Home / berita / Persyaratan Melamar Kerja sebagai Pilot

Persyaratan Melamar Kerja sebagai Pilot

Persyaratan Melamar Kerja sebagai Pilot

Pilot masih menjadi salah satu profesi yang diidamkan dan diminati banyak orang. Walaupun persyaratan melamar kerja yang diperlukan cukup sulit, tawaran gaji pekerjaan ini cukup besar. Sehingga dapat dikatakan sebagai mata pencaharian bergengsi.

Persyaratan Melamar Kerja sebagai Pilot

Secara umum, setiap maskapai memberikan standar penerbangan seragam. Lalu, apa sajakah persyaratan melamar kerja sebagai pilot yang wajib dipenuhi? Simak penjelasan berikut ini agar lebih mudah dalam mempersiapkannya.

  1. Pendidikan Formal Minimal SMA/Sederajat

Persyaratan melamar kerja yang pertama adalah memiliki pendidikan formal minimal SMA/Sederajat. Syarat yang satu ini bertujuan agar selanjutnya pelamar dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah khusus penerbangan atau flying school guna mendapatkan ilmu penerbangan.

Kebanyakan sekolah penerbangan hanya menerima lulusan SMA jurusan IPA. Hal ini dikarenakan seorang pilot harus pandai dalam mata pelajaran matematika dan fisika. Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa flying school swasta dan beasiswa yang menerima lulusan SMA IPS dan SMK.

  1. Memiliki Tinggi Badan Ideal

Memiliki tinggi badan ideal menjadi salah satu persyaratan paling dasar untuk menjadi seorang pilot. Untuk wanita standarnya minimal 165 cm, sedangkan pria ialah 175 cm.

  1. Fasih Berbahasa Inggris

Seorang pilot diharuskan fasih berbahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi ketika mengikuti penerbangan internasional. Sehingga menjadikan skill komunikasi bahasa asing sebagai bekal penting yang harus dipersiapkan.

  1. Sehat Jasmani dan Rohani

Sama seperti halnya pekerjaan lainnya, profesi ini mengharuskan pelamar sehat jasmani dan rohani. Selain itu, seorang pilot juga harus memiliki penglihatan sempurna serta kondisi kesehatan jantung dan mulut apik. Saraf motorik yang dimiliki pun wajib baik.

  1. Tidak Takut Ketinggian

Seperti yang diketahui bahwa kerja sebagai pilot menuntut untuk bekerja di atas angkasa. Sehingga tidak takut ketinggian menjadi salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan ini.

  1. Memiliki Skill Problem Solving dan Berpikir Kritis

Kedua kemampuan tersebut harus dimiliki oleh seorang pilot dalam mengambil keputusan karena dituntut harus cepat dan tepat. Apalagi saat bertemu dengan kondisi yang kurang baik dalam penerbangan.

  1. Memiliki Beberapa Lisensi Pilot

Untuk mendapatkan persetujuan melakukan penerbangan, pilot diharuskan memiliki sertifikat keahlian. Ada beberapa lisensi yang dapat diperoleh, seperti PPL (Private Pilot License), CPL (Commercial Pilot License), dan ATPL (Airline Transport Pilot License). Ketiganya didapatkan melalui beberapa tingkatan.

Itulah beberapa persyaratan melamar kerja sebagai pilot. Catat dan persiapkan jika ingin bekerja dalam bidang ini. Selamat mencoba, semoga beruntung!

About Pher jaya

Check Also

Baca Komik Gintama Bahasa Indonesia Gratis

Gintama adalah salah satu manga dan anime populer yang berasal dari Jepang. Diciptakan oleh Hideaki …