Home / Konstruksi / Cara Kerja Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile

Cara Kerja Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile

Seperti kita ketahui bahwa jenis Geotextile dibagi menjadi dua, Geotextile non woven dan Geotextile Woven. Untuk perkuatan tanah dasar digunakan Geotextile Woven, sedangkan Geotextile Non Woven digunakan pada kondisi tanah dasar yang sudah cukup baik.

Cara Kerja Geotextile Woven

Geotextile woven ini dibentangkan / digelar diatas tanah lunak kemudian dilakukan penimbunan diatasnya menggunakan tanah perkuatan yang merupakan lapisan pondasi. Geotextile Woven ini bekerja sebagai separator antara tanah agregat dengan tanah lunak dibawahnya sehingga mencegah tercampurkan tanah perkuatan dengan tanah lunak yang dapat mengakibatkan turunnya permukaan tanah karena efek pumping.

Selain itu woven geotextile juga berfungsi sebagai filtrasi sehingga air bawah tanah tetap dapat mengalir tanpa membawa partikel dari tanah perkuatan diatasnya karena tertahan oleh geotextile.

Cara Kerja Geotextile Non Woven

Cara kerja geotextile non woven ini sebenarnya sama dengan geotextile woven hanya saja geotextile non woven diperuntukan untuk kondisi tanah dasar yang sudah cukup baik sehingga lebih berfungsi sebagai separator dan filtrasi.

Cara kerja Geotextile Non Woven Untuk Proses pematangan beton

Selain itu Geotextile non woven juga biasa digunakan pada proses pematangan beton atau curing beton dimana Geotextile non woven ini digelar menutupi beton yang baru selesai di cor untuk dan dibahasi dengan cairan untuk mencegah pengeringan beton yang terlalu cepat yang dapat menyebabkan kurangnya kekuatan beton. Proses curing beton ini biasanya memakan waktu 3 hari  sampai 7 hari tergantung dari spesifikasi beton yang ingin dicapai.

Fungsi Geotextile Non Woven Lainnya

Selain itu Geotekstil non woven ini juga difungsikan sebagai filtrasi pada pipa-pipa drainase, seperti yang digunakan pada lapangan sepak bola, Bagi anda pecinta tanaman namun memiliki keterbatasan lahan dirumah juga dapat memanfaatkan geotextile non woven sebagai kantong-kantong tanaman untuk embuat vertical garden.

About Pher jaya

Check Also

Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Jalan

Jual tiang lampu besi – Lampu jalan ini merupakan suatu elemen yang sangat penting guna …