya yaitu abon udang, yuk cari tahu cara membuat abon udang kering.

Sebelum mencari tahu cara membuat abon udang kering, kita perlu mengetahui berbagai jenis abon yang beredar di kalangan masyarakat.

Jenis – Jenis Abon

cara membuat abon udang kering

1. Abon Sapi

Jika bicara mengenai jenis abon maka yang pertama terlintas di pikiran adalah abon dari daging sapi, jenis abon yang satu ini sangta familiar. Bahkan abon jenis ini banyak digunakan masyarakat dalam pembuatan salah satu jajanan.

2. Abon Lele

Abon yang satu ini familiar di kalangan masyarakat karena melimpahnya pasokan lele di Indonesia sehingga tercetuslah ide pembuatan abon yang berbahan dasar ikan lele.

3. Abon Ayam

Untuk abon yang satu ini memang sedikit peminatnya, namun bisa anda jadikan alternatif pilihan jika anda bosan dengan pilihan abon lainnya. Abon ayam dibuat dengan berbahan dasar daging ayam.

4. Abon Udang

Untuk abon yang satu ini mungkin memang tidak banyak yang tahu, karena masyarakat Indonesia sendiri leboh memlih memasak udang secara langsung dari pada menjadikannya sebagai abon. Namun jangan salah rasa yang ditawarkan abon udang ini sangat lezat dan gurih.

Nah berikut cara membuat abon udang kering yang lezat tanpa gagal yang bisa anda coba di rumah sekaligus dapat dijadikan sebagai peluang usha baru atau bahakan menu variasi dari usaha abon.

Resep Dan Cara Membuat Abon Udang

Bahan yang dibutuhkan :

  • ·Udang Basah dan segar ½ kg
  • Bawang Merah ½ ons
  • Bawang Putih 2 siung
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kemiri ½ ons
  • Gula Pasir 2 sdm makan
  • Santan Kelapa Kental berasal dari kelapa tua
  • Lengkuas 1 cm
  • Daun salam 3 lembar
  • Garam Secukupnya
  • Minyak Goreng Secukupnya

Cara Membuat Abon Udang Secara Manual

  1. Pilihlah udang segar dan baru untuk mendapatkan rasa yang lezat, selain itu sortir lebih dahulu, semakin besar udang tersebut maka semakin banyak dagingnya.
  2. Kemudian kupas udang, pisahkan kepala, kotoran dan ekor udang. Lalu cuci bersih.
  3. Setelah itu rebuh udang dalam panci selama 10 menit dan tambahkan 1 sendok garam agar udang terasa gurih.
  4. Setelah itu angkat udang dan ambil dagungnya, tumbuh daging udang sampai halus.
  5. Jangan lupa mempersiapkan bumbu-bumbu di atas, tumbuk halus bumbu di atas kecuali laos. Laos hanya di geprek saja.
  6. Kemudian masukan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu, lengkuas dan daun salam hingga harum.
  7. Setelah Harum masukan santan kelapa, dan juga daging udang lalu aduk rata.
  8. Aduk abon udang terus menerus, jangan sampai gosong atau lengket di wajan sampai kandungan air pada udang dan juga santan habis bahkan kering.
  9. Setelah kering, angkat kemudian tiriskan menggunakan tisue atau koran agar minyak dapat terserap sempurna

Cara Membuat Abon Udang Dengan Menggunakan Alat

Jika anda ingin memproduksi skala besar untuk usaha, anda memerlukan mesin-mesin khusus seperti mesin pembuat abon, mesin peniris minyak, mesin pengemasan, mesin pembuat santan, dan lain-lain.

Meski budget yang dikeluarkan cukup besar namun mesin-mesin ini dapat memproduksi banyak sekaligus sehingga bisa menghemat tenaga dan biaya produksi sehingga anda mendapatkan untuk yang lebih banyak.

Nah itu tadi Cara Membuat Abon Udang lezat tanpa gagal yang bisa anda coba di rumah sekaligus menjadikannya sebgai peluang usaha yang menggiurkan. Agar abon udang tetap kering dan awet, kamu bisa menyimpan nya pada toples yang tertutup rapat agar kualitas pada abon tetap terjaga. Selamat Mencoba

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …