Home / Uncategorized / Manfaat Cokelat Hitam Untuk Tubuh yang Perlu Kalian Ketahui

Manfaat Cokelat Hitam Untuk Tubuh yang Perlu Kalian Ketahui

Manfaat cokelat hitam untuk tubuh sangat lah baik bagi kesehatan tubuh. Makanan sehat yang satu ini diketahui bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi serta memelihara kesehatan otak dan jantung. Tentunya, berbagai manfaat cokelat hitam tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Cokelat merupakan jenis makanan yang terbuat dari tanaman yang bernama kakao. Cokelat terdiri dari berbagai jenis, yaitu cokelat hitam,. Hal ini yang membedakan cokelat hitam dengan jenis cokelat lainnya merupakan kandungan tanaman kakao yang di pakai sebagai bahan dasarnya.

Cokelat biasa yang banyak tersedia di pasaran umumnya sudah di campur dengan susu dan gula serta hanya mengandung 10% tanaman kakao. Sementara itu pada cokelat hitam, kandungan kakao murni lebih banyak, yaitu antara 35-85%.

Selain itu, cokelat hitam juga tidak di campur dengan susu dan mengandung lebih sedikit gula. Oleh karena itu, cita rasa cokelat hitam dan pahit di bandingkan dengan cokelat biasa.

Manfaat Cokelat Hitam Untuk Tubuh

Manfaat Cokelat Hitam Untuk Tubuh
Dark Chocolate

Sebagai salah satu makanan yang sehat, berikut merupakan khasiat dark chocolate yang dapat kalian dapatkan.

1. Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Selain stroke, penyakit yang paling banyak dan mengakibatkan kematian di Indonesia yaitu penyakit jantung. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kalian untuk menderita penyakit jantung adalah mempunyai tekanan darah yang tinggi dan kolesterol yang berlebih.

Untuk mencegah itu, konsumsi lah cokelat hitam dapat menjadi pilihan kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi pada cokelat hitam dinilai bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah agar normal.

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat dalam cokelat hitam juga diketahui bisa meningkatkan kolesterol yang baik (HDL) dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Bagi kalian yang mau tahu tentang fakta menarik tentang cokelat kalian bisa klik tulisan yang berwarna.

2. Meredakan Stres

Terdapat banyak hal yang dapat membuat kalian stres, mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, sampai hubungan dengan pasangan. Jika sudah demikian, cobalah untuk menenangkan diri atau melakukan relaksasi sambil memakan cokelat hitam. Metode ini disebut dengan meditasi cokelat.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat hitam bisa meredakan stres, dapat membantu menenangkan rasa cemas, serta memperbaiki mood kalian. Jika kalian mengonsumsinya secara rutin setiap hari selama 2 minggu, maka cokelat hitam bisa mengurangi hormon stres, sehingga stres pun dapat teratasi.

3. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang banyak terkandung pada cokelat hitam mempunyai peran besar dalam melancarkan aliran darah ke otak dan dapat memelihara fungsi otak.

Berbagai riset juga menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secara rutin bisa membantu mempertahankan fungsi kognitif dan daya ingat, sehingga risiko menderita demensia bisa berkurang.

Selain itu, cokelat hitam juga bermanfaat dalam menurunkan risiko stroke, yang merupakan salah satu penyakit kematian dan kecacatan paling banyak di Indonesia.

Berdasarkan penelitian, orang yang rutin dalam mengonsumsi cokelat setiap hari bahkan mempunyai risiko terkena stroke lebih rendah di bandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi cokelat sama sekali.

4. Melindungi Tubuh Dari Paparan Radikal Bebas

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa tanaman kakao adalah tumbuhan yang banyak mengandung zat antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi sebagai melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya kanker.

Dengan kalian mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti cokelat hitam, maka kesehatan bisa lebih terjaga dan tubuh pun akan terlindungi dari paparan radikal bebas.

5. Memelihara Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan flavonoid di cokelat hitam juga bermanfaat sebagai melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit yang keriput dan penuaan dini. Cokelat hitam pun mengandung berbagai nutrisi yang turut berperan dalam memproduksi kolagen. Kolagen mempunyai fungsi yang penting dalam menjaga kelenturan dan kelembapan kulit. sehingga membuat kulit semakin terlihat menawan.

Dan itulah dia pembahasan tentang manfaat cokelat hitam untuk tubuh, semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian seputar manfaat cokelat hitam. Bagi kalian yang mau tahu tentang mesin cokelat kalian bisa klik tulisan yang berwarna. Semoga bermanfaat!.

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …