Home / Uncategorized / Pembuatan Briket Dari Serbuk Gergaji Kayu Serta Keunggulannya

Pembuatan Briket Dari Serbuk Gergaji Kayu Serta Keunggulannya

Pembuatan briket dari serbuk gergaji. Selama ini kayu yang sudah rapuh karena dimakan usia dan rayap banyak menimbulkan masalah dalam penanganannya yang selama ini dibiarkan membusuk, ditumpuk dan dibakar yang kesemuanya berdampak negatif terhadap lingkungan. Pembuatan briket dari serbuk gergaji kayu sangatlah mudah.

Tapi, bagi mereka yang kreatif kayu yang sudah tua dan dimakan rayap bisa dihancurkan dan diambil serbuknya, serbuk kayu dapat diolah lagi menjadi briket.

Cara pembuatannya pun cukup mudah apalagi serbuk kayu mudah terbakar. Briket ini yang terbuat dari limbah gergaji kayu ini memiliki harga yang jauh lebih murah dari pada briket batubara.

Pembuatan Briket dari Serbuk Gergaji Kayu

Apabila dibandingkan dengan penggunaan gas alam dan juga minyak tanah, briket dari serbuk kayu jauh lebih efektif dan pastinya dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari. Ingin tahu bagaimana cara membuat briket dari serbuk kayu? Berikut ini cara pembuatnnya.

Peralatan :

 

Bahan :

  • Kayu yang sudah diolah menjadi serbuk kayu menggunakan mesin penghancur kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

 

Tahapan Pembuatan Briket Serbuk Kayu:

  1. Pengarangan

Kayu yang masih utuh kemudian di hancurkan menggunakan mesin penghancur kayu untuk diambil serbuknya dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).

  1. Pengayakan

Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk kayu dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.

  1. Pencampuran media

Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

  1. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan mesin briket atau alat pembuat briket dan ditempa.

Bagi yang mampu mengolahnya, pasti akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi anda, karena akan meningkatkan omzet penjualan anda. Anda dapat mengembangkan bisnis briket serbuk kayu ini hingga menjadi salah satu bentuk industri yang besar lagi.

 

Manfaat Serbuk Kayu

pembuatan briket dari serbuk gergaji

Serbuk gergaji adalah limbah yang diperoleh dari hasil gergajian yang dilakukan di tukang kayu yang biasanya dihasilkan  penghalusan dari kayu maupun proses penggergajian kayu yang menggunakan alat penghalus kayu. Nah serbuk kayu yang berupa limbah dari penghalusan kayu mempunyai berbagai manfaat. Manfaat – manfaat itu antara lain :

1. Sebagai Bahan Campuran Pembuatan Meubel

Beberapa pabrik meubel yang besar tidak menggunakan bahan kayu yang utuh untuk membuat meubel, karena untuk menekan harga produksi. Oleh karena itu produk-produk meubel, seperti meja belajar dan lemari kecil dijual dengan harga yang relatif murah.

Kelemahan produk meubel yang bahannya dicampur dengan serbuk gergaji kayu adalah :

  • Mudah keropos dan lapuk,
  • Tidak akan bertahan lama, dan
  • Sering menimbulkan kotoran di lantai karena rapuh dan sudah keropos.

2. Media Tanam

Media tanam yang terbuat menggunkan serbuk kayu biasanya dapat menyerap unsur hara dan air dengan optimal, sehingga kesuburan tumbuhan yang ditanam terjaga dan baik. Media tanam dari serbuk kayu bisa ditaruh ke dalam pot kecil ataupun polybag.

3. Mengolah Dan Pembuatan Kertas

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menggunakan kertas. Nah pada tau nggakbahan pembuatan kertas itu apa? Yak tepat sekali benar. Bahan dasarnya adalah kulit kayu. Lalu hubungannya dengan serbuk kayu dan juga serbuk gergaji? Ternyata bisa sama. Serbuk kayu dan juga serbuk gergaji dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas.

Selain kertas putih yang biasa kita gunakan, limbah serbuk kayu dan juga serbuk gergaji dimanfaatkan untuk diolah sebagai kertas daur ulang, biasanya kertas tersebut berwarna coklat dan juga teksturnya kasar. Pada umumnya kertas yang daur ulang ini sering dimanfaatkan pada kegiatan yang sifatnya estetika dan berhubungan langsung dengan kesenian dan kerajinan tangan.

 

Keunggulan Penggunaan Briket Arang

Berdasarkan penelitian, briket arang ini memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan briket yang terbuat dari arang kayu atau bahan bakar lainnya. Simak uraian berikut ini.

Energi Terbarukan

Jadi yang saya maksud dengan energi terbarukan adalah energi yang bisa kita peroleh dan berasal dari sumber daya alam, sekarang bahan baku ini adalah hasil dari proses alam yang berkelanjutan, jadi tidak akan ada habisnya karena selalu diproduksi oleh alam.

Biomassa

Briket arang ini termasuk dalam kategori Biomassa. Biomassa sendiri merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa termasuk bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan alkohol.

Panas Maksimum yang Dihasilkan

Berbeda dengan briket batubara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan briket arang ini cukup tinggi, mencapai 7000 kal. Jadi bahan bakar yang tinggi kalori membuat proses memasak kita lebih cepat matang dengan sempurna.Tidak Beracun

Nah karena proses pembuatan briket arang ini memang dibuat dengan proses yang alami, maka briket ini aman untuk kita gunakan.

Bahan tambahannya hanya tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai perekat adonan briket. Karenanya, hal ini menjadikan briket arang sebagai bahan yang aman dan tidak beracun.

Tidak Berasap

Kalau dibakar biasanya arang akan mengeluarkan banyak asap, misalnya kita bisa melihat kalau kita memanggang sate pasti asap yang keluar banyak, padahal sate itu wangi.

Namun berbeda dengan briket arang ini. Saat dibakar asap yang dihasilkan sangat sedikit bahkan hampir berasap, sehingga tidak mengganggu lingkungan.

Go Green Energy

Inilah salah satu keunggulan briket arang yang paling terkenal. Go Green Energy adalah sebutan untuk sumber energi yang ramah lingkungan.

Ya, seperti yang saya sampaikan tadi, dengan keunggulan briket arang yang terbuat dari bahan baku kelapa dan juga bahan tambahan tepung tapioka, maka jika dibakar tidak akan berasap, oleh karena itu briket arang ini sangat ramah lingkungan.

Pengganti Batu Bara

Jika kita sering melihatnya, biasanya bahan bakar yang digunakan terutama untuk industri adalah batubara. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batubara secara masif akan sangat merusak alam.

Selain itu, ternyata batu bara yang lebih cenderung dan tergolong beracun ini dihirup oleh manusia. Karena itulah briket arang ini bisa menjadi solusi bahan bakar alternatif untuk batubara.

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …