Home / Konstruksi / Penggunaan Geomembrane HDPE Sebagai Alas Kolam Tambak Garam.

Penggunaan Geomembrane HDPE Sebagai Alas Kolam Tambak Garam.

Geomembrane HDPE merupakan salah satu material geosintetik yang banyak digunakan di Indonesia. Material ini berupa lembaran plastic dengan ketebalan mulai dari 0.5mm – 3mm banyak diaplikasikan sebagai lapisan kedap air pada tambak, kolam penampungan air, kolam limbah, danau buatan dan masih banyak lagi.

Geomembrane HDPE ini memiliki fitur tahan terhadap suhu tinggi hingga 100°C, tahan terhadap cairan kimia sehingga banyak juga diaplikasikan sebagai lapisan kolam limbah, memiliki fitur anti UV yang membuat material geomembrane ini awet dan tahan lama dapat bertahan dalam jangka waktu hingga 15 tahun.

Geomembrane Untuk Tambak

Saat ini banyak negara penghasil garam telah mengaplikasikan Geomembrane sebagai lapisan kedap air pada kolam tambak garam mereka, karena penggunaan Geomembrane disinyalir dapat meningkatkan efektifitas dan effisiensi produksi.

Baca Juga : Cara Kerja Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile

Di Indonesia sendiri masih banyak petani garam yang belum mengaplikasikan Geomembrane pada kolam tambak mereka karena berbagai macam factor terutama masalah biaya. Tapi mari kita bahas beberapa kelebihan dalam penggunaan Geomembrane pada Tambak Garam.

  1. Kualitas Garam Meningkat
    Pada kolam tambak garam konvensional biasanya tidak menggunakan alas sehingga pada saat melakukan panen banyak garam yang berwarna keruh karena tercampur dengan warna tanah, sementara pada tambak yang dilapisi geomembrane hasil garamnya memiliki warna putih bersih.
  2. Hasil Panen Meningkat
    Penggunaan Geomembrane pada tambak garam dapat meningkatkan jumlah hasil panen karena selain garam yang dihasilkan memiliki warna putih bersih sehingga sedikit sekali garam yang tidak memenuhi standar kualitas selain itu masa panen juga menjadi lebih singkat sehingga dalam 1 tahun bisa melakukan panen lebih banyak.
  3. Efektif dan Effisien
    Penggunaan Geomembrane ini meningkatkan efektifitas produksi dan effisiensi dari segi waktu dan biaya dimana hasil produksi meningkat dan jangka waktu penggunaan Geomembrane yang lama sehingga setelah panen petani tambak cukup membersihkan dan kolam tambak dapat digunakan kembali.

Demikian beberapa keunggulan dalam penggunaan Geomembrane pada tambak garam. Jika ada masukan silahakn tinggalkan komen pada artikel ini.

About Pher jaya

Check Also

Pentingnya Penggunaan Tiang Lampu Jalan

Jual tiang lampu besi – Lampu jalan ini merupakan suatu elemen yang sangat penting guna …