Home / Bisnis / Peran dan tanggung jawab seorang Barista

Peran dan tanggung jawab seorang Barista

Barista adalah individu yang bertugas menyiapkan dan menyajikan minuman kopi, selain makanan dan minuman lain di kafe atau kedai kopi. Mereka harus memiliki kemampuan untuk menerima pesanan yang akurat dari pelanggan dan dengan cepat dan efektif menyiapkan minuman yang diminta pelanggan tersebut. Tanggung jawab seorang barista meliputi persiapan dan penyajian minuman, pembersihan dan pemeliharaan area kerja, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan, dan penyediaan layanan pelanggan yang luar biasa.

1. Menyediakan pelanggan dengan secangkir kopi

Tentu saja, melayani pelanggan secangkir kopi adalah tanggung jawab utama seorang barista. Di kedai kopi, metode pembuatan kopi bisa bermacam-macam. Anda bisa melakukannya dengan manual atau Anda bisa menggunakan mesin kopi khusus. Jika Anda ingin memiliki karir yang sukses sebagai barista, Anda harus menjadi ahli dalam kedua metode ini.

2. Mampu memahami, memelihara, dan mengoperasikan berbagai alat kopi

Selain tugas penyajian kopi, Anda juga bertanggung jawab untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang cara menggunakan setiap alat yang terlibat dalam proses pembuatan kopi, serta prosedur perawatan dan pemeliharaannya yang tepat. Mesin Espresso, penggiling, tampers, dan coffeepots adalah contoh alat yang sering digunakan, tetapi daftar ini tidak lengkap.

3. Menjaga kedai kopi tetap bersih dan dalam kondisi baik

Tanggung jawab seorang barista termasuk pada persiapan minuman, pembersihan area kerja, dan pemeliharaan penampilan keseluruhan kedai kopi. Ini termasuk membersihkan lantai, countertops, dan permukaan lain yang berpotensi bersentuhan dengan kopi. Barista perlu terampil dalam menggunakan berbagai macam perlengkapan pembersih untuk menjaga kebersihan penampilan kedai kopi.

4. Membuat minuman yang tidak melibatkan kopi

Seorang barista diharapkan dapat menyiapkan minuman yang tidak mengandung kopi selain minuman yang mengandung kopi. Ini bisa melibatkan menyiapkan minuman seperti teh, cokelat panas, atau bahkan jenis minuman beralkohol tertentu.

5. Jawab pertanyaan pelanggan

Ini adalah tugas Anda sebagai barista profesional untuk merespon secara tepat waktu untuk setiap pertanyaan yang mungkin diajukan oleh pelanggan. Ini mungkin melibatkan memberikan informasi tentang kedai kopi, minuman kopi yang berbeda yang tersedia, atau bahkan proses bagaimana kopi dibuat. Penting untuk diingat bahwa menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa adalah salah satu tanggung jawab utama Anda sebagai barista.

Apakah Anda memiliki minat untuk bekerja sebagai barista, baik penuh waktu atau paruh waktu? Tentu saja, anda akan harus melalui semacam pelatihan untuk menjadi barista. Anda akan diinstruksikan dalam ilmu-ilmu dasar seperti cara mengoperasikan mesin, cara membersihkannya, dan Anda juga akan dibiasakan dengan berbagai komponen alat pembuat kopi. Selain itu, Anda memiliki pilihan lain untuk menyeduh kopi Anda sendiri di rumah dengan menggunakan mesin kopi rumah bersama dengan bubuk kopi pilihan Anda. Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda dapat menggunakan situs pencari kerja lowongan kerja surabaya dari Begawe untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai barista di kafe atau kedai kopi.

About Pher jaya

Check Also

Memulai Bisnis dengan Menikuti Tips Tips Berikut. Dijamin Sukses!

Dalam membuka sebuah bisnis, dibutuhkan langkah-langkah tertentu yang akan membantu mengembangkan bisnis tersebut. Membuka bisnis …