Home / Bisnis / Kenali Beberapa Aksesoris Fitting Pipa HDPE dan Fungsinya

Kenali Beberapa Aksesoris Fitting Pipa HDPE dan Fungsinya

Di dalam proses pelaksanaan metode fitting pipa HDPE diperlukan beberapa jenis aksesoris pipa HDPE. Masing-masing peralatan sambungan pipa HDPE tersebut memiliki karakteristik dan fungsinya tersendiri.

Jenis Aksesoris Fitting HDPE Berdasarkan Metode Fitting

Metode sambungan atau fitting pipa yang dapat dilakukan sangat beragam. Pada masing-masing metode memerlukan aksesoris fitting yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis aksesoris pipa HDPE berdasarkan metode fitting, yaitu:

1. Aksesoris dalam Metode Fitting Compression Joint

Metode fitting pipa HDPE Compression Joint tidak membutuhkan mesin pemanas dalam menyambungkan pipa. Namun, metode ini tetap memerlukan aksesoris khusus. Aksesoris yang dibutuhkan terbuat dari bahan Polypropiline tahan panas.

Fungsi alat tersebut adalah mengikat bagian pipa HDPE yang akan disambung. Di dalamnya juga terdapat gelang karet yang berguna untuk mencegah kebocoran pada sambungan. Aksesoris ini harus dipasang dengan tepat agar dapat berfungsi dengan baik.

2. Aksesoris dalam Metode Fitting Butt Fusion

Metode fitting butt fusion memerlukan mesin pemanas berupa welding mesin untuk proses penyambungan pipa HDPE. Selain itu, metode ini juga memerlukan aksesoris khusus untuk sambungan, yaitu:

  • Aksesoris jenis injection moulding cetakan pabrik dari bahan PE-100.
  • Aksesoris jenis segmented yang dapat dibentuk dan dipotong menyerupai aksesoris Elbow, Tee, Reducer, dan lainnya.

Kedua alat tersebut digunakan agar sambungan pipa HDPE tidak bocor dan kuat. Fungsi lainnya adalah sebagai percabangan saluran pipa HDPE atau membelokkan aliran.

Anda dapat membeli aksesoris fitting butt fusion mulai dari ukuran 63 mm hingga 630 mm menyesuaikan dengan diameter pipa HDPE.

3. Aksesoris dalam Metode Fitting Electro Fusion

Metode fitting electro fusion juga memerlukan aksesoris. Jenis sambungan pipa HDPE pada metode ini termasuk aksesoris yang memiliki harga lebih tinggi dibandingkan aksesoris pada metode fitting lainnya.

Pada bagian dalam aksesoris electro fusion terdapat kumparan tembaga. Kumparan tembaga tersebut berfungsi untuk konversi dari energi listrik menjadi energi panas. Energi panas yang dihasilkan digunakan untuk melelehkan bagian dalam fitting dan luar pipa HDPE.

Aksesoris pipa HDPE memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda tergantung dengan metode fitting pipa yang dilakukan. Jika ingin melakukan fitting pipa HDPE, maka langsung saja gunakan jasa layanan terbaik dari https://www.wintara-corp.com/.

About Pher jaya

Check Also

Kelebihan Lantai Kayu untuk Rumah Anda: Ketahui Faktanya!

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ‘lantai kayu‘? Mungkin banyak …