Home / Kuliner / Membuat Gandos Tepung Ketan

Membuat Gandos Tepung Ketan

Membuat gandos tepung ketan, gandos adalah jajanan khas yang ditemukan di Jawa. Gandos dibuat dari campuran tepung beras dengan santan dan garam secukupnya. Gando disiapkan dalam wajan dengan api di bawahnya.

Membuat Gandos Tepung Ketan

Pengaruh garam membuat rasa asin dari jajanan tradisional ini mendominasi, dengan sedikit taburan gula tebu di atasnya. Kue Gandos disebut kue Rangin atau kue Pancong oleh sebagian orang. Mesin batok kelapa.

Orang Surabaya menyebutnya Rangin, orang Jakarta menyebutnya Kue Pancong, orang Bandung menyebutnya Bandros, orang Bojonegoro menyebutnya Túrak jaran dan orang Bali menyebutnya Daluman.

Bentuknya kubah dengan ketebalan sekitar 2 cm, bagian dalam kue berwarna putih sedangkan permukaan kulitnya berwarna coklat.Rasa gandos sangat gurih dan nikmat, menambah sentuhan nostalgia rasa kue tradisional.

 

Manfaat Tepung Ketan

Manfaat tepung ketan bila dikonsumsi secara rutin juga sangat baik untuk tubuh, yaitu tepung yang terbuat dari beras ketan hitam putih melalui proses penggilingan sehingga menghasilkan tekstur tepung, tepung ketan putih hampir mirip dengan tepung beras namun bila Anda menyentuhnya dengan hati-hati, tepung yang lengket terasa lebih enak.

Berat lengket dibandingkan dengan tepung beras. Cara lain untuk membedakan tepung ketan putih dengan tepung beras adalah dengan melarutkannya dalam air, larutan tepung beras menjadi lebih encer sedangkan tepung ketan lebih kental.

Tepung ketan yang termasuk dalam golongan Oryza sativa L. kultivar, kelompok beras ketan, memiliki kandungan pati yang tinggi dengan kandungan amilosa 1-2% dengan kandungan amilopektin 98-99%, yang mempengaruhi kelengketan tepung ketan.

Dari segi gizi, tepung ketan mengandung karbohidrat, kalori, vitamin B, selenium, seng, magnesium, serat pangan, tembaga dan fosfor, sedangkan khusus tepung ketan hitam mengandung zat pewarna antosianin yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Antosianin dapat dipecah menjadi flavonoid dan fenol, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan mengandung lebih banyak serat daripada ketan putih.

1. Mengurangi Peradangan

Tembaga, seng, dan vitamin B dalam tepung beras ketan dapat membantu meningkatkan kekuatan sumber sistem kekebalan tubuh, yang dapat mengurangi peradangan yang tidak perlu dan mengurangi stres pada sistem tubuh.

2. Kepadatan Tulang

Kandungan mineral dalam tepung ketan bermanfaat membangun tulang yang kuat dan menurunkan risiko osteoporosis seiring bertambahnya umur.

3. Sumber Serat

Mengkonsumsi tepung ketan yang tinggi serat dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mencegah sembelit serta mengandung prebiotik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu Program Diet

Karena kandungan serat tepung ketan dapat mendorong upaya penurunan berat badan, karena kandungan seratnya dapat membantu mengontrol dan mengurangi rasa lapar.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat tepung ketan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan mineral, antioksidan, lignin dan serat dalam tepung beras merah baik untuk untuk menjaga kesehatan jantung.

 

Membuat Gandos Tepung Ketan

Gando adalah jajanan khas yang ditemukan di Jawa. Makanan yang terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan dan garam ditambahkan secukupnya. Membuat gandos ini juga disiapkan dalam piring casserole dengan api di bawahnya.

Pengaruh garam mendominasi rasa gurih dari jajanan tradisional ini.Tepung ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih, yang kemudian ditumbuk halus menjadi tepung.Berbeda dengan tepung beras, yang dibuat dari beras dan digiling menjadi tepung.

Bahan :

  • Tepung ketan putih 7 SDM
  • Kelapa parut 5 SDM (yang telah disangrai sebentar)
  • Santan instan 3 SDM
  • Air 75-100 ml (sampai kalis saja)
  • Garam sejumput
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat :

  1. Siakan wadah, lalu masukkan 7 SDM tepung ketan, 5 SDM Kelapa parut yang telah di sangrai sebentar, dan sejumput garam. Aduklah sampai merata,
  2. Selanjutnya tuangkan 3 SDM santan instan kemudian air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis. kalian juga dapat menggunakan mesin penepung ini untuk membuat tepung beras sendiri
  3. Setelah itu, bentuklah gandos ini sesuai selera kalian masing-masing, dan gorenglah pada wajan dengan menggunakan minyak panas serta api sedang sampai matang dan berwarna kekuningan.

About Pher jaya

Check Also

Membuat Kue Bandros Kelapa

Membuat Kue Bandros Kelapa

Membuat kue bandros kelapa, kelapa, nyiur atau kerambil (Cocos nucifera) adalah satu-satunya anggota marga Cocos …