Home / Uncategorized / Olahan Umbi Porang

Olahan Umbi Porang

Olahan umbi porang, Porang adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga umbi-umbian. Tanaman porang menjadi viral karena kisah sukses seorang petani porang di desa Kepel, Jawa Timur. Porang telah menjadi miliarder melalui bisnis ekspor porang yang terkenal.

Olahan Umbi Porang

Karena Iles-Iles merupakan tumbuhan berumbi dan termasuk dalam spesies Amorphophallus Muelleri Blume. Porang mengandung glukomanan dalam jumlah besar dalam bentuk tepung. Glukomanan merupakan serat pangan alami yang larut dalam air dan umumnya digunakan sebagai bahan tambahan pangan sebagai pengemulsi dan pengental. Mesin perajang porang.

Porang bahkan bisa digunakan untuk membuat komponen dan perekat pesawat yang ramah lingkungan. Porang merupakan tanaman yang tahan naungan hingga 60%, segala medan pada ketinggian 0-700 m dpl, dan sifat tanaman ini memungkinkan mereka tumbuh di daerah berhutan di bawah naungan tanaman lain.

Digunakan untuk bibit, stek dan umbi yang sudah mempunyai titik tumbuh, atau umbi kodok (bubil) yang ditanam langsung, karena tanaman porang memiliki berbagai manfaat pertanian dan bernilai strategis untuk dikembangkan dan diubah menjadi pertanian bahwa ekspor porang tercatat hingga 254 ton pada 2018 dengan nilai ekspor Rs 11.310 crore ke Jepang, China, Vietnam, Australia dan lainnya.

 

Manfaat Porang Bagi Kesehatan

Tentu saja, mengkonsumsi porang memiliki manfaat yang besar dan banyak manfaat. Porang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, serat, kristal kalsium oksalat dan alkaloid. Porang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung, penjernih air, kosmetik, dan lem dan agar.-agar.

Sebagian diekspor ke Jepang tahun lalu, salah satu bahan utama porang adalah glukomanan, serat alami yang larut dalam air.Glukomanan umumnya digunakan sebagai pengemulsi dan pengental dalam makanan.

Selain itu, porang juga dipromosikan sebagai bahan baku ramah lingkungan untuk produksi komponen dan perekat pesawat. Namun, kandungan asam oksalat dan kristal CaOX pada porang dapat menyebabkan rasa pahit dan rasa makanan yang gatal Membuat mie Konyaku dan Shirataki yang terkenal di China, Jepang dan Taiwan.

Manfaat lain dari tanaman porang dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga
kesehatan.

1. Kaya akan serat

Karena kandungan glukomanan yang tinggi, porang merupakan alternatif yang sangat penting untuk tepung terigu untuk industri makanan, karena kandungan serat alaminya dapat digunakan sebagai pengganti gelatin untuk mempercepat rasa kenyang dan menunda pengosongan lambung untuk mengurangi kalori dalam organisme.

2. Mengontrol gula darah

Kandungan glukomanan dalam porang dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.Kandungan glukomanan menekan produksi hormon ghrelin (hormon pemicu rasa lapar) yang mengontrol nafsu makan dan memperlambat penyerapan karbohidrat.

3. Menurunkan kolesterol

Glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan dalam tinja, sehingga jumlah kolesterol dalam darah jauh lebih rendah.

4. Mengatasi sembelit

Teh porang adalah salah satu cara untuk meredakan sembelit. Menurut sebuah penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, porang memiliki manfaat dalam mengatasi sembelit. Penelitian mengatakan bahwa kandungan serat dalam porang dapat membantu melunakkan tinja dan mempercepat buang air besar, membuat tinja lebih mudah keluar dari tubuh.

5. Merawat kesehatan kulit

Glukomanan yang ditemukan dalam porang mungkin juga memiliki efek pada kesehatan kulit.

Seperti yang dijelaskan dalam penelitian tahun 2013 yang diterbitkan oleh American Journal of Dermatology and Venereology, porang memiliki manfaat kesehatan untuk kulit. Menurut hasil penelitian, porang dapat memiliki efek menghilangkan jerawat.

 

Olahan Umbi Porang

1. Tepung porang

Dengan kandungan konjak glukomanan yang tinggi, tanaman porang ini cocok untuk dibuat tepung. Cara pembuatannya juga cukup sederhana, seperti halnya tepung lain yang terbuat dari umbi-umbian seperti tepung tapioka. Dapat dibuat dengan cara tradisional, namun tetap harus hati-hati dalam pengolahannya, karena kandungan oksalatnya dapat menyebabkan gatal-gatal.

2. Mie shirataki

Persiapan selanjutnya adalah mie shirataki, yang saat ini populer di Jepang karena efektif sebagai pengganti nasi dan karenanya cocok untuk menurunkan berat badan, sekaligus menyaingi mie tepung terigu dalam hal tekstur dan elastisitas. Mereka juga rendah kolesterol dan tinggi serat.

About Pher jaya

Check Also

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara membasmi rumput liar – Cuka mengandung asam asetat, yang dapat membunuh gulma secara efektif …