Home / Uncategorized / Kerajinan Sabut Kelapa

Kerajinan Sabut Kelapa

Kerajinan sabut kelapa, ini digunakan sebagai pengganti tali di banyak produk, seperti vas bunga, media sulur bunga anggrek dan media perbanyakan tanaman pertanian, misalnya kacang panjang, vanili dan lain-lain.

Kerajinan Sabut Kelapa

Kelapa merupakan tanaman yang termasuk dalam famili palma dan tersebar luas di daerah tropis. Sabut kelapa dapat menahan cuaca dan pengaruh mekanis seperti benturan dan gesekan. Kitosan merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai agen antimikroba.

Kitosan juga dapat mengandung enzim lisozim dan gugus aminopolisakarida yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sifat fisik tali sabut lapis kitosan dan tali sabut tanpa perlakuan. Mesin pengurai sabut kelapa.

Hitung nilai pemanjangan dan kekuatan putus tali kelapa lapis kitosan dan identifikasi kelapa tersebut. Tali kelapa kitosan memiliki diameter 6,45 mm, lebih besar dari tali kelapa tanpa perlakuan yaitu 6,31 mm.

Berat tali kelapa yang diberi kitosan adalah 5,24 gram, jadi berat tali kelapa yang diberi kitosan 5,10 gram, kadar air tali kelapa yang diberi kitosan 6,65% lebih tinggi dari pada kelapa yang tidak diberi apa-apa sedangkan rata-rata berat jenisnya kedua tali adalah 0,91 g/cm.

Benang kelapa yang mengandung kitosan dapat digunakan sebagai pengganti serat sintetis pada komponen alat pancing. Usulan yang diajukan oleh peneliti ini adalah penelitian lebih lanjut tentang anatomi tali kelapa yang dilapisi kitosan, perbedaan pencelupan dan pengukuran kekuatan dan ketahanan tali kelapa yang direndam dalam air laut.

 

Manfaat Sabut Kelapa

1. Menghilangkan bau semen pada kolam

Pada Koolan ikan yang baru selesai dibuat, bau semen dan sisa- sisa semen yang beecampur dengan air dapat menyebabkan ikan mati. Maka dar itu sabut kelapa dapat dimanfaat kan untuk mengatasi bau tersebut.

2. Alat penyaring air

Sabut kelapa yang mempunyai serat dapat digunakan untuk membantu proses penyaringan air. Sabut kelapa yang digunakan ialah yang sudah dibuang kulit arinya. Air akan melewati saringan sabut kelapa yang akan disaring dari sampah atau kotoran.

 

Kerajinan Sabut Kelapa

1. Sapu ijuk

Sapu ijuk sepertinya ialah salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah tangga atapun asisten rumah tangga. Sapu ijuk ialah salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dari limbah pengolahan kelapa yaitu sabut kelapa.

2. Pengganti media pembakaran

Anda juga dapat mengamati penggunaan sabut sebagai alat pembakaran di restoran Padang sebagai pengganti kertas karena sabut itu sendiri mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

3. Pupuk Organik

Pupuk organik tempurung kelapa ini mampu mengalirkan air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk tradisional, yang tentunya sangat bermanfaat untuk daerah yang sedikit curah hujan atau kekeringan.

 

Kesimpulan

Buah kelapa memiliki banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah sabut. Sabut kelapa ini bisa diolah dengan tangan, misalnya untuk sapu ijuk, serta berbagai kerajinan tangan lainnya. Produsen sapu, tikar, tali dan barang-barang rumah tangga.

Keunggulan tali sabut kelapa dapat digunakan untuk membuat vas bunga, baking, dan juga sebagai pita branding produk. Buah kelapa merupakan produk industri dengan potensi komersial yang cukup besar.

Produk Olahan Kelapa Yaitu santan kelapa tahan lama, santan kelapa, tepung kelapa, nata de coco, gula kelapa, kopra, bungkil kelapa, minyak goreng kelapa dan arang aktif. Selain itu harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, selain itu tali sabut ini mudah dibuat dan bahannya juga sangat mudah ditemukan.

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …