Home / Uncategorized / Macam Macam Hewan Ternak

Macam Macam Hewan Ternak

Macam macam hewan ternakTernak adalah hewan yang sengaja diternakkan dan dipelihara untuk dimanfaatkan sebagai sumber pangan berupa daging dan juga digunakan sebagai bahan dalam industri pangan. Hampir sama dengan pertanian dan perkebunan, hanya hewan ternak khusus untuk memelihara hewan untuk dijadikan makanan atau bahan industri.

Macam Macam Hewan Ternak

Macam Macam Hewan Ternak

1. Ayam

Ayam adalah hewan ternak yang paling banyak ditemukan di hampir setiap negara. Ayam biasanya digunakan untuk daging atau telur. Ayam merupakan hewan yang digemari oleh para peternak karena sangat mudah, murah dan efisien dalam pemeliharaan dan perawatannya.

Hal ini karena ayam tidak memerlukan perawatan khusus dan harganya mahal. Misalnya, kandang ayam sangat mudah dibuat, dan pakan ayam juga gratis di alam liar. Triknya adalah ayam-ayam tersebut dilepaskan kemudian mencari makan sendiri dan pada sore hari ayam-ayam tersebut kembali ke kandangnya sendiri.

Daging ayam digunakan untuk berbagai hal. Dari konsumsi pribadi hingga bahan makanan olahan oleh pabrik industri seperti bumbu dalam makanan atau makanan siap saji. Menjual produk hewani lebih mudah daripada menjual produk hewani lainnya langsung di pasar. Pembeli produk ayam dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa hingga pengusaha, untuk dijadikan bahan industri. Hal ini menjadikan ayam sebagai hewan peliharaan favorit para peternak karena kemudahannya dalam segala hal beternak dan beternak ayam.

2. Bebek

Bebek adalah jenis unggas yang suka berkeliaran di tempat-tempat yang kaya air seperti sungai, danau dan sawah. Bentuk paruhnya memang disesuaikan untuk lebih mudah mendapatkan makanan dari badan air seperti ikan atau siput. Bebek merupakan hewan ternak yang cukup mudah dipelihara terutama di daerah pedesaan. Tentu ini akan menjadi bisnis yang menjanjikan bagi para peternak, karena mudahnya memelihara itik di desa.

Merawatnya cukup sederhana, yaitu dengan menyediakan tempat dan kandang, serta pakan tambahan, seperti dedak. Bebek juga dapat mencari makannya sendiri dengan melepaskannya di sawah, sehingga itik memakan bekicot di sawah, yang juga menguntungkan petani karena dapat mengurangi hama yang dapat menyebabkan kerugian produksi padi pada tanaman padi.

Daging bebek juga sangat digemari di masyarakat sehingga memudahkan para peternak dalam melakukan kegiatan jual beli, dari masyarakat yang hanya menggunakan daging bebek untuk keperluan pribadi hingga para pengusaha yang membutuhkan daging bebek untuk kegiatan produksi untuk membeli produk hewani.

3. Kambing

Banyaknya peternak kambing di Indonesia dikarenakan daging kambing sangat digemari dan banyak dicari oleh masyarakat. Harganya juga relatif terjangkau dan biasanya digunakan untuk makanan olahan seperti sate kambing dan gulai, dan juga digunakan dalam ritual keagamaan seperti akikah. Dari sekian banyak quest dan kebutuhan masyarakat yang tentunya jualan kambing di nusantara. Untuk beternak kambing, Anda membutuhkan tempat untuk beternak kambing.

Cobalah untuk menjauh sedikit dari rumah, karena beberapa orang menganggap baunya sangat tidak enak. Selain ruang yang tepat juga dibutuhkan tenaga untuk beternak kambing yaitu tenaga untuk mencari rumput jika ingin memeliharanya tanpa harus memperhatikan saat kambing dilepas untuk merumput. Selain produk daging, kotoran kambing juga dapat digunakan atau dijual sebagai pupuk tanaman. Harga kotoran kambing, meski murah, cukup baik untuk memberi tambahan pendapatan bagi petani.

4. Sapi

Sapi pada umumnya merupakan hewan ternak yang cukup mahal untuk dijual karena menghasilkan banyak daging yang dapat diolah sebagai makanan. Hampir sama seperti kambing, daging sapi sangat diminati masyarakat Indonesia. Daging olahan biasanya digunakan sebagai berbagai makanan olahan, dan juga digunakan sebagai produksi pabrik, yaitu untuk penyedap makanan.

Dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk beternak sapi karena modal untuk membeli sapi dan menyediakan tempat serta kandang untuk mereka beternak. Perawatannya pun cukup banyak, mulai dari pakan utama yaitu rumput yang bisa didapatkan dan didapatkan di alam secara gratis, Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput multifungsi hingga membersihkan kotoran yang banyak tentunya membutuhkan tenaga yang lebih banyak dibandingkan peternakan pada spesies lain.

Tetapi dengan hasil yang jauh lebih tinggi daripada ternak lain, tentu saja, keuntungannya diimbangi dengan usaha. Sapi betina juga sangat bermanfaat karena dapat dimanfaatkan susunya untuk dijual, yang cukup menguntungkan bagi peternak.

5. Lele

Lele adalah ikan yang bisa hidup di air keruh dimana ikan lain tidak bisa bertahan hidup di air. Keunggulan tersebut membuat ikan lele mudah berkembang biak karena pemeliharaannya tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Bahkan saat ini lele dapat dibudidayakan dengan sangat baik dalam tong plastik, sehingga menghemat banyak ruang dan biaya perawatan.

Pakan biasa untuk pembesaran ikan lele juga cukup murah yaitu pelet mudah didapat dimana dijual pakan ikan atau ternak. Selain dimanfaatkan untuk daging, pembudidaya juga bisa membuka lahan pemancingan ikan lele untuk menarik minat para penggemar olahraga macing yang mengandalkan kesabaran itu.

Dagingnya yang sangat digemari masyarakat Indonesia membuat permintaan ikan lele untuk kebutuhan pangan sangat tinggi, sehingga para peternak lele cukup sukses dengan usahanya, yang dilakukan dengan cara yang sederhana namun mendatangkan keuntungan yang lumayan dari segi finansial. sudut pandang hasil. Umumnya olahan lele berupa pecel lele yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia.

6. Domba

Hampir sama persis dengan kambing dalam hal pemeliharaan, hal-hal yang diperlukan untuk merawatnya, dan manfaat dari merawatnya. Selain dagingnya yang sangat berguna untuk pengolahan makanan, sisi lain yang membedakan dengan domba adalah bulunya.

Fleece memiliki banyak keunggulan, yaitu penggunaannya sebagai fashion, gaya pakaian yang saat ini banyak diminati. Benang wol, juga merupakan produk yang terbuat dari serat bulu domba, digunakan oleh industri tekstil di pabrik garmen untuk membuat berbagai jenis pakaian.

7. Udang besar

Sangat umum di berbagai kota di Indonesia, perawatannya yang mudah membuat udang menjadi budaya umum. Modal yang dibutuhkan untuk beternak udang juga tidak mahal, mungkin dibutuhkan ruang dan air khusus untuk beternak hewan air yang satu ini.

Tingginya permintaan udang dan ebi di Indonesia membuat hewan yang satu ini sangat menjanjikan untuk dikembangbiakkan. Produk olahan berbahan dasar udang juga beragam, mulai dari bumbu makanan, makanan siap saji di warung atau restoran, hingga makanan ringan berupa keripik atau kerupuk yang banyak diminati para penikmat kuliner.

7. Lobster Air Laut

Hewan air yang satu ini terkenal dengan dagingnya yang enak. Gurihnya daging yang biasanya hanya ada di restoran membuat harga makanan olahan dengan bahan daging lobster ini cukup mahal. Harganya cukup mahal, karena cara beternak lele tidak sesederhana memelihara lele, yang paling mahal adalah merawat lobster agar tetap sehat dan waspada agar tidak mati.

Sedangkan makanan yang dibutuhkan untuk beternak lobster cukup mendasar, bisa berupa makanan alami seperti tiram, keong, sampah segar, dan lain-lain. Tentu saja untuk memberikan makanan tersebut tidak bisa langsung diberikan, tetapi harus dipotong terlebih dahulu agar kecil dan mudah dimakan oleh lobster.

BACA JUGA: peluang usaha abon ayam

About Pher jaya

Check Also

4 Kalimat Untuk Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal yang sering kali dilaksanakan didalam pembicaraan adalah menanyakan apakah lawan bicara mengerti …